Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Kenali Sifat 12 Zodiak Lengkap Beserta Ulasan Terbaru 2020

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 Desember, 2019

Seperti yang kita tahu, bahwa zodiak merupakan sebuah ramalan yang merujuk pada rasi-rasi bintang, yang dibagi menjadi 12 zodiak. Setiap zodiak atau bintang yang dimiliki seseorang, tentunya memiliki ciri khas tersendiri hingga lambang yang berbeda-beda.

Nah, dalam kehidupan ini, mungkin mengenali sifat atau karakter diri sendiri lewat zodiak adalah hal yang penting, sehingga kamu perlu mengetahui sifat 12 zodiak lengkap dan terbaru, agar kamu bisa mengembangkan diri dengan baik di masa mendatang.

Pasalnya, sifat atau karakter yang dimiliki seseorang bisa mencakup hal yang positif hingga negatif. Bahkan, hal tersebut mungkin bisa saja akan memengaruhi karier dan hal lainnya di dalam kehidupanmu. Sehingga, jika kamu mengenali karaktermu dari sifat 12 zodiak lengkap ini, mungkin kamu bisa lebih mudah dalam menentukan arah hidupmu sesuai sifat atau karakter diri.

Meski, tidak semua orang percaya akan ramalan dari sifat 12 zodiak lengkap ini, namun mungkin kamu bisa melihat dari sisi positifnya saja, dan ambil makna bahwa sifat yang kamu miliki bisa membawamu ke hal yang lebih baik di masa depan.

Sebagai contoh, misalnya kamu mengetahui bahwa sifat yang kamu miliki sesuai zodiak adalah seseorang yang pemalu atau menutup diri (introvert). Dengan begitu, kamu bisa mengarahkan dirimu dalam memilih karir atau pekerjaan, yang mungkin sesuai dengan sifatmu yakni seorang yang introvert, seperti menjadi pelukis, penulis, pekerja laboratorium dan lain-lain.

Sifat 12 Zodiak Lengkap

Nah, dari pada nebak-nebak sifat dan karakter seseorang dari 12 zodiak, lebih baik simak ulasan sifat 12 zodiak lengkap dan terbaru 2020 berikut ini:

1. Sifat Zodiak Capricorn (21 Desember – 19 Januari)

Lambang: Kambing
Elemen: Tanah
Planet Saturnus
Batu: Onyx, Amber
Mineral: Timah
Warna: Cokelat
Angka Keberuntungan: 1, 12, 19, 25, 37, 46
Aroma Kebertuntungan: Madu-maduan, Tulip
Bunga Keberutungan: Lumut, Tumbuhan Ivy

Dari sifat 12 zodiak lengkap, zodiak yang ada diurutan pertama adalah zodiak Capricorn. Zodiak yang melambangkan kambing amaltheus ini merupakan zodiak yang sangat mengutakan kesuksesan, terutama soal pekerjaan atau karir.

Sehingga, ia pun sangat ambisius dalam mencapai hal yang diinginkan, hingga ia harus mengeluarkan semua kebijaksanaan dalam bekerja, tak melepas tanggung jawab, dan keseriusan dalam belajar.

Namun, dibalik kegigihannya yang merupakan sifat baik dari Capricorn, ia juga memiliki sifat yang buruk, yakni suka memandang negatif.

Beberapa sifat negatif Capricorn adalah mereka selalu terpaksa, membebani, takut untuk menghadapi rintangan dan hambatan, kurang adanya rasa simpati, terlalu khawatir, dan memiliki pemikiran yang umumnya sempit.

2. Sifat Zodiak Aquarius (20 Januari-18 Februari)

Lambang: Pembawa Air
Elemen: Udara
Planet: Uranus
Batu: Amethyst
Mineral: Uranium
Warna: Biru Langit
Nomor Keberuntungan: 8, 14, 29, 35, 40, 47
Aroma Keberuntungan: Lavender, Lemon, Kayu Pinus
Bunga keberuntungan: Bunga Narsis, Bunga Pansy

Melambangkan gelombang air yang memiliki alur, pemilik salah satu sifat 12 zodiak lengkap yakni Aquarius ini ternyata sangat tertarik dengan dunia petualangan. Mereka pun sangat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berjiwa kemanusiaan, gerak cepat, progesif, hingga mampu memberikan manfaat untuk orang yang ada disekitarnya.

