Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kenapa Orang Kaya Sering Tidak Sadar Kalau Mereka Kaya?

by Ariesta on 29 Maret, 2016

bisnis miliaran - CekAja.com

Duh, gak ikut nongkrong dulu deh. Soalnya lagi gak punya uang nih.” Pasti kamu pernah mendengar temanmu mengutarakan alasan ini. Atau justru kamu yang sering bilang demikian saat diajak “nongkrong” teman?

Meski faktanya, kalimat tersebut diucapkan bukan karena kamu benar-benar tidak punya uang. Tapi karena kamu merasa harus berhemat atau memang selalu merasa tidak punya uang. Kendati demikian, agak keterlaluan kalau kamu yang berpenghasilan lebih dari Rp120 juta per tahun terus-terusan bilang tak punya uang. Apalagi jika kamu belum punya tanggungan.Nah, sebenarnya kenapa sih kelas menengah yang bisa disebut kaya ini sering tidak sadar kalau mereka kaya? Berikut bisa jadi alasannya.

Karena aset-aset mereka tidak mudah dijadikan uang tunai

Ya, sebenarnya mereka punya banyak aset. Namun aset tersebut berbentuk sesuatu yang sulit diubah dalam bentuk uang tunai. Misalnya rumah atau rekening pensiun. Jadi meskipun punya banyak aset tapi tidak punya uang tunai di tangan, mereka tetap merasa tidak berduit.

Karena besar pasak daripada tiang

Percuma saja kalau bergaji besar tapi kebutuhan gaya hidupnya mahal. Bisa juga karena manajemen keuangannya buruk sehingga tidak bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Orang-orang golongan ini selalu merasa merana saat akhir bulan.

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Anda yang Masih Boros)

Karena mereka tidak punya dana emergensi

Dana emergensi sejatinya disisihkan sebesar dari penghasilan per bulan. Jangan sepelekan dana emergensi ini. Contoh kasusnya adalah saat ada kebutuhan mendesak seperti biaya rumah sakit yang tidak ditanggung asuransi, uang tabungan pun akhirnya dikorbankan. Itulah mengapa orang yang sebenarnya punya cukup uang bisa mendadak merasa miskin.

Karena mereka menabung lebih banyak sehingga jatah kebutuhan sehari-hari sedikit

Ada juga tipe orang yang giat menabung bahkan menetapkan rasio 1:5 dengan bagian yang lebih besar untuk ditabung. Akibatnya jatah kebutuhan sehari-hari pun pas-pasan dan harus ekstra hemat. Meski uang di rekening tabungan banyak, mereka merasa tidak punya uang karena bersikeras tidak mau menggunakannya.

Karena mereka pelit

Sederhananya, kalau kamu pelit, kamu justru merasa selalu kekurangan. Sifat pelit memang susah untuk dihilangkan. Pelit yang membuat seseorang merasa tidak punya uang bukan pelit pada orang lain, melainkan pelit pada diri sendiri. Sebanyak apapun uangmu, kalau kamu tidak mau membelanjakannya, kamu sama saja dengan orang yang tidak punya uang!

(Baca juga: Boleh Ditiru, Inilah Kebiasaan Hemat Para Tokoh Dunia)

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami