Kelebihan dan Kekurangan Memutuskan Pensiun Dini dari Pekerjaan

3 min. membaca Oleh CekAja on

Sebagian orang sangat mencintai pekerjaannya sampai tetap terus bekerja meski usia mereka sudah lanjut. Sebagian orang juga tetap bekerja meski sebenarnya tidak terlalu mencintai pekerjaannya, tapi karena kebutuhan. Sebagian yang lain merasa tidak mau bekerja selamanya dan memutuskan untuk pensiun dini.

persiapan pensiun _ investasi - CekAja.com

Sebenarnya memang hal itu tidak salah. Beberapa orang memutuskan untuk pensiun dini karena berbagai alasan yang sifatnya sangat pribadi. Bisa karena memang sudah terlalu lelah dan bosan bekerja atau alasan lain. Dan hal tersebut memang terlihat menyenangkan. Namun, pensiun dini juga memiliki kekurangannya tersendiri.

Kalau kamu termasuk orang yang bercita-cita untuk pensiun dini, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan memutuskan pensiun dini dari pekerjaan.

Kelebihan Pensiun Dini

1. Waktu luang lebih banyak

Salah satu alasan orang memutuskan untuk pensiun dini adalah karena akan tersedianya waktu luang yang lebih banyak. Waktu luang ini bisa digunakan untuk menjalankan hobi dan hal-hal lain yang tidak sempat dikerjakan saat masih bekerja. Misalnya, cita-cita untuk berpetualang keliling dunia. Hobi yang memakan waktu panjang tidak akan bisa dilakukan saat bekerja karena terbatas pada jadwal kerja. Bahkan hak untuk libur dan mengambil cuti juga terbatas. Oleh karena itu, pensiun dini dianggap sebagai keputusan yang tepat dan menyenangkan karena waktu yang tersedia bisa digunakan untuk melakukan banyak sekali hal baik untuk pribadi maupun bersama keluarga.

(Baca juga: Mau Masa Pensiun Tetap Makmur? Ikuti 6 Tips Atur Uang Berikut Ini!)

2. Bisa menggali potensi diri

Karena waktu luang yang banyak, kamu juga bisa menggali berbagai potensi diri yang mungkin selama ini terpendam. Misalnya selama ini kamu bekerja di bidang keuangan. Ternyata setelah digali, kamu punya potensi di bidang lain seperti seni. Hal ini belum pernah sempat kamu ketahui sebelumnya karena terlalu sibuk bekerja. Waktu libur juga hanya digunakan untuk istirahat karena lelah. Oleh karena itu, setelah pensiun merupakan saat yang tepat untuk kembali mengenal diri dan menggali potensi.

3. Bisa mengembangkan passion

Mungkin selama ini kamu memiliki passion yang teramat tinggi di bidang tertentu, tapi kamu tidak sempat mengembangkannya karena kesibukan kerja. Mungkin karena alasan inilah kamu kemudian memutuskan untuk pensiun dini. Setelah pensiun, kamu akan memiliki waktu untuk mengembangkan passion kamu sehingga kamu benar-benar merasakan hidup yang sesuai dengan passion.

4. Memulai banyak hal baru

Pensiun bukanlah akhir dari segalanya. Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan setelah pensiun. Misalnya kamu bisa belajar lagi, kuliah lagi mengambil jurusan lain, memulai usaha, atau bahkan malah memulai karier baru. Semuanya mungkin dikerjakan karena kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk melakukannya.

(Baca juga: Deretan Negara Terbaik Untuk Pensiun Menikmati Masa Tua)

Kekurangan Pensiun Dini

Nah, sekarang kita bahas beberapa kekurangan kalau memutuskan untuk pensiun dini:

1. Penghasilan berkurang

Salah satu hal yang pasti adalah berkurangnya penghasilan. Terutama bagi kamu yang tidak menerima uang pensiun bulanan. Kecuali kamu mempersiapkan tabungan dana pensiun dengan matang dan memiliki investasi serta properti yang nilainya terus berkembang, hal ini tentu akan menjadi masalah bagimu.

Oleh karena itu, kalau kamu memutuskan untuk pensiun dini, kamu juga harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang terutama mengenai dana pensiun supaya kamu tidak mengalami masalah keuangan setelah pensiun nanti.

2. Bosan

Kekurangan lain yang mungkin kamu rasakan setelah pensiun dini adalah rasa bosan. Kebiasaan untuk pergi bekerja dan bertemu dengan rekan kerja setiap hari mungkin merupakan hal yang menyenangkan yang sudah menjadi bagian dari keseharianmu.

Mungkin di masa-masa awal pensiun kamu belum akan merasakan hal ini. Kamu mungkin malah sangat menikmati waktu luang dan berbagai kebebasan yang akhirnya kamu miliki. Namun semakin lama mungkin kamu akan merasa bosan. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang suka bekerja. Untuk mengatasi hal ini, kamu memang harus menemukan berbagai kegiatan baru dan hobi yang akan terus membuatmu sibuk sehingga masa pensiun tidak terasa membosankan lagi.

3. Terjadi hal yang tidak diinginkan

Hal ini masih berkaitan dengan keuangan. Kalau kamu tidak mempersiapkan dana pensiun sebaik mungkin, bukan tidak mungkin malah akan timbul masalah keuangan. Misalnya karena ada pengeluaran mendadak dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan berbagai macam dana baik itu dana untuk kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, dan tentu saja dana tak terduga. Meski kita tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi, tapi alangkah lebih baik kalau kita telah melakukan persiapan yang cukup, bukan?

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pensiun dini. Pada intinya hal tersebut baik, selama dipersiapkan dengan matang. Kamu harus yakin kalau kamu benar-benar siap. Jangan mengambil keputusan untuk pensiun dini hanya karena emosi atau kebosanan sesaat saja.

[widg-inv]

Tentang kami

CekAja

CekAja