Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kendaraan Murah Berikut Ini Pernah Jadi Incaran Banyak Orang

by Ariesta on 6 Maret, 2017

mobil murah motor murah_kredit kendaraan - CekAja.com

Punya kendaraan pribadi merupakan target finansial banyak orang di Indonesia. Mobil seringkali dianggap sebagai simbol kemapanan. Hal ini karena harganya yang terbilang mahal.

Buruknya transportasi umum pun membuat banyak orang lebih memilih kendaraan pribadi karena lebih cepat dan nyaman. Namun, karena harganya jauh dari jangkauan, opsi kredit kendaraan pun jadi pilihan. Padahal, sebenarnya ada berbagai pilihan kendaraan murah dan pernah jadi incaran banyak orang, lho. Berikut ini contohnya.

Mobil Tata Nano

Kamu pasti akan terkejut ketika mengetahu harga mobil Tata Nano. Bagaimana tidak, harga mobil ini hampir sama dengan harga sebuah sepeda motor sport 150cc, misalnya Yamaha Vixion, Xabre, Hingga Honda All New CBR150R.

Mobil produksi India ini bisa dibawa pulang dengan hanya Rp23 juta saja. Meski murah, performanya cukup lumayan. Mobil ini bisa menempuh kecepatan hingga 105km/jam dan terbilang hemat karena konsumsi bbmnya hanya 23.6 km/liter. Harganya yang sangat murah, membuatnya wajar bila hanya dibekali mesin 624cc.

Ada harga ada barang. Pepatah ini masih berlaku untuk mobil tata nano. Keseluruhan tipe Tata Nano belum dilengkapi fitur Power Steering sehingga menganggu kenyamanan berkendara. Di dalam mobil juga tidak ada sistem audio sehingga pembeli harus memodifikasi.

Namun yang paling disangkan adalah ketiadaan fitur keselamatan air bag, di mana air bag sangat penting untuk mencegah risiko tewas di tempat jika terjadi kecelakaan.

Mobil Esemka
foto: otonity
foto: otonity

Nama mobil Esemka menjadi viral ketika Jokowi yang saat itu masih menjabat Wali Kota Surakarta menggunakannya sebagai kendaraan dinas. Mobil Esemka dinamakan demikian karena mobil tersebut merupakan hasil rakitan para siswa sekolah menengah kejuran (SMK).

Salah satu yang telah diluncurkan ke pasaran adalah mobil pick up. Bila melihat harga pick-up yang ada dipasarkan di Indonesia, untuk kelas 1.500 cc, harganya berkisar Rp 130 juta. Namun mobil pick up keluaran Esemka dilepas dengan harga Rp75 jutaan saja. Sementara itu tipe Rajawali II tipe SUV dihargai Rp 130 hingga 140 juta.

Harganya yang murah bukan berarti kualitas berkurang. Materi yang dipakai jelas berkualitas. Hanya saja Esemka memotong rantai distribusi sehingga mobil bisa langsung dijual ke masyarakat tanpa melalui dealer atau distributor.

Motor roda tiga
foto: otomania
foto: otomania

Inginnya sih punya mobil supaya tidak kehujanan atau kepanasan, sayang harganya mahal. Tapi naik mobil tidak bisa nyelip di saat jalanan macet seperti motor. Punya pikirann demikian? Kalau begitu kamu mungkin cocok dengan motor roda tiga.

Kendaraan yang sekilas mirip bajaj ini dibanderol di kisaran harga Rp11-18 juta saja. Meski murah, kendaraan ini dilengkapi mesin 250 cc, AC, memuat tiga orang, ada tv, dan usb. Di kalangan pecinta otomotifmotor roda tiga tersebut dinamakan City Car, namun dengan merek Hods.

Fiturnya memang unik karena bukan setir yang ada di kabin kemudi, melainkan stang. Jadi seperti membawa motor rasa mobil karena tidak kehujanan dan kepanasan!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami