Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kecelakaan Beruntun di Cipularang. Ini Jurus Jitu Anti Tabrak!

by Sindhi Aderianti on 3 September, 2019

Kecelakaan beruntun terjadi di KM 91 Tol Purbaleunyi arah Jakarta. Berdasarkan pantauan di tempat kejadian, ada sekitar 21 kendaraan yang ikut terlibat. Nahasnya, 4 kendaraan terbakar nyaris tinggal kerangka saja.

mobil murah _ kredit kendaraan - CekAja.com

Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan ini. Namun, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy menyatakan, kecelakaan tersebut berawal dari truk terguling yang menyerempet kendaraan lain.

Total korban hingga kini sudah mencapai 16 orang. Sebanyak 9 orang korban diketahui meninggal dunia, sementara 8 lainnya mengalami luka-luka cukup serius.

Sering Ada Kecelakaan, Cipularang KM 90-97 Angker?

Banyaknya tragedi kecelakaan dari tahun ke tahun, membuat Tol Cipularang KM 90-97 dinilai angker. Sederet kecelakaan yang terjadi mengakibatkan jatuhnya korban mulai dari luka ringan, luka berat hingga meninggal dunia.

Masih lekat di ingatan, artis Saiful Jamil pernah mengalaminya sendiri pada 2011 silam. Dengan Toyota Avanza, mobil yang dikemudikan penyanyi dangdut ini hilang kendali di sisi menuju arah Jakarta. Dikabarkan mobil menabrak pagar beton pembatas jalan KM 97 tersebut. Atas tragedi itu, sang istri pun tak tertolong hingga akhirnya meninggal dunia.

Beberapa tahun kemudian, kecelakaan tragis yang mengakibatkan 6 orang tewas juga terjadi. Kendaraan travel Isuzu Elf jurusan Kebumen-Jakarta kehilangan kendali di kilometer 93 sehingga menabrak bagian belakang truk.

Pada 2013, kecelakaan terjadi antara Daihatsu Xenia dengan Nissan Juke di kilometer 135. Nissan Juke yang kehilangan kendali masuk ke jalur berlawanan dan menabrak Daihatsu Xenia, akibatnya 6 orang meninggal dunia.

Terjadi di kilometer 91, kecelakaan beruntun yang melibatkan 11 unit kendaraan menyebabkan 4 orang meninggal dunia pada tahun 2017 lalu. Dan masih banyak lagi kasus kecelakaan di tol menuju Jakarta tersebut, sampai yang terakhir pada 2 September 2019 ini.

Sebenarnya apa yang membuat tol Cipularang rawan kecelakaan? Lupakan soal rumor angker. Pada dasarnya, memang banyak turunan dan tikungan di ruas tersebut.

Ruas jalan yang menikung dan menurun, secara tak sadar membuat para pengendara lengah. Kelalaian itulah yang kerap menyebabkan kecelakaan.

(Baca juga: Mengenal Hak Santunan dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja)
Tips Aman Nyetir Keluar Kota

Kecelakaan bisa terjadi dimana saja, tak hanya di Tol Cipularang. Berkendara keluar kota, dengan jarak tempuh ribuan kilometer memang mengharuskan kita untuk lebih waspada.

Berencana keluar kota lewat jalur darat? Jangan lantas takut menyetir karena berita kecelakan tersebut. Tips aman menyetir berikut ini boleh dicoba, lho!

1. Tidur yang cukup

Pastikan kamu tidur yang cukup sebelum nyetir jauh. Bayangkan jika harus menyetir selama 5 jam, namun di jam pertama kamu sudah mengantuk! Banyak kecelakaan yang terjadi hanya karena pengemudinya mengantuk.

Untuk menghindari hal itu, tidurlah dengan teratur setidaknya 7 jam/malam. Terapkan durasi tidur tersebut dari beberapa malam sebelum keberangkatan, demi mengumpulkan energi.

2. Isi e-toll

Pemerintah telah menetapkan transaksi non tunai dengan e-toll, di ruas tol seluruh Indonesia sejak akhir Oktober 2017 lalu. Cara ini justru lebih simple, karena pengemudi tak lagi harus menunggu kembalian jika tidak memiliki uang pas.

Oleh karenanya, isi kartu e-toll yang kamu punya sesuai tarif, bila perlu lebihkan untuk berjaga-jaga. Kamu bisa melakukan top up saldo melalui ATM atau minimarket yang bekerjasama dengan bank penerbit uang elektronik tersebut.

3. Lakukan service mobil terlebih dahulu

Service mobil sebelum melakukan perjalanan jauh itu wajib. Mulai dari oli, aki, bensin, ban mobil, kondisi rem, air radiator, bagian kelistrikan dan mesin, semua harus dalam keadaan fit.

Jika ada salah satunya yang bermasalah, perjalananmu tentu akan terganggu. Jangan lupa juga menyiapkan berbagai perlengkapan mobil untuk saat-saat genting seperti tang, obeng, dongrak ya.

4. Kalau capek, ke rest area

Setiap dua jam, carilah rest area atau tempat istirahat lain untuk rehat sejenak. Jika kamu pergi bersama teman atau keluarga, mintalah salah satu dari mereka untuk ganti shift menyetir selama beberapa jam.

Dengan begitu, kamu bisa me-recharge energi dengan lebih maksimal. Sebaliknya bila hanya sendiri, pasang musik dan biarkan jendela mobil sedikit terbuka untuk mendistrak rasa lelah.

5. Lepaskan smartphone sejenak

Nah, hal ini tak kalah wajib dipatuhi para millennials yang punya kebiasaan selalu mengecek smartphone. Lepaskan sementara gadget-mu. Saat ingin membalas chat, pastikan bahwa kamu sedang di dalam posisi dan situasi yang aman (seperti menunggu lampu merah atau macet).

Jika harus mengangkat telepon, gunakan headset agar kedua tangan bisa tetap memegang setir dengan aman.

(Baca juga: Kalau Mengalami Hal Ini, Saatnya Kamu Ganti Mobil)
6. Siapkan obat-obatan

Jangan remehkan sakit-sakit ringan seperti pusing atau masuk angin. Hal tersebut lumayan mengganggu konsentrasi menyetir jika dibarkan.

Untuk itu, siapkan obat-obatan mulai dari aspirin, paracetamol, atau sirup herbal. Jadi kalau merasa tidak enak badan, tinggal cari tempat untuk menepi dan segeralah minum obat.

Pastikan obat tersebut tidak ada yang menimbulkan kantuk ya.

7. Fokus dan patuhi aturan lalu lintas

Mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas menjadi pedoman yang perlu kamu lakukan, selama menyetir keluar kota. Saat di jalan tol, hampir semua mobil atau kendaraan melaju dengan kecepatan relatif tinggi.

Jaga selalu jarak dengan kendaraan lain sekitar 10-20 meter. Usahakan pula untuk tidak berpindah jalur secara tiba-tiba.

Cara ini ampuh untuk menghindari kecelakaan beruntun, akibat rem mendadak. Musibah seperti kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, memang tidak ada yang tahu.

Tentunya kita selalu berharap perlindungan dari Yang Kuasa. Namun, tak ada salahnya juga untuk turut mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi dengan memiliki asuransi jiwa.

suransi bekerja layaknya tabungan, dimana kamu baru bisa merasakan keuntungannya setelah benar-benar dibutuhkan sesuai perjanjian polis. Hal tersebut tentu akan sangat membantumu ketika menghadapi kemalangan.

Bandingkan, pilih, dan miliki asuransi jiwa terbaik yang menguntungkan hidupmu hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami