Kenali Tips Memilih Asuransi yang Tepat Sebelum Mengajukannya!

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Tidak dipungkiri, saat ini orang semakin sadar mengenai pentingnya asuransi. Baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Bahkan, saat ini milenial, sebagai yang paling banyak jumlahnya juga mulai sadar untuk melindungi dirinya. Berikut tips memilih asuransi yang tepat!

Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Sesuaikan Kemampuan Keuangan

Milenial dikenal sebagai kaum yang boros dan mementing gaya hidup yang tinggi, oleh karena itu pastikan total pembayaran yang dikenakan pihak asuransi allianz premi yang diambil yang masih sesuai kemampuan.

Untuk tips memilih asuransi yang tepat yang pertama adalah pilihlah asuransi yang terjangkau agar bisa memproteksi diri, pastikan pula mengenai desain produk asuransi tersebut. Milenial bisa memilih asuransi yang memang dikhususkan untuk kalangannya. Asuransi yang bisa diakses melalui digital secara online pun bisa menjadi pilihan milenial untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih.

Selain itu, premi ini bisa dibayar rutin dalam waktu yang berkala, bisa setiap bulan, tiga bulan, enam bulan, dan tahunan. Pilihlah pembayaran premi sesuai waktu yang bisa kamu sesuaikan pula dengan keuangan kamu. Meski begitu, jangan ambil waktu yang panjang tapi kamu tidak bisa mencicil dalam jumlah yang besar.

Lebih baik ambil waktu setiap bulan dan dalam jumlah yang bisa dijangkau. Mudahnya, kamu bisa membuat jatuh tempo yang dekat dengan tanggal gajian, usai gajian kamu langsung membayar premi asuransi dahulu, sebelum kebutuhan yang lain.

Sesuaikan Kebutuhan

Milenial apalagi yang belum menikah kebutuhannya tentu berbeda dengan mereka yang sudah berkeluarga. Biasanya kebutuhannya untuk melindungi kesehatan atau jiwa. Oleh karena itu pilihan jenis asuransi yang paling kamu butuhkan, jangan cuma ikut-ikutan. Cobalah kenali diri kamu tentang kebutuhan apa yang saat ini paling penting untuk diproteksi.

Meski begitu, kalau kamu merasa butuh lebih dari satu proteksi juga sangat memungkinkan. Pasalnya, saat ini banyak program bundling yang lebih menguntungkan. Namun, pastikan pula hal ini masih pas di kantong agar tidak terjadi gagal bayar.

Selain itu, semakin muda memiliki asuransi makan premi yang dibayar juga akan lebih murah dibandingkan saat usia yang sudah lebih tua. Premi asuransi bersifat flat selama masa kontrak, bersama dengan inflasi dan kebiasaan, lama kelamaan biaya ini makin lama akan terasa makin murah.

Asuransi Jiwa bagi Pemula

Bagi pemula seperti milenial yang ingin memiliki asuransi, asuransi jiwa adalah yang paling tepat. Apalagi asuransi memiliki banyak pilihan, misalnya asuransi jiwa berjangka atau yang dikenal dengan nama term life insurance. Asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu saja antara 5, 10, hingga 20 tahun lamanya dengan premi yang tetap.

Ada pula, asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance yang akan memberikan perlindungan seumur hidupmu atau maksimum 100 tahun. Kamu tentu akan sangat tenang dengan asuransi ini, namun premi yang dibayarkan tentu juga lebih tinggi dibanding asuransi jiwa berjangka.

Asuransi jiwa dwiguna memiliki dua manfaat bagi penggunanya, yaitu asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Jenis asuransi jiwa ini lebih banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya, akan ada uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dan adanya kemungkinan untuk menarik polis dalam jangka waktu tertentu sebelum masa kontrak selesai.

Asuransi jiwa unit link menawarkan asuransi dan investasi di dalamnya. Sayangnya,jumlah uang pertanggungannya tergolong paling rendah dibandingkan jenis lain. Asuransi ini sebenarnya tidak lazim, karena menggabungkan dengan investasi sehingga premi atau iuran asuransi terbilang mahal dibandingkan asuransi jiwa murni atau investasi murni.

Track Record Perusahaan Asuransi

Masalah yang tengah dihadapi salah satu perusahaan asuransi pelat merah tentu menyadarkan kita bahkan perusahaan milik pemerintah pun berisiko. Namun, bukan berarti semua lembaga asuransi memiliki track record yang buruk.

Lama berdiri dan barunya perusahaan juga tidak menjamin perusahaan tersebut bagus. Namun, perusahaan yang sudah lama berdiri membuat lebih mudah untuk mencari tahu rekam jejaknya.

Oleh karena itu, jangan cuma nama besar saja, coba perhatikan pengalaman dan track record perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut baru-baru ini mendapatkan penghargaan yang akan menjadi indikasi kalau perusahaan tersebut memiliki catatan yang bagus di mata masyarakat luas.

Lihat juga bagaimana pemberitaan tentang perusahaan asuransi tersebut, apakah di media massa perusahaan tersebut punya catatan buruk atau juga prestasi. Selain itu, perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki tingkat modal minimum berbasis risiko atau Risk Based Capital (RBC) yang sesuai ketentuan.

Utuk tips memilih asuransi yang tepat selanjutnya adalah pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki RBC tinggi di atas ketentuan minimal. Semakin besar rasio RBC, semakin sehat kondisi finansialnya. Setidaknya, RBC harus sebesar 120 persen. Meski sulit dipahami RDC ini penting untuk calon nasabah, dengan angka ini calon nasabah setidaknya dapat memperkirakan apakah perusahaan memang mampu memenuhi janji pembayaran atau klaim saat diperlukan.

Coba juga perhatikan premi yang ditawarkan, premi yang mahal tidak menjamin asuransi ini akan baik. Perusahaan yang baik justru menawarkan harga premi yang terjangkau dan berkualitas.

(Baca Juga: Ramai Kasus MeMiles, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong dan Cara Menghindarinya)

Rajin Membandingkan

Informasi saat ini bisa didapatkan dengan cara yang sangat mudah, oleh karena itu, untuk tips memilih asuransi yang tepat selanjutnya jangan malas untuk membandingkan asuransi yang satu dengan yang lainnya. Tentu saja setiap perusahaan akan menyebutkan kalau mereka menjadi penyedia yang terbaik, namun tentu sebagai calon pembeli kamu akan mencari yang terbaik di antara yang terbaik. Hal-hal yang bisa diperhitungkan untuk dibandingkan adalah segi premi, masa kontrak, uang pertanggungan, hingga manfaat yang didapat.

Ditambah lagi, cobalah juga mengecek bagaimana perusahaan asuransi memberikan pelayanan. Pilihlah perusahaan asuransi yang punya layanan pelanggan 24 jam sehingga nantinya bisa membantu kapan saja saat dibutuhkan, baik itu ketika ingin menanyakan informasi tertentu ataupun ketika ingin mengajukan klaim. Tak jarang ada perusahaan asuransi yang diblacklist oleh masyarakat karena pelayanan klaim yang diberikan sangat buruk.

Pilih Agen yang Jujur

Tentu saja agen asuransi akan menyebutkan semua kebaikan asuransi yang dijualnya. Namun, tidak banyak agen yang mau menyebutkan pula keburukan dan menyarankan kepada calon pembelinya yang terbaik bukan hanya soal produk.

Oleh karena itu, untuk tips memilih asuransi yang tepat adalah kenalilah agen tersebut apakah dirinya juga tidak menutupi keburukan produknya. Selain itu, pastikan pula agen tersebut memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Agen asuransi jiwa terbaik yang memiliki lisensi AAJI bisa bertanggungjawab membantumu ketika ada kendala administrasi atau kendala saat klaim.

Jujur dan Terbuka

Jujur dan terbuka harus dilakukan bukan hanya oleh agen, namun juga kamu sebagai calon pembeli asuransi. Kamu tentu tidak ingin terjadi masalah di kemudian hari karena tidak jujur dan terbuka. Pastikan kalau kamu sudah mengungkapkan semua hal yang harus diketahui pihak asuransi semua hal tentang diri kamu. Hal ini juga akan lebih memudahkan kelak saat ingin mengklaim karena hal buruk terjadi.

Teliti dalam Membaca Polis

Membaca polis memang menjadi sangat menjemukan, apalagi polis ini bisa berlembar-lembar, tidak heran kalau polis boleh dibawa pulang untuk dibaca lebih teliti dan tidak terburu-buru. Jangan segan untuk memberi tanda pada hal yang kurang dipahami dan tanyakan kepada agen.

Poin yang harus diperhatikan terutama bagaimana ketentuan klaim. Kamu tentu tidak ingin menambah kesulitan dan masalah padahal tengah tertimpa kemalangan. Selain itu, cari tahu rekanan mana saja dari perusahaan ini yang juga akan memudahkan. Perusahaan yang kamu pilih setidaknya memiliki banyak rekanan pusat kesehatan yang berkualitas. Semakin banyak tekanan, semakin mudah nasabah mengakses layanan yang diperlukan, hal ini tentu sangat krusial. Apalagi bagi nasabah membutuhkan penanganan medis yang cepat.

Asuransi memang bukan hal yang mudah dan juga akan cepat untuk diputuskan. Jadi tidak perlu kamu merasa harus terburu-buru, cobalah perhatikan segalanya dalam keadaan tenang dan pikiran jernih, agar meminimalisasi penyesalan.

Coba simulasikan juga berbagai kemungkinan terburuk dengan agen dan cari tahu bagaimana perusahaan tersebut menanganinya. Kalau kamu sudah merasa yakin barulah kamu memilih perusahaan asuransi mana yang paling tepat untuk kamu. Jangan sepelekan masa depan dan asuransi apalagi kalau kamu pekerja keras yang sibuk, suka makan sembarangan, dan jarang berolahraga.

Asuransi memang penting tapi menjaga diri juga tidak kalah penting loh! Untuk membandingkan dan mengajukan asuransi yang terpercaya, segera lakukan hanya di CekAja!

 

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti