Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kenapa Kamu dan Pasangan Harus Sama-sama Punya Pekerjaan Kalau Mau Menikah?

by Rafly Aditia on 10 Februari, 2016

Menikah adalah salah satu tujuan yang dimiliki oleh kamu yang sedang menjalani hubungan serius bersama pasangan. Tentunya, kamu akan sedikit terganggu dengan segala ketidakpastian serta hal-hal yang membatasi kamu dengan pasangan ketika hanya berstatus sebagai pacaran satu sama lain.

Di samping itu, menikah bagi beberapa agama adalah hal yang sangat dianjurkan dan baik untuk kehidupan manusia. Tetapi, kalau kamu dan pasangan mau menikah pasti kamu terpikirkan segala macam biaya yang sudah mulai terlihat oleh bayang-bayang kamu di masa depan nantinya. Untuk itu, kamu dan pasangan harus matang secara keuangan sehingga alangkah lebih baik kalau kamu dan pasangan sama-sama memiliki pekerjaan kalau memang benar ingin menikah nantinya, karena beberapa hal ini menjadi alasannya;

Rumah semakin mahal

Ketika kamu dan pasangan memiliki tujuan untuk menikah dan membangun sebuah keluarga, maka tempat tinggal adalah kebutuhan yang paling utama. Kamu bisa membeli rumah ataupun apartemen, tetapi perlu kamu ketahui harga properti entah itu rumah ataupun apartemen terus menerus semakin mahal sehingga tidak heran kalau saat ini banyak sekali pasangan muda yang tinggal di rumah orang tuanya.

Pastinya kamu tidak ingin seperti itu kan? Maka sebaiknya kamu dan pasangan terus bekerja keras sebelum akhirnya kamu menetapkan tanggal pernikahan. Kamu dan pasangan harus pintar menabung untuk mengumpulkan uang membeli rumah kalau bisa bahkan sebelum kamu menikah nanti.

Pastinya kamu butuh mobil, dan harganya tidak murah

Memang banyak varian mobil dengan harga miring, terutama untuk mobil-mobil kategori Low Cost Green Car atau LCGC. Namun, semurah-murahnya harga mobil baru tersebut setidaknya kamu harus merogoh kocek kurang lebih 100 juta rupiah. Tentunya, ini bukan merupakan uang yang sedikit bukan? (Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Mobil LCGC Tahun Ini)

Disamping kamu harus memiliki rumah, kamu juga perlu memiliki mobil untuk menunjang aktifitas dan mobilitas kamu bersama pasangan dan keluarga kamu nantinya. Jadi, untuk meraih hal tersebut pastikan kamu dan pasangan kamu sama-sama memiliki pekerjaan sehingga penghasilan kamu dan pasangan bisa menjadi lebih banyak dibandingkan hanya salah satu dari kamu yang bekerja.

Harga emas terus naik

Apa hubungannya menikah, sama-sama memiliki pekerjaan dan harga emas? Simpel saja, ketika kamu dan pasangan ingin menikah maka pastinya kamu dan pasangan memerlukan mahar dan yang paling umum selain seperangkat alat ibadah adalah cincin.

Pasti kamu tidak ingin dong kalau cincin pernikahan kamu dan pasangan hanya terbuat dari bahan perak saja? Tentunya kamu menginginkan cincin emas dimana melambangkan sesuatu yang spesial dalam hari pernikahan kamu dan pasangan. (Baca juga: Strategi Membeli Cincin Nikah yang Bisa Bikin Untung)

Sayangnya, harga emas terus naik bahkan saat ini emas 24 karat mencapai angka 500 ribu rupiah per gramny sehingga secara otomatis harga cincin pernikahan pun semakin mahal maka dari itu kamu dan pasangan harus memiliki pemasukan yang lebih tinggi lagi dan itu bisa kamu capai dengan cara kamu berdua sama-sama memiliki pekerjaan tanpa ada satu pun yang menganggur.

Biaya hidup yang tinggi

Semua hal di atas adalah benar adanya, tapi kamu jangan sampai hanya terfokus memikirkan pengeluaran-pengeluaran di atas karena ada satu hal yang sangat penting yang perlu kamu pikirkan yaitu mengenai biaya hidup harian kamu, pasangan kamu, serta keluarga yang kalian berdua miliki nantinya.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, biaya hidup sangatlah tinggi. Bukan hanya biaya harian seperti konsumsi saja, kamu dan pasangan pasti membutuhkan biaya untuk refreshing yaitu seperti jalan-jalan ke mall, cafe dan sebagainya dimana pastinya membutuhkan uang yang lebih banyak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami