Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Keluarga Muda, Pilih MPV atau Mobil Sedan?

by Surtan Siahaan on 20 April, 2016

mobil mpv vs mobil sedan _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Bila kamu memiliki keluarga kecil, memilih mobil pertama ternyata sama sulitnya dengan mengumpulkan uang untuk membelinya. Maklum, saat ini terdapat banyak sekali merek dan tipe mobil.

Meskipun berdasarkan jumlah pembelian, low MPV dan sedan merupakan dua jenis mobil yang paling laris di pasaran, untuk memudahkan pilihan, sebaiknya kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk membantu kamu menentukan pilihan, sebelum membeli mobil berikut ini kelebihan dan kekuarangan mobil MPV dan sedan yang wajib kamu ketahui:

MPV

Honda Mobilio - CekAja.com

 

Bila punya keluarga besar

Saat ini kamu memang baru memiliki satu orang anak. Tetapi, lihat dulu apakah dalam satu atau dua tahun ke depan, kamu berencana menambah anggota keluarga? Bila iya, ruang yang luas harus menjadi syarat bagi mobil pilihanmu. Nah, dibandingkan sedan yang ruangnya terbatas, MPV jelas lebih sesuai dengan kriteriamu. Mobil jenis ini bisa menampung 7 penumpang atau barang bawaan yang banyak.

(Baca juga: Tips Agar Pesta Pernikahan Lebih Hemat dan Tidak Berantakan)

Berencana mudik atau liburan

Ini penting lho karena Lebaran sudah tinggal tiga bulan lagi. Jika kamu berencana mudik menggunakan mobil baru, sekali lagi harus mempertimbangkan faktor ruang. Karena, barang bawaan saat mudik sudah pasti banyak.  Belum lagi, kendaraanmu ini pasti akan digunakan sebagai transportasi keluarga di kampung halaman, entah untuk salat Ied atau malah jalan-jalan bersama keluarga besar.

Ingin hemat bahan bakar dan biaya servis

Salah satu alasan kenapa mobil MPV diminati masyarakat Indonesia adalah harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, biaya bahan bakar juga lebih murah karena MPV dikenal sebagai kendaraan yang irit. Sementara, suku cadang mobil jenis ini juga lebih murah dibandingkan kendaraan seperti sedan.

Tinggal di kawasan banjir

Bagi kamu yang tinggal di kota seperti Jakarta, banjir adalah peristiwa yang sering terjadi di musim hujan. Nah, keuntungan mengendarai MPV adalah postur mobil yang lebih tinggi sehingga aman saat menerjang banjir. Lain halnya jika mobil kamu sedan, sudah pasti mesin akan rusak bila ngotot melewati jalanan yang terendam banjir.

Sedan

beli mobil - CekAja

Cari kenyamanan

Jika dibandingkan dengan MPV, sedan memang jauh lebih nyaman dari sisi interior maupun performa kendaraan. Jika ingin kendaraan yang punya dapur pacu lebih besar, namun halus saat dikendarai, kamu harus membeli sedan. Meski kapasitasnya tidak sebesar MPV, namun, mobil jenis ini punya ruang yang cukup bagi keluarga kecil.

Model lebih keren

Untuk urusan penampilan, sedan memang jauh lebih keren dibandingkan MPV. Mengendarai sedan juga memiliki prestis tersendiri. Apalagi, jumlah pengendara sedan lebih sedikit dibandingkan mobil jenis MPV.

(Baca juga: Kartu Keanggotaan Belanja, Sebaiknya Punya atau Tidak?)

Uang DP lebih banyak

Apa alasan peminat MPV lebih banyak dibandingkan sedan? Salah satunya adalah harga sedan yang jauh lebih mahal dibandingkan MPV. Kenapa sedan lebih mahal, tidak lain karena pajak sedan lebih tinggi dibandingkan MPV. Nah, bila kamu ingin membeli mobil secara kredit, tentunya harus mempertimbangkan uang muka alias DP. Bila memilih sedan, otomatis harus menyediakan DP lebih banyak.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami