Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Apa Saja Kelebihan Asuransi Perjalanan? Yuk, Cek!

by Tisyrin on 29 Maret, 2018

memilih koper untuk traveling _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Apa yang terpikirkan ketika Anda mendengar asuransi perjalanan? Sebuah perlindungan akan risiko kecelakaan selama perjalanan? Sesungguhnya, manfaat asuransi perjalanan jauh lebih banyak dari sekedar perlindungan kecelakaan.

Sadarkah Anda bahwa risiko yang menghantui dalam perjalanan juga beragam? Pernahkah Anda merasa kesal dan rugi ketika pesawat terlambat berangkat? Atau kehilangan bagasi dalam perjalanan? Hal-hal semacam itu bisa menimbulkan kerugian finansial yang tidak sedikit, jika Anda tidak mengantisipasinya.

Seringkali, asuransi menjadi hal yang terlupakan saat mempersiapkan perjalanan. Anda lebih sibuk menyiapkan dana untuk membeli tiket pesawat, hotel, dan urusan lainnya. Padahal, premi asuransi perjalanan terbilang murah jika dibandingkan dengan total biaya perjalanan yang harus Anda keluarkan.

Cek informasi lebih jauh tentang asuransi perjalanan berikut ini.

Widget TRV Insurance

Kelebihan Asuransi Perjalanan
Premi sangat murah

Perusahaan asuransi menawarkan premi asuransi perjalanan mulai dari puluhan ribu atau ratusan ribu saja. Premi tersebut sangat murah apabila dibandingkan dengan total biaya perjalanan yang harus Anda keluarkan.

Secara umum, premi asuransi perjalanan tak sampai 1 persen dari seluruh biaya perjalanan yang harus Anda keluarkan. Dengan kata lain, jika Anda harus menyisihkan dana untuk membeli asuransi perjalanan, tidak seberapa bukan jika dibandingkan dengan uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli tiket pesawat, hotel, dan berbagai keperluan lainnya?

(Baca juga: Mau Aman, Hindari 4 Mitos Asuransi Perjalanan Ini)

Mendapat perlindungan yang besar nilainya

Dengan premi yang terbilang kecil, perlindungan yang akan Anda dapatkan selama perjalanan tidak main-main. Nilai pertanggungan yang akan Anda terima jumlahnya mampu mengurangi atau bahkan menanggung semua beban finansial yang timbul karena suatu hal yang buruk dalam perjalanan.

Contohnya saja, produk asuransi perjalanan Domestic Standard dari Chubb. Asuransi ini berlaku untuk perjalanan dalam negeri dengan maksimum durasi perjalanan 90 hari. Asuransi akan menjamin biaya pengobatan dan rumah sakit dengan nilai pertanggungan Rp10 juta serta kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan Rp50 juta. Selain itu, masih banyak jenis risiko lain yang ditanggung.

Ada pula Smart Traveller dari AXA, asuransi perjalanan yang berlaku untuk perjalanan ke seluruh dunia. Untuk jenis Platinum, nasabah akan mendapatkan perlindungan kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan 100.000 dolar AS, sementara jenis Gold sebesar 35.000 dolar AS. Tak hanya itu, ada perlindungan berupa asuransi isi rumah senilai 500 dolar AS untuk jenis Platinum dan sederet manfaat lainnya.

Apabila dihitung-hitung, total manfaat yang Anda dapatkan nilainya berkali-kali lipat dari premi yang Anda bayarkan. Jadi, tak ada ruginya bukan Anda mengalokasikan dana demi mendapatkan perlindungan dari asuransi perjalanan?

Bisa dibeli secara online

Saat ini, semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan asuransi perjalanan. Seperti halnya membeli tiket pesawat dan hotel secara online, asuransi perjalanan juga bisa Anda beli secara online. Anda harus mencari portal terpercaya seperti CekAja.com, yang menjual berbagai pilihan produk asuransi perjalanan dari berbagai perusahaan asuransi.

Keuntungan membeli secara online adalah Anda akan menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan berbagai produk asuransi perjalanan terlebih dahulu baik dari segi premi maupun manfaat yang akan Anda peroleh.

Yang terpenting, Anda memiliki akses internet dan perangkat yang memadai agar proses pengajuan asuransi perjalanan lancar.  Dengan adanya fasilitas online semacam itu, Anda pun bisa dengan mudah membagi waktu untuk mempersiapkn hal-hal lain yang berhubungan dengan perjalanan Anda.

Manfaat Asuransi Perjalanan yang Jarang Diketahui

Asuransi perjalanan pada dasarnya tidak hanya menanggung risiko yang umum seperti kecelakaan atau sakit saja. Sayangnya, Anda mungkin belum mengetahui besarnya manfaat asuransi perjalanan secara keseluruhan, sehingga enggan untuk menggunakannya.

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu apa saja manfaat asuransi perjalanan yang jarang diketahui orang, seperti di bawah ini.

Menanggung ketika terjadi delay pesawat

Ketika pesawat delay alias tertunda jadwal penerbangannya, Anda bisa mengalami berbagai kerugian baik dari segi waktu maupun finansial. Misalnya saja, Anda sudah memiliki janji untuk urusan bisnis di kota lain, padahal pesawat tertunda. Anda berpotensi kehilangan transaksi bisnis dalam jumlah yang lumayan.

Untungnya, jika Anda telah terdaftar asuransi perjalanan, kejadian semacam itu akan ditanggung oleh asuransi. Terdapat minimal masa tunggu keterlambatan jika Anda ingin mendapatkan ganti rugi dari asuransi, biasanya antara 6-12 jam.

Dan apabila Anda ingin menjadwalkan ulang penerbangan, asuransi bahkan bisa menanggung keperluan terkait hal tersebut seperti biaya akomodasi. Karena, jika Anda mengalami penundaan penerbangan dan memutuskan mengganti jadwalnya, Anda tentu memerlukan biaya untuk kembali menginap di hotel.

Perlindungan rumah yang ditinggalkan

Saat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama termasuk untuk berlibur, Anda mungkin merasa waswas. Tak hanya Anda yang sedang dalam perjalanan yang dihantui oleh berbagai risiko, rumah yang ditinggalkan juga bisa terkena risiko buruk seperti kebakaran.

Anda tak menyangka bukan jika ternyata asuransi perjalanan tak hanya melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga rumah Anda? Anda bisa saja aman-aman selama perjalanan dan pulang kembali dengan kondisi tak kurang suatu apa pun. Namun, bagaimana dengan rumah Anda? Itulah pentingnya membeli asuransi perjalanan sebelum bepergian.

Mendapat ganti rugi atas kehilangan bagasi

Bukan hanya diri Anda sendiri dan rumah Anda, asuransi perjalanan bahkan menanggung atas barang bawaan Anda. Jika bagasi mengalami kerusakan atau hilang, Anda akan mendapatkan ganti rugi yang setimpal.

Bayangkan betapa repot dan ruginya jika bagasi Anda hilang. Ganti rugi dari pihak asuransi akan meringankan beban Anda.

Pemulangan jenazah

Mendengar kata jenazah memang mengerikan, tetapi risiko kematian tidak bisa ditebak bukan? Apabila seorang nasabah asuransi perjalanan meninggal dunia, maka perusahaan asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah.

Biaya pengiriman jenazah yang tidak sedikit tentu bisa menjadi beban bagi keluarga apabila nasabah tidak terdaftar asuransi perjalanan.

Kehilangan paspor atau dokumen lainnya

Meski sudah berhati-hati, paspor atau dokumen perjalanan lainnya bisa saja hilang akibat berbagai hal seperti perampokan. Lagi-lagi, Anda bisa bernafas lega apabila sudah terdaftar asuransi perjalanan, karena biaya untuk pengurusan dokumen akan ditanggung.

Perlindungan dari terorisme

Anda tak akan tahu apabila negara tujuan Anda telah menjadi sasaran aksi terorisme. Anda bisa berjaga-jaga dengan membeli asuransi perjalanan. Dengan begitu, Anda pun akan merasa lebih tenang dan menikmati perjalanan Anda.

(Baca juga: Baru Pertama ke Bangkok? Cek Panduan Ini!)

Nah, jika Anda punya rencana bepergian dan belum memiliki asuransi perjalanan, daftarkan diri Anda melalui CekAja.com. Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-4 tahun ini, CekAja.com memberikan kejutan kepada para pelanggan berupa hadiah berlibur ke Bangkok serta hadiah menarik lainnya.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.