Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Kenapa Jika Ajukan Pinjaman KTA Kamu Harus Punya Kartu Kredit?

by Rafly Aditia on 23 Mei, 2016

Kenapa ketika ingin mengajukan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) selalu ditanya tentang kepemilikan kartu kredit? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan itu.

Kredit Tanpa Agunan atau KTA belakangan menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin meminjam uang tanpa harus menjaminkan sesuatu. Bahkan, tidak jarang orang mulai memanfaatkan KTA sebagai modal usaha. Tetapi, biasanya dalam pengajuan KTA dibutuhkan peran kartu kredit dalam prosesnya.

Nah, pastinya kamu yang ingin mengajukan pinjaman KTA harus tahu tentang hal ini. Berikut berbagai info penting mengenai kartu kredit saat ingin mengajukan KTA pada bank:

Jadi syarat ajukan KTA

Biasanya ketika mengajukan KTA, salah satu syarat yang dipenuhi adalah kepemilikan kartu kredit. Kebanyakan bank-bank besar dan terpercaya memasukkan kepemilikan kartu kredit sebagai persyaratan saat calon nasabah mengajukan KTA. Untuk itu, pastikan kalau kamu memiliki kartu kredit apabila ingin mengajukan pinjaman KTA.

Plafon kartu kredit jadi acuan

Bukan cuma harus memiliki kartu kredit, tetapi dalam mengajukan pinjaman KTA ada minimal plafon kartu kredit yang dimiliki. Nominal dari minimal plafon kredit ini bervariasi sesuai jumlah pinjaman dan bank yang menjadi pilihan. Namun, untuk contoh apabila ingin meminjam dana KTA sebesar Rp 10 juta di BNI Fleksi, kamu perlu memiliki kartu kredit dengan minimal plafon Rp 5 juta.

(Baca juga: Belanja Hemat di Indomaret dengan Kartu Kredit Bukopin)

Bisa melihat jangka minimal kepemilikan kartu kredit

Apabila kamu ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebaiknya lihat kembali persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Terutama untuk urusan yang berhubungan dengan kartu kredit. Dalam syarat peminjaman KTA, seringkali Bank memberlakukan jangka waktu minimal kepemilikan kartu kredit.

Lagi-lagi, persyaratan yang satu ini bervariasi. Tetapi, biasanya jangka waktu minimal kepemilikan kartu kredit sekitar 1 tahun lamanya.

Tagihannya jadi penilaian bank

Pasti kamu bertanya-tanya mengapa perlu memiliki kartu kredit saat mengajukan pinjaman? Karena, catatan pada kartu kredit menjadi penilaian bank. Apabila sering mengalami tunggakan tagihan, dan berbagai catatan kredit buruk lainnya tentu bank tidak akan segan untuk menolak pinjaman yang diajukan.

(Baca juga: Cara Siapkan Dana Pensiun Sesuai Umur Kamu Saat Ini)

Tetapi, apabila tagihan kartu kredit tidak pernah menunggak dan selalau terbayarkan dengan lancar. Tentunya bank akan dengan senang hati memberikan pinjaman.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.