Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Kelebihan dan Keuntungan Domain ID untuk Traffic Situs

by Vera Khairifah on 18 Desember, 2019

Kelebihan dan keuntungan domain id atau dengan format .id memang kurang diketahui banyak orang. Masih sedikitnya penggunaan domain id dibanding domain global lainnya menjadi salah satu alasan kurang populernya domain id.

7 Kelebihan dan Keuntungan Domain ID untuk Traffic Situs

Penjelasan Mengenai Domain

Domain adalah sebuah format yang ada pada situs manapun di dunia. domain global seperti .com bisa digunakan untuk siapapun di dunia. Macam-macam domain lainnya yakni seperti .net, .asia, .org, .info, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun ada pula domain lokal yang hanya bisa dimiliki oleh orang di suatu negara tertentu saja. Istilah domain lokal biasa disebut Country Code Top Level Domain (ccTLD).

Nah, domain id adalah ccTLD negara Indonesia yang sudah aktif sejak tahun 1990. Kemudian beroperasi penuh pada tahun 1996.

Kini, pengelolaan domain id dipegang sepenuhnya oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) setelah sebelumnya dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia.

(Baca juga: Cara Cek Imei HP Android dan iOS Lewat Ponsel serta Situs Kemenperin 2019)

Cara Dapatkan Domain ID

Domain id hanya bisa dimiliki oleh orang Indonesia. Untuk mendapatkan domain id, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Yakni menyertakan identitas, seperti KTP pemilik situs, menyantumkan nama perusahan, SIUP, NPWP, serta dokumen-dokumen pelengkap lainnya yang wajib disertakan.

Juga, mengikuti ketetapan dan peraturan yang diterbitkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, kamu bisa mengajukan kepemilikan domain id ke partner resmi PANDI, seperti penyedia layanan hosting, maupun reseller domain id.

Kamu juga akan diminta membayar sejumlah uang untuk memiliki domain ID, yakni mulai dari harga Rp 100 ribu-an, hingga Rp 250 ribu-an.

Setelah proses selesai, kamu bisa memiliki situs dengan domain id dan merasakan langsung kelebihan dan keuntungan domain id.

Jenis Domain ID

Ada banyak jenis domain id yang kini tersedia dan dipakai orang pribadi maupun instansi atau Lembaga tertentu. Semuanya memiliki kelebihan dan keuntungan domain id. Di antaranya sebagai berikut:

  • Domain .co.id, yang diperuntukkan bagi badan usaha yang memiliki legalitas hukum di Indonesia.
  • Domain .go.id, yang biasanya dipakai oleh situs pemerintahan sipil.
  • Domain .ac.id, yang digunakan untuk instansi akademik seperti kampus dan perguruan tinggi lainnya.
  • Domain .biz.id, yang digunakan bagi pelaku usaha UMKM.
  • Domain .sch.id, yang diperuntukkan bagi sekolah tingkat TK hingga SMA.
  • Domain .net.id, yakni untuk badan usaha atau organisasi yang bergerak di bidang telekomunikasi.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
Kelebihan Dan Keuntungan Domain ID

Karena dikelola dan diperuntukkan bagi warga lokal Indonesia, ada beberapa kelebihan dan keuntungan domain id yang bisa dirasakan pemiliknya. Yakni sebagai berikut:

1. Dimiliki Pemilik Situs Terpercaya

Kepemilikan domain id harus menyertakan dokumen-dokumen yang menandakan bahawa pemilik situs tersebut adalah WNI yang bisa diminta pertanggungjawabannya.

Hal itu membuktikan bahwa domain id dimiliki oleh pihak yang terpercaya sebagai pemilik situs.

2. Lebih Kredibel

Karena pemilik situs terpercaya, maka ada jaminan keamanan pula yang menjadi salah satu kelebihan dan keuntungan domain id.

Yakni situs tersebut memuat konten yang bisa dipertanggungjawabkan, asli kebenarannya, serta anti penipuan.

3. SEO Friendly

Kini, ada kebijakan Google sebagai mesin pencari yang menjadi kelebihan dan keuntungan domain id.

Di mana situs lokal berpeluang lebih besar ditampilkan di hasil pencarian dibandingkan situs global lainnya.

Jadi, situs dengan domain id lebih SEO friendly atau mudah meraih rank dalam negeri.

4. Menarik Pengunjung Setia

Kredibilitas dan faktor SEO friendly tersebut kemudian memunculkan kelebihan dan keuntungan domain id lainnya.

Pengunjung situsmu akan semakin banyak dan memiliki tingkat bounce rate (kemungkinan pengunjung akan kembali ke hasil pencarian atau meninggalkan situs) yang rendah. Sehingga menarik munculnya pengunjung setia pada situs domain id.

5. Belum Banyak Pesaing

Karena belum banyak orang yang menggunakan domain id, maka secara traffic SEO, situsmu masih memiliki sedikit pesaing. Peluang meraih rank lokal sangat mungkin didapatkan.

Sebab mesin pencari akan menampilkan situsmu sebagai situs lokal yang diperuntukkan untuk pengguna lokal juga.

(Baca juga: Mau Nonton YouTube Dibayar? Ini Cara dan Daftar Lengkap Situsnya)

6. Mudah Memilih Nama Situs

Saat kamu memilih nama situs, kamu juga lebih bebas karena tidak ada saingan global. Lagi-lagi, karena pengguna domain id masih belum sebanyak domain global, maka saingan lokalmu pun terbilang sedikit.

7. Mudah Diakses

Proses loading pada halaman situs dengan domain id lebih cepat dan mudah diakses pengguna. Pengguna pun akan lebih senang menjelajahi situs yang kamu miliki karena tak membutuhkan waktu lama untuk loading halaman.

Itulah sederet kelebihan domain id. Butuh biaya untuk kembangkan situs yang kamu miliki? Langsung aja ajukan KTA untuk berbagai kebutuhan lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast