Kena PHK Akibat Corona? Buruan Daftar Program Kartu Prakerja, Begini Caranya

Kondisi bisnis yang lesu akibat merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat beberapa perusahaan melakukan efisiensi. Caranya beragam, mulai dari mengurangi jam operasional toko dan kantor cabang, memangkas gaji manajemen hingga pegawai, sampai merumahkan karyawannya alias PHK.

Cara Daftar Program Kartu Prakerja

Kalau kebetulan perusahaan tempat kamu bekerja mengambil kebijakan yang terakhir, dan kamu menjadi salah satu karyawan yang di-PHK, buruan daftar program kartu Prakerja yang disiapkan oleh pemerintah.

Laman setkab.go.id, yang dikelola Sekretariat Kabinet Republik Indonesia menjelaskan, Komite Cipta Kerja telah mempersiapkan Program Kartu Prakerja bagi para pencari kerja dan pekerja formal/informal yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi Virus Korona (Covid-19).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), penerima manfaat Program Kartu Prakerja telah disesuaikan. Tak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda, namun juga mereka yang terkena dampak langsung dari kejadian luar biasa Covid-19.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Covid-19.

“Re-focusing target penerima meliputi pekerja korban PHK dan pekerja yang dirumahkan (unpaid leave), baik pekerja sektor formal, informal, maupun UKM,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam surat nomor S-80/M.EKON/03/2020 tertanggal 29 Maret 2020 yang dikirimkannya kepada Gubernur DKI Jakarta.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, begini cara mendaftar program kartu Prakerja, berikut sejumlah fakta dan data diseputarnya. Cek yuk:

1. Daftar lewat www.prakerja.go.id, mulai minggu kedua April 2020

“Pekerja formal maupun informal yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan diri di laman resmi www.prakerja.go.id, mulai minggu kedua April 2020,” ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari.

Informasi yang CekAja kutip dari akun Instagram Disnakertrans DKI Jakarta menyebutkan, bahwa para calon peserta diminta untuk bisa mengisi data lengkap dan valid melalui link di bawah ini, paling lambat 4 April 2020:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSddaiAsdTFuRXh8PVBUaYvYXc2IKmto5vRcqlOHcWT4ZU5EWA/viewform

Data tersebut akan dihimpun oleh Disnakertrans DKI Jakarta untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku pelaksana program.

2. Siapa saja yang bisa daftar?

Seperti disebutkan sebelumnya, target peserta program Kartu Prakerja ini diprioritaskan kepada para pekerja yang terkena PHK baik sektor formal maupun informal:

  • Pekerja di mal/toko/restaurant
  • Pekerja di pasar atau pedagang kaki lima
  • Pekerja transportasi online/taksi, dan
  • Pekerja sektor konstruksi yang banyak diisi oleh buruh harian, dan sektor lainnya yang terdampak Corona.

3. Anggaran dan nominal bantuan

Menko Airlangga menyebutkan pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja tahun ini. Sementara jumlah peserta ditetapkan sebanyak 5,6 juta orang.

Setiap peserta akan menerima besaran bantuan pelatihan dan insentif sebesar Rp3.550.000. Apabila dirinci, manfaat Program Kartu Prakerja di 2020 yakni sebesar Rp3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan (untuk 4 bulan), serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50 ribu per survei untuk 3 kali survei atau total Rp150 ribu per peserta.

“Kami berharap program ini dapat membantu daya beli para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan atau kehilangan mata pencaharian,” jelas Airlangga.

4. Ketentuan mengikuti program

Setiap peserta hanya dapat mengikuti program sebanyak 1 (satu) kali. Insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan.

5. Jenis pelatihan

Beberapa jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Covid-19 adalah yang berbasis daring (online).

Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

Semoga informasi tersebut bermanfaat buat kamu, teman, tetangga, atau saudara-saudara lainnya yang membutuhkan ya.

Bagi kamu yang memerlukan bantuan modal usaha, bisa memanfaatkan pinjaman mikro Tunaiku, dari Amarbank. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan lewat CekAja.com sekarang juga.