Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kelola Keuangan Bisnis dengan Mandiri Cash Management, Efektif dan Banyak Untungnya

by Ayunindya Annistri on 2 Juni, 2020

Bank Mandiri menyuguhkan fitur kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management. Kehadiran fitur ini sendiri dianggap sebagai upaya dalam mengembangkan transaksi elektronik untuk segmen korporasi.

Kelola Keuangan Bisnis dengan Mandiri Cash Management

Apa itu Mandiri Cash Managemet?

Mandiri Cash Management atau disingkat MCM adalah layanan internet banking bisnis untuk sebuah korporasi yang membutuhkan pengaturan aktivitas keuangan secara menyeluruh, termasuk pula pengaturan likuiditas online

Menariknya, hanya nasabah pengguna rekening bisnis saja yang dapat menggunakan fitur kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management ini.

Sehingga nantinya, nasabah tersebut dapat mengakses transaksi finansial perusahaan, seperti pembayaran dan penerimaan, sekaligus mengendalikan segala aktivitas pada rekening bisnis yang dimiliki.

Layanan MCM ini dikenal memiliki dua keuntungan bagi nasabahnya, yakni Fleksibel dan Aman. Dikatakan fleksibel sebab transaksinya dapat dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun.

Sedangkan dari segi keamanan, MCM Bank Mandiri telah dilengkapi dukungan otorisasi bertingkat dan enkripsi sistem, sehingga semua transaksi yang kamu lakukan akan terjaga keamanannya dengan baik.

(Baca Juga: Benarkah Pinjaman Dapat Meningkatkan Bisnis?)
Bermacam Fitur Unggulan dari Mandiri Cash Management

Kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management bisa dikatakan sebagai salah satu langkah bijak untuk mengontrol arus transaksi perusahaan.

Pasalnya, lewat layanan MCM ini, kamu bisa menikmati berbagai fitur unggulan yang khusus dibuat oleh Bank Mandiri, diantaranya:

1. Informasi Rekening dan Transaksi Perusahaan

Fitur pertama yang dapat dinikmati saat kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management adalah memonitoring secara komprehensif atas rekening dan transaksi perusahaan. Maksudnya, kamu dapat melihat keseluruhan informasi saldo rekening dan real-time mutasi rekening, yang mana informasinya dapat diunduh dalam bentuk PDF, Excel ataupun Word.

Selain itu, layanan Mandiri Cash Management ini pun memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi giro maupun tabungan dengan menggunakan mata uang Indonesia atau mata uang lainnya, sekaligus mencetak rekening koran atau statement elektronik standar untuk rekening perusahaan yang terdaftar.

2. Pengaturan Transfer ke Luar

Ketika menggunakan Mandiri Cash Management, kamu akan diberikan akses untuk melakukan segala aktivitas transfer ke luar, termasuk pula pemindahbukuan antar rekening Bank Mandiri atau lebih dikenal Inhouse Transfer, transfer ke rekening bank domestik lainnya menggunakan IDR, serta transfer ke bank lain baik dalam negeri ataupun luar negeri dengan valuta asing.

Unggulnya lagi, proses transfernya pun bisa ditentukan sendiri oleh nasabah. Mulai dari immediate untuk segera melakukan pembayaran, standing instruction untuk menunggu persetujuan, hingga recurring transaction untuk melakukan transaksi berulang. 

Guna menambah kenyamanan nasabah saat akan melakukan transaksi berulang, MCM Bank Mandiri juga dilengkapi dengan Template atau predefined beneficiary list, yang mana transaksinya bisa digunakan dengan dua metode, yakni single transaction atau mass transaction.

3. Pembayaran Tagihan

Lewat Mandiri Cash Management, nasabah dapat mengakses transfer dan kepada pegawai (payroll), rekanan atau pihak ketiga di bank mandiri maupun bank lain (kliring, internasional transfer, dan online), pembayaran kewajiban pajak, serta tagihan utilitas dan tagihan lainnya dengan menggunakan metode single maupun bulk transfer.

