9 Kedai Es Krim Paling Legendaris di Indonesia Selain Ragusa

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Kamu penikmat es krim? Sepertinya, kamu wajib datangi kedai es krim paling legendaris di Indonesia, berikut ini! Pasalnya, selain kedai es krim Ragusa Italia, yang ada di Jakarta Pusat, beberapa kedai es krim legendaris ini, juga patut di datangi loh!

Pasalnya, beberapa kedai es krim paling legendaris di Indonesia ini, sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Bahkan, lokasi kedai, menu, rasa dari es krim di beberapa kedai ini, masih dipertahankan dengan baik, oleh pengelola.

Kedai Es Krim Ragusa, jadi yang Paling Populer!

Nah, dari beberapa kedai es krim paling legendaris di Indonesia ini, mungkin salah satunya sangat familiar di telinga. Ya, apalagi kalau bukan Ragusa Italia.

Tahukah kamu, kedai es krim Ragusa yang terletak di daerah Gambir, Jakarta Pusat ini, sangat populer, karena sudah berdiri sejak 1932.

Uniknya, kedai es krim Ragusa yang sudah berdiri cukup lama ini, juga tetap menawarkan rasa yang tidak pernah gagal, alias konsisten.

Pasalnya, Ragusa Italia sendiri, didirikan oleh Ragusa Bersaudara, yang merupakan orang asli Italia dan pernah tinggal di Indonesia waktu itu.

Kemudian, kepemilikannya, diserahkan pada kerabat mereka di Indonesia, hingga sampai saat ini. Maka, tak heran jika rasanya tak pernah berubah.

(Baca Juga: Cara Membuat Es Krim Lembut Paling Mudah)

Nah, daripada dibikin penasaran, dengan kelanjutan informasinya, lebih baik intip rangkuman menarik, dari 10 kedai es krim paling legendaris di Indonesia berikut ini, selain Ragusa!

9 Kedai Es Krim Paling Legendaris di Indonesia selain Ragusa

1. Toko Oen

Kedai es krim paling legendaris selain Ragusa, yang pertama adalah Toko Oen. Kedai es krim yang terletak di Kota Semarang ini, dikenal dengan rotinya.

Namun, siapa sangka bahwa Toko Oen juga memiliki es krim yang legendaris juga! Tidak beda jauh dengan Ragusa, Toko Oen, sudah berdiri sejak 1936 di Semarang.

Bahkan, sebelumnya Toko Oen juga sudah berdiri di Jogja sekitar tahun 1910-an.

Kalau kedai yang satu ini, lebih dikenal dengan gayanya yang khas masa kolonial Belanda.

Di sini, para pecinta es krim juga bisa mencicipi berbagai camilan dan kue khas dari Belanda juga loh.

2. Ice Cream Tjanang

Kedai es krim paling legendaris di Indonesia berikutnya, yang terletak di Jakarta adalah Ice Cream Tjanang. Sebenarnya, Tjanang sendiri ditulis dengan plakat bertuliskan Tjan Njan.

Masih sewilayah dengan Ragusa Italia, kedai es ini terletak di Jalan Cikini IV. Namun, untuk masalah pelopor, Ragusa tentu lebih dulu, karena Ice Cream Tjanang pertama dibuka pada tahun 1951.

Meski telah berusia puluhan tahun, kedai es krim ini sempat tutup, hingga akhirnya dibuka kembali dan tetap bertahan.

Untuk menu es krim andalan di kedai es krim ini adalah es krim rasa kopyor dan durian. Bahkan, saking paling enaknya, presiden pertama Indonesia hingga Keluarga Cendana sampai memfavoritkannya.

3. Restoran Tropik

Masih di Jakarta, kedai es krim paling legendaris di Indonesia ini, terletak di Jalan Pasar Baru No.28A, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sudah ada sejak 1950-an, kedai yang berdiri di atas bangunan lampau ini, memiliki menu andalan, yakni es segar jadul frambozen dan mocca rum.

Saking terkenalnya menu es di kedai ini sejak dulu, sampai frambozen dan mocca rum tetap difavoritkan hingga saat ini.

Tidak hanya ada es krim, di kedai ini juga menyediakan aneka makanan berat. Sebut saja seperti mie yamin, pangsit, hingga laksa yang rasanya patut diacungi jempol.

4. Baltic

Kawasan Jakarta Pusat, sepertinya memang menjadi lokasi kedai es krim paling legendaris di Indonesia, salah satunya adalah Baltic.

Berada di Jalan Kramat Raya No 12, Kwitang, Jakarta Pusat. kedai es krim legendaris di Jakarta ini, sudah berdiri sejak tahun 1939, sebelum Indonesia merdeka.

Uniknya, kedai es krim ini dulunya hanya mempersilahkan pelanggan untuk orang kelas ekonomi menengah ke atas saja.

Namun, semakin ke sini, berbagai varian es krim seperti vanilla oreo, greentea, nougat, rum raisin ice cream, bisa dinikmati semua kalangan.

Buat kamu yang ingin coba mampir, diketahui kedai es krim ini, juga banyak memiliki menu baru, yang tak kalah enak dan segar!

5. Ice Cream Tentrem

Dari Jakarta, kita mampir ke Solo, karena di Solo terdapat satu kedai es krim legendaris, yang sudah ada sejak tahun 1952.

Tidak hanya terkenal saat zaman dulu, kedai es krim Tentrem, juga menjadi satu Kedai es krim legendaris, yang masih hits hingga sekarang.

Ada banyak menu es krim yang ditawarkan kedai es krim ini. Bahkan, berbagai varian rasa dan jenis es krim dijual di Es krim Tentrem ini.

Untuk soal harga, tenang! Karena harga es krim di kedai ini pun tidak terlalu mahal.

6. Tip Top

Setelah di Pulau Jawa, kini kita menuju ke Medan. Buat kamu pecinta es krim di Medan, sepertinya harus coba kedai es krim paling legendaris di Indonesia, yang sudah berdiri sejak jaman Indonesia belum merdeka.

Kedai es krim ini, diketahui telah berdiri sejak 1934. Uniknya, sebelum bernama Tip Top, kedai es krim di Medan ini awalnya bernama ‘Jangkie’, seperti nama pemiliknya.

Namun, setelah Indonesia merdeka, nama Jangkie diganti menjadi Tip Top, hingga sekarang, dan tetap terkenal.

Tidak hanya terkenal, kedai es krim Tip Top juga memiliki banyak menu es krim yang enak. Bahkan, Tip Top juga memiliki menu roti yang populer!

7. Zangrandi

Tak kalah tua daripada kedai es krim paling legendaris di Indonesia lainnya, kedai es krim Zangrandi, ini sudah menginjak 88 tahun.

Pasalnya, kedai es krim Zangrandi, telah berdiri sejak tahun 1930, oleh Roberto Zangrandi dan istrinya.

Pasangan suami istri ini, membuat resep es krim Italia, yang terkenal karena kelezatannya.

Maka dari itu, kedai ini dinamakan persis seperti nama pemiliknya kala itu. Bahkan, kedai es krim Zangrandi menjadi salah satu kedai es krim pelopor di Surabaya.

Namun, karena Zangrandi adalah penduduk asli Italia, maka ketika mereka pergi kembali ke Italia, kedai ini pun dibeli oleh orang Indonesia, yakni Adi Tanumulia.

Tapi jangan salah, meskipun berganti pemilik, resep asli dari es krim ini tidak dirubah kok, malah varian rasanya jadi bertambah, yakni terinspirasi dari rasa buah khas Indonesia.

8. Kedai Es Krim Domino

Bukan hanya brand pizza, Domino juga merupakan kedai es krim paling legendaris di Indonesia.

Kedai es Krim Domino ini, dikelola oleh seorang bapak tua, yang sekaligus pemiliknya, bernama Torus Tri Sanghana.

Meski sederhana, yang membuat kedai es krim ini masih terus bertahan hingga populer adalah bahan baku pembuat es krim, yang asli dan tidak menggunakan bahan pengawet.

9. Es Krim Angi

Kedai es krim paling legendaris di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Pontianak, adalah kedai es krim Angi.

Kedai es krim ini, sudah lama berdiri, tepatnya sejak 63 tahun yang lalu.

Dari awal, kedai es krim ini, memang bernama es krim Angi. Namun, semakin terkenal, kedai es krim di Pontianak ini malah dikenal dengan nama Es Krim Petrus.

Hal tersebut dikarenakan letaknya, yang berdekatan dengan lokasi SMP-SMA Petrus, tepatnya di Jalan KS Tubun, Pontianak.

Untuk menunya, kedai es krim ini memiliki banyak rasa es krim yang ditawarkan. Mulai dari rasa stroberi, cempedak, vanilla, durian hingga nangka.

(Baca Juga: Bisnis Es Krim Rumahan Tanpa Mixer)

Nah, itu dia beberapa informasi tentang kedai es krim paling legendaris di Indonesia. Semua hal yang semakin legendaris, biasanya akan semakin dikenal.

Namun, jika kamu bisa mencontoh sistem bisnis kedai-kedai es krim tersebut, kenapa tidak?

Kamu juga bisa loh, buka bisnis kuliner seperti kedai es krim, khas buatanmu sendiri! Yang penting, memiliki ciri khas, seperti kedai es krim tempo gelato di Yogyakarta, yang sangat populer di masa kini.

Yuk, Bangun Bisnis Es Krim Jadi Nyata dengan Pinjaman Dana dari CekAja!

Mau bisnis kedai es krim juga, tapi modal belum ada? Jangan khawatir!

Dengan bantuan pinjaman dana cepat, yang diajukan di CekAja.com, kamu bisa bangun bisnis kedai es krim impianmu!

Di CekAja.com sendiri, menyediakan banyak produk pinjaman dana cepat untuk modal usaha, dari berbagai perusahaan p2p lending ternama dan terpercaya, seperti Kredivo, Uang Temang, hingga Julo.

Kamu juga akan diberikan rekomendasi produk pinjaman dana, yang tepat an disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Jadi, nggak bakalan merugi deh, gara-gara pinjaman!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan bangun bisnis kedai es krim impianmu!