Akan tetapi, ternyata ada juga sifat yang membuat Aquarius menjadi seseorang yang tak mengasyikkan, yakni karena memiliki sifat buruk seperti suka membantah, pemberontak, tidak konsisten, tidak bisa diharapkan, malas berpikir. Namun, meski begitu Aquarius termasuk dalam golongan zodiak yang stabil dan memiliki ketahanan yang cukup baik.

3. Sifat Zodiak Pisces (19 Februari-20 Maret)

Lambang: Dua Ekor Ikan
Elemen: Air
Planet: Neptunus
Batu: Giok dan Zambrud
Mineral: Timah
Warna: Biru Laut
Nomor Keberuntungan: 9, 13, 27, 32, 39, 45
Aroma Keberuntungan: Apel, Melati, Lily, Vanilla
Bunga Keberuntungan: Sedap Malam. teratai, Lily

Pisces merupakan salah satu dari 12 sifat zodiak lengkap yang akan dibahas selanjutnya. Secara umum, Pisces merupakan zodiak yang memiliki sifat manja dan penuh dengan cinta. Mereka selelu memperlihatkan kepercayaan, kesepahaman, puitis, penyuka musik, setia, penghibur, dan pantang menyerah.

Namun, Pisces ternyata juga memiliki sifat yang membuatnya menjadi merasa bingung, sering merasa bersalah, mudah kecewa, khawatir yang berlebih, risau, hingga mudah menjadi sasaran penipuan. Sifat yang kadang mudah mengalami perubahan dari kebalikan baik dan buruk, membuat Pisces masuk dalam kategori variabel, sehingga zodiak ini bisa dibilang fleksibel.

4. Sifat Zodiak Aries (21 Maret-20 April)

Lambang: Domba
Elemen: Api
Planet: Mars
Batu: Amethyst, Berlian
Mineral: Metal
Warna: Merah
Nomor Keberuntungan: 2, 5, 11, 34, 47
Aroma Keberuntungan: Lada Hitam, Cengkeh, Ketumbar, Kemenyan, Jahe
Bunga Keberuntungan: Bunga Daisy

Ulasan selanjutnya adalah Aries, dimana dari sifat 12 zodiak lengkap ini, Aries dikenal sebagai seseorang yang melambangkan keberanian. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki keyakinan diri yang tinggi, inisiatif, mengutamakan tindakan, memiliki pertahanan diri, pejuang, dan pecinta juga.

(Baca juga: Karakter Zodiak Aries dan 5 Pekerjaan yang Cocok Untuknya)

Namun, ada kalanya Aries juga memiliki sifat yang negatif yakni seperti terlalu pemikir, agak kasar, sombong, agresif, melakukan pekerjaan yang tidak diselesaikan dengan sempurna, hingga memiliki kelemahan. Di sini, zodiak Aries termasuk dalam kategori kardinal, atau yang dimaksud zodiak yang aktif.

5. Sifat Zodiak Taurus (21 April-20 Mei)

Lambang: Sapi
Elemen: Tanah
Planet: Venus
Batu: Emerald
Mineral: Tembaga
Warna: Hijau
Nomor Keberuntungan: 12, 19, 23, 33, 39, 41
Aroma Keberuntungan: Aroma Madu, Mawar, Lily, Kayu Oak
Bunga Keberuntungan: Bunga Daisy, Violet

Dari sifat 12 zodiak lengkap, Taurus adalah zodiak yang akan dibahas selanjutnya. Sifat umum Taurus adalah sangat mengutamakan kekayaannya, sehingga ia pun gemar berpelesiran, memiliki rasa loyalitas yang tinggi, murah rezeki, hingga memiliki rasa ketabahan yang besar.

Meski demikian, ada kalanya Taurus juga bersikap terlalu mengekang, keras hati, dan sering terjebak dalam pikiran yang buntu. Mungkin hal tersebut masuk dalam sifat buruk dari Taurus, sehingga zodiak ini termasuk dalam kategori tetap atau bisa juga stabil, dalam urusan ketabahan, daya tahan, hingga kesempurnaan.