4. Pengaturan Tagihan

Pada layanan ini, kamu juga akan dibantu untuk mengoptimalkan tata kelola piutang perusahaan dengan kehadiran dua fitur, yaitu bill payment untuk akses pengaturan pembayaran tagihan dan auto debet untuk penagihan piutang secara massal.

Selain itu, tersedia pula fitur cash pooling (pemusatan dana), cash distribution (pengalokasian dana), dan range balance (penjagaan posisi dana) guna memudahkan kamu sebagai nasabah untuk mengakses pengaturan likuiditas dana perusahaan.

5. Monitoring Transaksi

Fitur selanjutnya yang tak kalah penting saat kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management adalah monitoring transaksi. Di mana kamu sebagai pemegang rekening bisnis dapat mengontrol sekaligus melakukan pengawasan terhadap seluruh aktivitas transaksi secara maksimal.

Terdapat pula sistem multi user dan dual control pada Mandiri Cash Management untuk pelaksanaan operasional transaksi dan pengelolaan ID perusahaan. Masing-masing sistem memiliki keunggulan, yang mana akan dibahas lebih detail pada poin di bawah ini.

(Baca Juga: 5 Tips Bisnis Saat Gagal Mudik Agar Tetap Ada Pemasukan)
Perbedaan Sistem dengan Prinsip Multi User dan Dual Control
  • Multi User

Maksud dari sistem multi user dalam kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management adalah pengguna transaksi. Pengguna transaksi ini dikategorikan menjadi tiga individu yang biasanya dikenal sebagai Maker, Approver, dan Releaser. Ketiganya memiliki tugas yang berbeda.

Untuk Maker, pengguna ditugaskan sebagai penggagas transaksi di sistem dengan memasukkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam suatu transaksi. Seorang Maker tidak serta merta meloloskan tiap transaksi yang ia gagas, sebab dibutuhkan proses pemeriksaan dan persetujuan.

Proses pemeriksaan dan persetujuan ini dilakukan oleh seorang Approver. Setelah itu, barulah pihak Releaser bertindak, yang mana ia akan melakukan pengiriman transaksi sesaat setelah di approve ke dalam sistem.

  • Dual Control

Selain ketiga pengguna transaksi tersebut, layanan Mandiri Cash Management juga menggunakan prinsip dual control yang tentu saja menguntungkan nasabah karena kegiatan transaksi perusahaan dapat dikontrol antar pengguna.

Dari segi pengelolaan ID, kamu dapat menunjuk dua pengguna yang tugasnya mengatur seluruh kegiatan non-finansial, kedua pengguna ini biasa dikenal dengan istilah Sysadmin1 dan Sysadmin2.

Sysadmin1 bertugas sebagai pengelola utama dengan mendapatkan akses penuh saat melakukan pengaturan struktur pengguna, struktur akun, akses menu, serta skema prosedut persetujuan transaksi sekaligus pengaturan limit.

Sementara Sysadmin2, ditugaskan sebagai admin dual control untuk sysadmin1, yang amna ia harus selalu mengambil tindakan persetujuan untuk tiap perubahan pengaturan internal ID Mandiri Cash Management yang dilakukan oleh sysadmin1.

Syarat dan Cara Kelola Keuangan Bisnis dengan Mandiri Cash Management

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, layanan Mandiri Cash Management ini termasuk layanan eksklusif, di mana nasabah dengan kepemilikan rekening bisnis saja yang dapat menggunakannya.

Untuk itu, jika kamu tertarik memiliki Mandiri Cash Management, maka penuhi syarat dan cara penggunaan layanan tersebut, berikut ini.

  • Mengisi form Mandiri Cash Management atas nama perusahaan dan pastikan perusahaan telah terdaftar sebagai salah satu nasabah giro Bank Mandiri.
  • Masuk ke laman resmi Mandiri Cash Management.
  • Login dengan ID perusahaan, nama pengguna, dan kata sandi dari admin perusahaan. Kemudian klik ‘login’, maka kamu telah resmi mendaftarkan perusahaan ke dalam layanan Mandiri Cash Management.

Nah itulah informasi mengenai kelola keuangan bisnis dengan Mandiri Cash Management. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan bisnis hingga memilih produk finansial yang tepat, salah satunya adalah kartu kredit, langsung saja kepoin laman utama CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau