Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa

by Satrya Agung on 21 Februari, 2016

tips mahasiswa - CekAja.com

Memang tugas mahasiswa adalah belajar dan meraih prestasi terbaik. Sehingga bisa menjadi kebanggaan orang tua kita.

Sedangkan untuk segala keperluan sudah ditanggung orang tua. Meski demikian alangkah baiknya jika mulai sekarang walau masih berstatus mahasiswa kamu mulai mencari pekerjaan untuk membantu meringankan beban orang tua.

Syukur-syukur akhirnya malah bisa membiayai kuliah kamu sendiri dan bisa memberi sedikit uang belanja untuk orang tua. Dan itu tidak harus kerja yang full time kok, kamu bisa memilih kerja part time.

Memang kebiasaan mahasiswa yang bekerja paruh waktu belum seperti di negara-negara luar. Yang mana mereka terbiasa kuliah sambil bekerja, sehingga mereka pun tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Selain bisa menghasilkan uang, bekerja seperti ini akan melatih kamu saat masuk ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Kamu tidak akan canggung lagi jika sedari dini sudah biasa bekerja walau masih terhitung part time.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Jika kamu memang berniat untuk bekerja paruh waktu untuk mengisi waktu kosong kuliah, berikut akan kami bisikkan beberapa profesi kerja part time yang bisa kamu pilih.

Penyiar radio

Modal utamanya adalah suara yang enak didengar dan jogo cuap-cuap. Kalau kamu punya modal tersebut maka jangan buang waktu lagi, segera ajukan diri kamu di radio yang terdekat untuk menjadi penyiar mereka. Ada banyak kok penyiar radio yang keren-keren dan status mereka masih mahasiswa. Dan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat job lain, karena banyak dari penyiar radio juga mendapat tawaran untuk menjadi MC sebuah acara.

Penerjemah

Biasanya profesi ini cocok untuk kamu yang kuliah di jurusan bahasa asing. Metode pekerjaannya pun ada yang online dan offline. Untuk online kamu bisa menjajakan jasa kamu secara online dan saat mendapatkan job kamu bisa mengerjakannya di mana saja, baik itu di rumah, kosan, atau kampus. Yang penting hasil pekerjaan yang selesai tinggal dikirim balik ke klien via email.

Sedangkan offline yakni kamu bisa menjadi penerjemah di sebuah acara atau pemandu wisata. Enakkan, bisa jalan-jalan gratis dan dibayar pula.

Pemandu wisata

Jika kampus kamu berada di daerah wisata, maka manfaatkanlah. Datangi travel agent dan ajukan dirimu sebagai pemandu wisata lepasan mereka. Biasanya tempat wisata ramai pada hari libur dan akhir pekan dan ini tidak akan mengganggu jadwal kuliah kamu kan.

(Baca juga: Masih Kuliah Pengen Beli Apartemen? Ikuti 4 Tips Berikut)

Juru foto

Jika selama ini jepret kamera hanya kamu jadikan sebagai hobi, maka alihkan menjadi ladang penghasilan. Kamu bisa ajukan diri di studio foto sebagai fotografer mereka, atau malah buka usaha kecil-kecilan. Mulai dari melayani foto untuk pre wedding, kondangan, acara wisuda, atau foto produk dan model. Penghasilannya pun lumayan lho. Mau cari kerja part time? kamu bisa kerja kosong part time malam di beberapa bidang pekerjaan. Sebelum melakukan kerja part time, ada baiknya mengetahui bahwa kerja part time data entry sangat mudah. Inilah kerja part time di rumah tanpa modal, di mana kerja part time gaji hari.

Guru privat

Untuk kamu yang kuliah di jurusan MIPA, maka ini bisa kamu jadikan opsi untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjual jasa kamu sebagai guru privat adik-adik yang masih SMA dan SMP meski tanpa modal. Selain mahasiswa MIPA, kamu yang kuliah di jurusan bahasa asing pun juga bisa berkecimpung di bidang ini.

Jangan malu untuk melamar di lembaga-lembaga bimbingan belajar terdekat atau kamu bisa saja langsung menawarkan diri ke orang-orang terdekat. Seperti mencoba promosikan ke ibu kos kamu. Siapa tahu Ibu kos punya anak dan butuh guru privat dan akhirnya kamu tidak perlu bayar kosan lagi karena sudah barter dengan kamu mengajar anaknya.

Dari sekian banyak informasi kerja part time yang kami sampaikan ini dibutuhkan kemauan yang kuat untuk maju. Dan semuanya tergantung kamu yang akan menjalaninya. Selain kerja part time kl, informasi kerja part time online, bisa diperoleh di situs pencari kerja. Di sana kamu juga dapat lowongan kerja part time sabtu minggu. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.