Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kerja #DiRumahAja, Terapkan 5 Hal Ini Agar Tetap Produktif

by Miftahul Khoer on 17 Maret, 2020

Penyebaran virus corona membuat seluruh lapisan masyarakat panik. Sehingga pemerintah dan swasta mengeluarkan imbauan social distancing dan memberlakukan kebijakan baru kepada warga untuk kerja di rumah masing-masing atau disebut juga dengan work from home.

Agar Selalu Produktif Meski Kerja di Rumah

Terdengar menyenangkan, bukan? Namun, sebenarnya kerja di rumah atau work from home (WHF) ini butuh disiplin yang sangat tinggi, terlebih ketika kamu harus berhadapan langsung dengan kewajiban lain seperti urusan rumah tangga. Bagi sebagian orang, WFH membuatnya lebih malas atau sulit berkonsentrasi karena gangguan-gangguan kecil dan tak adanya peraturan yang mengikat. Alhasil, produktivitas kerja menurun. 

Nah, bagi yang kantornya menerapkan sistem work from home demi mengurangi penyebaran COVID-19, kamu perlu menyiasati bagaimana agar waktu kerjamu tetap produktif. Inilah 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan selama 14 hari kerja #dirumahaja:

1. Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik antar karyawan atau sesama rekan kerja  merupakan hal yang penting. Saat bekerja di kantor, komunikasi tentu  berjalan lebih efektif karena kamu dapat mengobrol langsung dengan rekan mereka. Tapi saat kerja di rumah, hal ini kemungkinan agak sedikit terhambat. Nah tak perlu khawatir, kamu bisa melakukan komunikasi by phone atau dengan menggunakan media sosial. 

Berkomunikasi lewat email juga bisa dilakukan untuk melaporkan hasil pekerjaan kamu atau aplikasi WhatsApp bisa kamu gunakan untuk berkirim data dan melakukan chatting secara bersamaan dengan menggunakan WhatsApp Web. Dunia digital dan teknologi saat ini semakin mempermudah kamu untuk melakukan koordinasi pekerjaan kamu di manapun.

2. Lakukan rutinitas pagi seperti biasa

Umumnya rutinitas pagi sebelum berangkat ke kantor banyak dilakukan oleh para pekerja. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan semangat dalam bekerja serta untuk menjaga mood kerja mereka. Salah satunya yakni bangun pagi dan berolahraga.

Mandi pagi dan berolahraga ini bagi sebagian orang menjadi salah satu penyemangat atau sebuah trigger dalam melakukan aktifitas-aktifitas lainnya di keseharian. Usahakan dua aktifitas ini tetap kamu lakukan sekalipun kamu tak pergi bekerja di kantor.  Atau jika kamu ingin lebih mendapatkan suasana kantor, kamu bisa memakai pakaian kantor kamu, atau menggunakan seragam rapi ala kantor agar kamu terpacu menjadi seorang pekerja profesional meski tak terlihat sama bos.

(Baca Juga: Work From Home, Ini 5 Keuntungan yang Bisa Didapat)

3. Cari ruangan khusus yang nyaman

Memilih ruangan yang nyaman dan jauh dari distraksi ini merupakan langkah lain agar kamu tetap produktif dalam bekerja di rumah. Entah itu ruangan tamu, atau  kamarmu, temukan ruang kerjamu di dalam rumah yang jauh dari kebisingan atau kegaduhan sekaligus juga bikin kamu nyaman.

Dengan cara ini, kamu akan lebih bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan setiap tugas dari perusahaan. Tak hanya itu, dengan kamu memilih ruangan khusus, orang yang ada di rumah baik istri, anak dan saudara kamu akan paham bahwa kamu sedang bekerja dan orang lain atau siapapun tak berkenan untuk mengganggu kamu.

4. Atur waktu jam kerja seperti biasa

Tantangan lain saat kerja di rumah, biasanya kamu sulit untuk mengatur waktu secara optimal karena banyak faktor lain yang cukup menghambat dan distraksi adalah penghalang produktivitas terbesar saat bekerja di luar kantor. Distraksi itu bisa timbul dari orang-orang rumah yang tak paham kondisi kamu.

Untuk itu, sebisa mungkin kamu harus mengingatkan keluarga kamu bahwa kamu memiliki waktu yang terbatas dalam bekerja dan juga perlu sekali untuk tetap mengatur waktu kerja kamu seperti biasa tanpa toleransi waktu. Jadi jika kamu masuk kantor biasanya jam 8 lalu pulang jam 4 sore, atur waktu kamu seperti jam kantor kamu. Hal itu penting agar kamu tetap disiplin dan bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu.

5. Tetapkan waktu istirahat

Kesulitan bekerja di rumah biasanya terjadi karena kurang mengatur waktu salah satunya mengatur waktu istirahat. Sebab salah satu kunci agar kamu tetap dapat produktif dan fokus ketika bekerja di rumah yakni dengan kamu cukup istirahat. Artinya memiliki waktu istirahat yang sudah terjadwal sedemikian rupa.

Seimbangkan waktu kerja dan kehidupan kamu (work and balance). Kamu bisa atur jam untuk break pertama, makan siang dan break. Fakta membuktikan tidur siang selama 15-30 menit akan membuat badan menjadi lebih bugar dan tentu saja bisa lebih meningkatkan produktivitas kerja lantaran mood kamu tetap terjaga dengan baik.

Nah, itulah 5 cara agar kamu bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu meski harus bekerja di rumah. Hal ini penting sekali untuk diterapkan mengingat kondisi yang tidak mendukung untuk bekerja di kantor.

Kalau tagihan internet atau pulsa kamu membengkak karena harus bekerja dari rumah, manfaatkan pinjaman online dari JULO, yang resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai nanti waktunya gajian datang. Ajukan pinjaman online JULO lewat CekAja.com, sekarang juga!

(Baca Juga: 21 Cara Hidup Sehat, Mulai dari Sarapan hingga Tertawa)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.