6. Sifat Zodiak Gemini (21 Mei-20 Juni)

Lambang: Anak Kembar
Elemen: Udara
Planet: Merkuri
Batu: Agate (akik)
Mineral: Air Raksa
Warna: Kuning
Nomor Keberuntungan: 4, 11, 26, 31, 38, 49
Aroma Keberuntungan: Bunga Lavender, Bunga Lily, Peppermint
Bunga Keberuntungan: Bunga Lily, Pakis

Bagi kamu yang lahir di antara tanggal tersebut, berarti kamu bisa dikatakan bernaung di bawah zodiak Gemini. Dari sifat 12 zodiak lengkap, Gemini condong memiliki sifat yang aktif, dimana ia sangat terampil dalam hal berkomunikasi, cerdas, multi talenta, senang bepergian, hingga mudah akrab dengan orang lain.

Namun, jika dilihat dari sifat buruknya, Gemini juga kerap menjadi seseorang yang suka bersikap kekanak-kanakan, bermuka dua, gugup, berbicara omong kosong, suka berpura-pura, hingga bersikap hanya sekejap saja. Untuk kategori, Gemini masuk dalam zodiak yang variabel, karena ia termasuk orang yang kreatif meski tidak terlalu praktis.

7. Sifat Zodiak Cancer (21 Juni-20 Juli)

Lambang: Kepiting
Elemen: Air
Planet: Bulan
Batu: Mutiara, Opal
Mineral: Perak
Warna: Putih, Kuning
Nomor Keberuntungan: 5, 7, 16, 23, 28, 41
Aroma Keberuntungan: Bunga Melati, Lemon, Mawar, Lily, Kismis
Bunga Keberuntungan: Bunga Lily, Mawar Putih

Dari sifat 12 zodiak lengkap, Cancer merupakan salah satu zodiak yang memiliki sifat baik berupa keramahan, rasa simpati yang tinggi, pelindung yang baik, senang dengan kehidupan rumah tangga, memiliki rasa kesabaran yang besar, jujur, dan cerdas.

Namun, Cancer juga memiliki sifat buruk, di antaranya adalah suka bersikap kekanak-kanakan, suka berpura-pura, terlalu memaksakan sesuatu, hingga tidak suka dengan hal-hal yang berbau perpisahan. Cancer juga masuk dalam kategori kardinal, yakni sebagai zodiak yang aktif. Karena di sini, Cancer dianggap baik untuk memulai seiap proyek baru.

8. Sifat Zodiak Leo (21 Juli-21 Agustus)

Lambang: Singa
Elemen: Api
Planet: Matahari
Batu: Ruby
Mineral: Emas
Warna: Oranye
Nomor Keberuntungan: 6, 14, 19, 26, 39, 42
Aroma Keberuntungan: Jahe, Jeruk Nipis, Jeruk, Rempah-rempah
Bunga Keberuntungan: Bunga Matahari, Mawar Merah, Bunga Apiun

Melambangkan singa, Leo bisa dibilang merupakan zodiak yang memiliki sifat yang amat menonjol dari 12 sifat zodiak lengkap. Seperti lambangnya, Leo sangat menggambarkan kemegahan, kepemimpinan, murah hati, penuh cinta, ramah, memiliki aura kagungan, keberanian, hingga berbakat dalam hal menghibur.

(Baca juga: Karakter Zodiak Cancer dan Ramalan 2020)

Namun, dibalik itu, Leo ternyata juga memiliki beberapa sifat buruk. Mulai dari suka memperlihatkan kekuasaan, mengejar kemewahan, memiliki ego yang tinggi, banyak bicara, hingga suka pamer. Untuk kategori, Leo masuk kualifikasi tetap, di mana ia akan baik untuk memastikan sesuatu berjalan dengan lancar atau berhasil.

9. Sifat Zodiak Virgo (22 Agustus-22 September)

Lambang: Putri Cantik
Elemen: Tanah
Planet: Merkurius
Batu: Safir
Mineral: Air Raksa
Warna: Biru
Nomor Keberuntungan: 4, 7, 16, 25, 31, 43
Aroma Keberuntungan: Kayu Oak, Lemon, Madu, Pohon Saru, Adas
Bunga Keberuntungan: Bunga Lavender, Bunga Azalea

Dari sifat 12 zodiak lengkap, salah satunya ada zodiak Virgo. Zodiak yang mengutamakan kesehatan, Virgo juga sangat berkonsentrasi dan disiplin. Tidak hanya itu, Virgo juga suka bekerja, selalu ingin memberikan hasil kerja yang sempurna, praktis, siap melayani, hingga komperehensif.

Namun, Virgo juga memiliki beberapa sifat buruk lho, yakni sering merasa khawatir yang berlebih, cerewet, suka mengkritik, berpandangan sempit, suka mengeluh, hingga tidak mudah mengaku kalah. Selain itu, Virgo juga termasuk dalam kategori zodiak yang variabel, di mana Virgo merupakan zodiak yang kreatif.

10. Sifat Zodiak Libra (23 September-22 Oktober)

Lambang: Timbangan (Neraca)
Elemen: Udara
Planet: Venus
Batu: Berlian
Mineral: Tembaga
Warna: Hijau
Nomor Keberuntungan: 8, 17, 22, 35, 39, 44
Aroma Keberuntungan: Peppermint, Kayu Pinus, Vanilla
Bunga Keberuntungan: Bunga Violet

Zodiak berlambang neraca ini ternyata memiliki sifat yang mengutamakan kesetaraan. Ciri khasnya, Libra dikenal seimbang, aliansi, diplomasi, suka membantu, selalu merasa ceria, sangat baik sebagai pasangan yang ideal, karena menyukai keadilan.

Namun, ada kalanya sifat Libra sangat berbalik. Di mana Libra suka berpura-pura, tidak jujur, menyampaikan tujuan yang kurang tegas, atau tindakan kurang seimbang. Selain itu, Libra juga termasuk dalam kategori kardinal.

11. Sifat Zodiak Scorpio (23 Oktober-22 November)

Lambang: Kalajengking
Elemen: Air
Planet: Mars
Batu: Topaz, Opal
Mineral: Besi
Warna: Ungu
Nomor Keberuntungan: 2, 9, 16, 27, 32, 47
Aroma Keberuntungan: Lada Hitam, Kopi, Kayu Pinus, Bunga Sedap Malam
Bunga Keberuntungan: Tumbuh-tumbuhan yang berduri

Dalam membahas sifat 12 zodiak lengkap, Scorpio tentunya juga memiliki sifat yang sangat berciri khas. Zodiak yang melambangkan kalajengking ini disebut memiliki sifat yang sangat dekat kaitannya dengan kreativitas. Tidak hanya itu, Scorpio juga memiliki keinginan yang kuat, kemewahan, punya stamina serta daya sensual yang tinggi, hingga memiliki bakat menyembuhkan.

Meski begitu, Scorpio juga ternyata mudah sekali cemburu, suka membinasakan diri, hingga fanatik. Untuk kategori, Scorpio masuk dalam kategori tetap, yakni termasuk zodiak yang stabilitas, ketabahan, ketahanan, dan kesempurnaan.

12. Sifat Zodiak Sagitarius (23 November-20 Desember)

Lambang: Manusia Berbadan Kuda
Elemen: Api
Planet: Jupiter
Batu: Topaz
Mineral: Timah
Warna: Hijau Turquoise
Nomor Keberuntungan: 1, 12, 19, 25, 37, 46
Aroma Keberuntungan: Lemon, Kayu Oak, Bunga Pala, Bunga Rosemary. Cengkeh
Bunga Keberuntungan: Bunga Melati, Bunga Anyer

Sifat 12 zodiak lengkap yang terakhir adalah zodiak Sagitarius. Di mana zodiak ini mengutamakan peminatan terhadap belajar. Selain itu, Sagitarius juga merupakan zodiak yang optimis, memiliki pemahaman diri yang baik, mempunyai cita-cita dan impian yang tinggi, bijaksana, senang bereksplorasi.

Untuk sifat lainnya yang dinilai merupakan sifat buruk, di antaranya adalah Sagitarius termasuk pribadi yang lalai, tidak mematuhi hukum, memiliki kegelisahan yang besar, tidak jujur dan cenderung tidak bertanggung jawab. Sagitarius juga masuk dalam kategori variabel, karena mereka mudah mengalami daya perubahan, daya adaptasi dan daya keseimbangan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk