Kecanggihan Mobil Kepresidenan RI dan Bedanya dengan Mobil Milik Joe Biden, Yuk Cek!

Kecanggihan mobil kepresiden Indonesia tentu saja berbeda dengan mobil biasa. Buat kamu yang penasaran, yuk cek spesifikasi sekaligus perbedaannya dengan mobil milik Presiden AS, Joe Biden.

Mobil berplat RI 1 adalah kendaraan resmi yang biasa digunakan oleh presiden Indonesia untuk menjalani berbagai tugas seputar kenegaraan.

Mobil ini sekilas mirip dengan mobil biasa. Namun bila diperhatikan lebih jeli, mobil kepresidenan akan terlihat sangat berbeda, baik dari standar keselamatan maupun keamanannya.

Kecanggihan Mobil Kepresidenan RI Selalu Mengalami Perubahan

Di Indonesia sendiri, mobil kepresidenan mengalami perubahan berulang kali. Di masa Soekarno menjabat, mobil yang digunakan kala itu adalah Buick-8, mobil buatan pabrik asal Amerika Serikat.

Buick-8 termasuk mobil yang sangat canggih di masanya dulu karena mengandalkan mesin bertenaga 5.247 cc.

Selain Buick-8, Soekarno juga sempat menggunakan Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, hingga Lincoln Cosmopolitan sebagai kendaraan dinasnya.

Setelah masa kepemimpinan Soekarno, mobil kepresidenan RI pun diganti menjadi Mercedes-Benz 500SEL. Mobil ini kala itu digunakan oleh Presiden Soeharto.

Kecanggihan mobil kepresidenan RI ini terletak dari keamanannya yang tergolong tingkat tinggi. Bahkan, Mercedes-Benz 500SEL sendiri sempat dipakai oleh Ratu Elizabeth II dan Presiden AS, Bill Clinton.

Kemudian di masa kepemimpinan Presiden BJ Habibie, mobil kepresiden yang dipakai adalah Mercedes-Benz S6600. Mobil ini merupakan turunan dari Soeharto yang sebelumnya dipakai pada tahun 1994 silam.

Kecanggihan mobil kepresidenan tersebut terletak pada tingkat keamanannya, di mana Mercedes-Benz S600 dilengkapi dengan kaca antipeluru. Mobil ini pun sempat dipakai oleh Presiden Abdurahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri.

Lalu, di masa kepemimpinan SBY, kendaraan resmi yang dipakai untuk dinas adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Kecanggihan mobil kepresidenan RI yang satu ini terletak pada bodi dan kacanya yang anti peluru.

Tak hanya itu saja, bahkan saat dalam kondisi bocor atau kempes, mobil masih tetap bisa dikendarai hingga sejauh 60 kilometer. Mobil ini pun dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran dan panic alarm system.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard juga sempat dipakai oleh Presiden Joko Widodo sebelum akhirnya berganti menjadi Mercedes-benz S600 Guard.

(Baca Juga: 6 Jenis Mobil SUV Murah Asal China)

Kecanggihan Mobil Kepresidenan yang Baru di Era Joko Widodo

Setelah pergantian kendaraan resmi dari Mercedes-Benz S600 Pullman Guard menjadi Mercedes-Benz S600 Guard, banyak orang yang akhirnya penasaran mengenai kecanggihan mobil kepresidenan RI yang terbaru itu.

Mercedes-Benz S600 Guard yang kini menjadi kendaraan dinas milik Joko Widodo ini diketahui memiliki standar keamanan tinggi.

Kecanggihan mobil kepresidenan RI tersebut bisa dilihat dari segi performanya serta fitur yang disematkan.

Berbekal mesin bensin V12 dengan volume 6000 cc, Mercedes-Benz S600 Guard dapat melaju dengan tarikan tenaga hingga menyentuh angka 530 daya kuda dan torsi mesin 830 Nm.

Berkat mesin V12 pula, mobil kepresidenan yang menggunakan transmisi otomatis 7G-Tronic ini dapat melaju di jalanan, hingga mencapai kecepatan maksimalnya yaitu 210 kilometer per jam.

Beralih ke sistem keamananya, Mercedes-Benz S600 Guard ini diklaim anti peluru, terutama untuk hantaman senjata mesin M60 dan peluru kaliber 7,62 mm.

Mobil ini juga dibekali kaca tebal dan juga berat, sehingga untuk buka tutup kaca, dibutuhkan perangkat hidrolik khusus.

Kemudian, yang membuat mobil kepresidenan ini semakin terlihat canggih adalah karena sistem udara yang dipakai.

Berbeda dari standar keamanan mobil biasa, Mercedes-Benz S600 Guard secara khusus menghadirkan oksigen tersendiri saat mobil berada dalam kondisi darurat, seperti dikelilingi gas berbahaya.

Sementara jika kita berbicara mengenai bannya, mobil bertipe sedan yang memiliki sertfikat VR10 ini, telah menggunakan ban berteknologi Run Flat Tyre yang diklaim antikempes sekaligus masih dapat melaju, bahkan sejauh 30 kilometer.

Mobil ini juga dirancang untuk tahan akan serangan ledakan, baik dari sisi kanan-kiri maupun atas dan bawah, berkat tambahan pelat yang terletak di bagian bawah bodi.

Lalu kalau dilihat dari kelengkapan fitur bantuan pengemudinya, Mercedes-Benz S600 Guard ini didukung dengan Electronic Stability Program, BAS PLUS Brake, serta Night View Assist Plus untuk berkendara saat berada di kondisi gelap.

(Baca Juga: 4 Mobil Bermesin Turbo dengan Harga Murah)

Lalu, Apa Beda Mobil Kepresidenan RI dengan Mobil Milik Presiden AS?

Nah diantara kalian pasti ada yang penasaran bukan mengenai kecanggihan mobil kepresidenan AS? Sehingga tak jarang membandingkannya dengan mobil dinas milik Joko Widodo.

Lewat pembahasan kedua ini, CekAja bakal membagikan informasi mengenai kecanggihan mobil kepresidenan di era Joe Biden.

Berbeda dengan mobil dinas Joko Widodo yang baru saja diganti pada akhir 2019 lalu, armada untuk mengantar orang nomor satu di Amerika Serikat kala menjalani tugas kenegaraan ini justru merupakan turunan dari mantan presiden terdahulu, Donald Trump.

Dijuluki The Beast, mobil Cadillac One yang berlapis baja ini ternyata kalau dirupiahkan harganya bisa mencapai Rp21 miliar lho.

Maka tak heran jika mobil kepresidan AS disebut sebagai salah satu mobil milik pimpinan negara termahal di dunia. Kecanggihannya sendiri terletak pada sederet fitur yang ada pada limosin itu.

Caddilac One sudah dibekali dengan bodi dan kaca anti peluru, sekaligus menggunakan material baja dengan ketebalan kurang lebih 20 cm untuk tiap pintu mobilnya.

Begitupun dengan jendela kaca, yang memiliki ketebalan hingga 5 inci dan mampu menahan peluru karena dilapisi polikarbonat.

Mobil ini menggunakan mesin diesel 5.000 cc, sehingga tidak mudah terbakar terutama saat dalam situasi genting seperti baku tembak.

Kecanggihan mobil kepresidenan AS ini juga tampak dari sasis mobilnya yang menggunakan pelat baja kuat. Pelat tersebut dirancang agar mampu menahan serangan bom.

Kemudian jika berbicara mengenai fitur keamanannya, Cadillac One yang dipakai oleh Presiden Joe Biden ini diketahui telah dilengkapi dengan sejumlah perangat pengaman terbaik.

Beberapa diantaranya seperti teknologi ban Run Flat Tyre persis seperti mobil dinas Joko Widodo, telepon satelit, serta senapan dan meriam untuk menembakan gas air mata.

Nah itu tadi informasi seputar kecanggihan mobil kepresidenan RI dan perbedaannya dengan mobil milik Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Selain mengetahui informasi di atas, buat kamu yang sudah memiliki mobil ataupun motor nih, ada baiknya untuk punya perlindungan ekstra terhadap kendaraan dengan asuransi.

Asuransi kendaraan bakal meminimalisir segala risiko yang berhubungan dengan kecelakaan sampai pencurian.

Apabila tertarik memiliki produk finansial ini namun bingung pengajuannya, kamu bisa langsugn cek ketersediaan asuransi kendaraan di CekAja.com.

Di CekAja, kamu juga dapat membandingkan dulu produk asuransinya, yang menurutmu paling bagus dan sesuai kebutuhan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan asuransi kendaraan di CekAja.com, dan nikmati seluruh manfaatnya.