Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kembalikan Berat Badan Usai Lebaran Yuk!

by Teti Purwanti on 10 Juni, 2019

Setelah sebulan berpuasa, banyak orang justru naik berat badannya  ketika Lebaran. Hal itu, tidak terlepas dari banyaknya makanan enak dan juga kue-kue lebaran yang akan menggoda kamu.

Meski begitu, adalah loh yang bisa kamu lakukan agar berat badan kamu terjaga usai Lebaran. Berikut yang bisa kamu lakukan.

1. Perbanyak air putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat. Bahkan semenjak berpuasa kita sudah dianjurkan untuk banyak meminum air putih, agar badan tetap sehat dan tidak dehidrasi.

Sementara itu, banyaknya air putih usai saat Hari Raya Idul Fitri akan membantu tubuh mengeluarkan berbagai zat tidak penting dari tubuh melalui urine maupun keringat. Konsumsi air putih sebanyak mungkin agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Air putih yang cukup juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan melembabkan kulit.

Kalau selama Lebaran kamu banyak disuguhkan minuman yang banyak mengandung gula, ada baiknya kamu meminimalisasi minuman tersebut. Pilihlah air putih dibandingkan minuman lain, termasuk juga kopi instan yang banyak mengandung gula.

(Baca juga: 6 Profesi di Indonesia yang Jarang Mudik Lebaran)
2. Kembali ke rutinitas olah raga

Kalau selama Ramadan rutinitas olah raga kamu sempat terhenti bukan berarti hal itu akan berlanjut setelah Lebaran usai. Namun, usai sebulan kamu libur berolah raga jangan langsung lakukan olah raga secara ekstrem yang akan membuat tubuh kamu kaget.

Kamu bisa melakukan olah raga tingan namun rutin. Misalnya, kamu bisa kembali melakukan lari pagi atau treadmill selama 30 menit setiap harinya agar lemak dalam tubuh kamu menghilang. Treadmill juga membantu menguatkan dan membentuk kaki menjadi lebih indah.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan skipping agar bisa cepat membakar lemak dan menurunkan berat badan. Bahkan skipping bisa membakar lemak lebih banyak dibandingkan treadmill ataupun lari pagi. Lakukan skipping dengan tambahan waktu di setiap sesinya agar lebih cepat mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

3. Perbanyak sayur dan buah

Apalagi pada 1 Syawal, hampir tidak ada satu jenis sayur pun di rumah kamu. Hidangan di meja makan tentu akan didominasi dengan lemak dan santen.

Karena itu, usahakan mengonsumsi buah, jus buah, atau juga jus sayur hijau agar kebutuhan serat tetap terpenuhi. Padahal, sayur dan buah mengandung serat tinggi akan membantu proses pencernaan sehingga tubuh lebih mudah melakukan metabolisme.

Selain itu, gantilah cemilan kue kering dengan buah atau sayur dan salad. Kalau kamu lebih suka dalam bentuk cairan atau jus, kamu juga bisa mengganti jus tersebut bukan hanya buah, namun juga sayuran hijau yang juga tengah ngetren saat ini.

Saat ini, banyak orang yang percaya kalau jus hijau bisa menjadi detoks bagi tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, tidak ada batasan soal berapa banyak yang bisa dikonsumsi soal meminum jus.

Namun, kalau kamu memang tengah diet dengan jus hijau, kamu bisa meminum hingga empat kali dalam sehari jus hijau agar perut kenyang.

Selain dapat menurunkan berat badan, jus hijau juga dapat membuat badan lebih sehat dan segar dalam beraktivitas. Untuk pemula, campurlah sayuran dengan buah-buahan kesukaanmu.

4. Kurangi kue Lebaran

Selain hidangan utama yang tentu saja enaknya tidak perlu diragukan lagi, kue lebaran adalah godaan terbesar kala Lebaran yang akan membuat berat badan kamu membengkak.

Apalagi biasanya kue Lebaran masih akan ada di rumah hingga sebulan ke depan. Oleh karena itu, tertibkan diri kamu hanya akan mengonsumsi kue-kue tersebut tepat di hari raya.

Namun, sesudahnya kamu akan kembali ke makanan sehat bahkan termasuk mengurangi karbohidrat yang banyak terkandung di nasi, pasta, dan roti-rotian.

(Baca juga: 5 Penjual Makanan yang Selalu Kebanjiran Pembeli Saat Lebaran)
5. Yoghurt dan air lemon

Lemak dan kolesterol jahat banyak terkandung di makan yang disajikan di hari raya. Karena itu, kamu butuh pembersih saluran pencernaan.

Salah satu yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga usus kamu adalah dengan yoghurt yang memiliki kandungan bakteri baik, yang mampu membersihkan saluran pencernaan dari berbagai macam bakteri jahat yang dapat mengganggu proses pencernaan.

Konsumsi yoghurt dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain yoghurt kamu juga bisa membantu tubuh kamu lebih sehat dengan segelas air dengan irisan lemon dapat membantu dalam detoks dan penurunan berat badan.

Air lemon memiliki serat pektin yang secara alami dapat mengurangi rasa lapar sehingga dapat mencegah kamu untuk makan secara berlebihan. Selain itu, kadar vitamin c yang tinggi pada lemon dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

Selamat mencoba yah, semoga usai hari raya kali ini kamu bisa lebih sehat. Lengkapi juga dirimu dan keluarga dengan asuransi kesehatan, agar proses hidup menjadi lebih nyaman. 

Akses CekAja.com dan temukan produk asuransi yang cocok untukmu. 

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.