Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kepribadian dan Karakter Shio Ayam serta Ramalan Tahun 2020

by Vera Khairifah on 28 Oktober, 2019

Kepribadian dan karakter shio ayam dikenal sebagai orang yang penuh dengan kebajikan. Sebelumnya, ramalan tahun 2019 menyarankan orang memiliki shio ayam untuk fokus menekuni hal yang sedang dijalani dengan sebaik-baiknya.

Namun, di tahun 2019 yang akan berakhir sekitar dua bulan lagi ini, muncul ramalan tahun 2020 yang menyatakan bahwa shio ayam harus berhati-hati.

Bagaimana sih ramalan tahun depan dan pengaruhnya terhadap kepribadian dan karakter shio ayam? Yuk, simak infonya!

Perbedaan Shio dengan Zodiak

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai kepribadian dan karakter shio ayam, kamu harus memahami dulu perbedaan shio dengan zodiak.

Keduanya memang sama-sama ikon dari ilmu astrologi, yakni ilmu yang mempelajari efek dari komponen alam semesta (terutama benda langit) terhadap kepribadian dan karakter seseorang.

Sehingga orang yang mempraktekkan astrologi berarti percaya bahwa karakter seseorang dipengaruhi oleh komponen alam semesta dan keyakinan budaya lainnya saat orang tersebut lahir.

Zodiak sendiri merupakan ilmu astrologi yang dilambangkan dengan 12 nama khusus, yang didasarkan pada rasi bintang di angkasa pada bulan tertentu.

Sehingga total ada 12 zodiak yang terhitung mulai dari bulan Januari hingga Desember di kalender Masehi. Keyakinan ini dipercayai oleh kaum Babilonia, Yunani, dan Mesir, kemudian berkembang ke seluruh dunia.

Sedangkan shio adalah ilmu astrologi yang dilambangkan dengan 12 nama hewan yang diyakini mewakili tahun-tahun tertentu.

Keyakinan ini sedikit banyak mendapat pengaruh dari agama Budha dan tradisi Tiongkok, lalu tersebar luas ke daratan Asia lainnya hingga ke seluruh dunia.

Ada 12 shio yang terdiri dari shio kuda, shio kambing, shio monyet, shio ayam, shio anjing, shio babi, shio tikus, shio kerbau, shio macan, shio kelinci, shio naga, dan shio ular.

Masing-masing shio memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda, difilosofikan berdasar bentuk dan energi hewan itu sendiri.

Kepribadian dan Karakter Shio Ayam

Shio ayam dimiliki oleh mereka yang lahir di tahun 1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, 2017, dan seterusnya. Sesuai dengan bentuk fisik ayam yang bertubuh tegap dan kaki yang sigap mencengkram objek apa saja, ayam dijadikan simbol keyakinan, berani, dan selalu waspada.

Kepribadian dan karakter shio ayam memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga selalu menonjol. Segala kesulitan dalam hidup tidak akan membuatnya cepat menyerah, demikian pula jika terjadi kegagalan.

Mereka juga seorang pemikir dan pengamat, kerap mengawasi suatu hal sehingga mudah bagi mereka untuk mencari informasi alias kepo dengan seseorang atau terhadap suatu hal.

(Baca juga: Mengintip Peruntungan Shio dan Bisnis di Tahun Babi Tanah)

Selain itu, kecerdikannya selalu membuat orang-orang percaya dengan orang bershio ayam. Pintar, kritis, pandai membuat keputusan, rapi, dan teratur adalah kepribadian dan karakter shio ayam banget. Gelar “Born Leader” rasanya pantas untuk mereka.

Di sisi lain, kepribadian dan karakter shio ayam yang baik itu juga diimbangi dengan beberapa karakter atau watak yang kurang baik.

Orang-orang yang memiliki shio ayam cenderung terlalu perfeksionis, baginya kesempurnaan adalah hal mutlak yang harus dituruti oleh orang di sekitarnya.

Hal ini terkadang membuat terjadinya hal-hal kurang baik karena mereka terlalu otoriter saat menjadi pemimpin, dan suka mengkritik secara blak-blakan.

Kalau hal ini enggak disadari, bisa saja membuat orang sakit hati karenanya. Akan lebih baik jika mereka tidak menjadi orang yang konservatif yang membosankan dan berambisi untuk mendisiplinkan orang.

Secara keseluruhan, kepribadian dan karakter shio ayam yang sesuai dengan para milenial saat ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk mereka yang introvert, suka banget diam-diam mengamati sesuatu. Sedangkan para extrovert dengan shio ayam terbilang easy going, namun cerewet.
  • Pantang menyerah menghadapi tekanan dan beban kerja di kantor. Mereka sering menyemangati diri sendiri dan orang sekitarnya.
  • Saat kegagalan menimpa, mereka akan menelisik kesalahan yang dibuat dan menjadikannya pelajaran berharga.
  • Pemilik shio ayam sering jadi tempat curhat atau pemberi saran untuk masalah teman-temannya.
  • Suka banget ngegosip dan terkadang bersikap julid karena terlalu blak-blakan mengkritik.
  • Sangat mementingkan penampilan yang fashionable dan rapi.
  • Ingin selalu menjadi pusat perhatian dan pujian.
  • Disiplin waktu alias ontime.
Ramalan Shio Ayam 2020

Kalau di tahun 2019 ini orang dengan shio ayam disarankan untuk fokus mengerjakan rutinitas daripada mencoba hal baru, maka ada prediksi lain untuk tahun 2020 mendatang.

Tahun depan, akan menjadi tahun shio tikus yang diperkirakan melahirkan banyak hambatan untuk orang yang lahir di shio ayam.

Kewaspadaan harus terus ditingkatkan, karena di tahun 2020 shio ayam harus menjaga emosi diri. Sikap yang terlalu meledak-ledak malah akan mengacaukan pekerjaan dan peruntungan lainnya.

(Baca juga: 7 Tren Fashion ala K-Pop yang Paling Digemari)

Pun dengan hubungan kamu dengan pasangan dan orang sekitar, yang jika tidak dijaga dengan baik akan terjadi perpecahan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hambatan tahun depan akan berpengaruh pada kepribadian dan karakter shio ayam. Di mana mereka harus mengubah sisi emosionalnya untuk menjaga segala hal penting dalam hidup mereka.

Untuk urusan keuangan, terus lah bekerja keras dan memakai uang secara bijak. Utamakan berhemat dan menabung untuk masa depan.

Sudah saatnya para pemilik shio ayam untuk memperhatikan pentingnya investasi untuk meningkatkan nilai harta yang dimiliki. Ajukan dengan gampang berbagai instrumen investasi di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast