Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Bikin Lebih Produktif, Apa Aja?

by Sindhi Aderianti on 2 September, 2019

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang enteng. Ada seabrek kegiatan seorang ibu rumah tangga. Mulai dari mengurus rumah dan keluarga, memastikan anak-anak dan suami mengenakan pakaian bersih, makanan lezat bergizi yang mengenyangkan, serta rumah nyaman untuk ditinggali. Tidak ada batasan waktu kerja seperti kantoran, semua dikerjakan hamir selama 24 jam. Selain mudah bosan, rutinitas seperti itu membuat mereka tidak punya banyak waktu untuk berkembang layaknya wanita karier.

kegiatan ibu rumah tangga

Namun, sering kali ibu rumah tangga justru dinilai sebagai wanita yang kurang produktif. Untuk menampik paradigma tersebut, kamu sebagai ibu rumah tangga bisa mengisi hari-hari di rumah dengan 5 kegiatan ini. Beberapa di antaranya bahkan menghasilkan uang, lho!

1. Ikut kelas parenting

Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Terkadang, banyak hal yang tidak kita pahami seiring berjalannya waktu bersama mereka. Begitu juga menyamakan prinsip dalam mendidik anak dengan suami. Sering kali, ada perbedaan yang akhirnya membuat cara mendidik anak jadi kurang sejalan. Untuk mengatasi itu semua, kita butuh tempat untuk bertanya pada ahli bagaimana menghadapi problematika seputar mendidik anak. Nah, seminar parenting sangat cocok diikuti oleh para pasangan yang sudah menikah maupun belum. Seminar ini bisa diikuti secara offline maupun online.

(Baca juga: Mom, Ini Lho Pilihan Pinjaman untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Jaminan)
2. Coba resep masakan

Jadi ibu rumah tangga, enaknya punya lebih banyak waktu untuk berkreasi. Contohnya seperti memasak. Kalau selama ini melihat banyak resep makanan atau tutorial masak yang enak-enak, cobalah untuk ikut membuatnya. Setelah berhasil, kamu bisa jadikan masakanmu ini sebagai reward untuk suami atau anak sepulang mereka beraktivitas. Menurut psikolog dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, memasak adalah salah satu jenis terapi behavioral activation yang tujuannya mengurangi depresi.

3. Gabung ke baby class

Bagi ibu yang masih punya bayi, kamu bisa mendaftarkannya ke baby class. Mengikuti baby class bisa menjadi alternatif untuk sang buah hati, agar nantinya lebih mudah bersosialisasi. Baby class ini bersifat stimulasi, jadi bayi akan diperkenalkan dengan permainan yang merangsang motorik dan sensorik untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Lewat baby class, bukan hanya anak saja yang punya kegiatan. Namun, kamu pun bisa sembari refreshing sejenak dari kepenatan rumah. Melihat lingkungan baru, berinteraksi dengan sesama ibu, bonusnya anak jadi lebih pintar.

4. Tetap lakukan hobimu

Siapa bilang ibu rumah tangga cuma boleh mengurus anak dan beberes rumah? Mencuri waktu untuk sekedar melakukan hobi seperti nonton film, bukanlah sebuah dosa. Ibu rumah tanga yang bekesempatan menyalurkan hobi mereka, justru memiliki kondisi psikis yang lebih baik. Dengan hati dan pikiran yang waras, keluarga kecilmu pasti ikut bahagia. Tak ada lagi kata stres mengurus anak atau melayani suami. Jika hobimu lebih produktif, jangan takut untuk mengubahnya jadi pundi-pundi rupiah. Semisal punya hobi menulis, coba jajal kesempatan untuk menjadi freelance writer. Honornya lumayan untuk beli makeup!

5. Hangout sesekali

Ibu rumah tangga juga harus waras. Waras dalam artian, tetap melakukan hal yang menyenangkan bagi mereka termasuk sesekali hangout keluar rumah. Hiruplah udara bebas, pergi ke mall atau tempat hiburan yang positif. Sekedar ngopi atau berbelanja bulanan, lumayan me-refresh pikiran, lho. Bila perlu ajak teman-teman sesama stay at home mom agar kamu tak ‘merasa sendiri’, karena bisa sharing manis dan pahitnya keseharian yang mungkin sulit diceritakan ke anak atau suami. Tak bisa meninggalkan anak sendiri? Jadwalkan playdate saja. Jadi, hangout sama teman sambil bawa anak masing-masing. Seru!

(Baca juga: Ini Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga, Cek Yuk!)
6. Berbisnis dari rumah

Di rumah saja, tapi menghasilkan uang? Ibu rumah tangga juga bisa melakukannya! Berlatihlah menjadi wanita mandiri sedari dini. Sebab, kita tidak mampu menerka masa depan meskipun suami bekerja. Untuk itu, boleh saja mempersiapkan diri sejak dini lewat berbisnis dari rumah. Banyak pilihan bisnis online yang bisa kamu coba, sesimpel jadi reseller atau dropshipper, untungnya lumayan! Para ibu rumah tangga tidak mungkin dirugikan lewat pilihan bisnis ini. Selama tanggung jawab terhadap suami dan anak-anak sudah ditunaikan dengan baik, tak masalah.

Itulah 6 kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan meskipun hanya di rumah. Tak perlu bersedih, justru dengan jadi ibu rumah tangga kamu bisa melakukan banyak hal yang menguntungkan kedua belah pihak; dirimu dan keluarga.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami