Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kerja Sambilan Yuk!

by Satrya Agung on 21 Februari, 2016

bisnis sampingan - CekAja.com

Manusia selalu saja tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki. Walau sudah bekerja, namun gaji yang diterima masih dianggap kurang. Alhasil setiap akhir bulan pasti terdengar keluhan “Kering nih!” atau sejenisnya.

Dan yang lebih parahnya lagi belum lama gajian, tapi sudah kehabisan duit. Alasannya gaji yang diterima di atas 10 (di atas tanggal 10 sudah habis) tidak cukup hingga akhir bulan. Jika sudah begini, maka solusinya adalah mencari kerja sambilan.

Penghasilan tambahan ini sudah banyak dilakukan orang-orang. Walau sudah bekerja mereka masih mau mengorbankan waktu istirahat untuk mendapatkan uang tambahan. Jika kamu berminat untuk mencoba maka ada beberapa profesi yang bisa kamu lakukan.

Penulis lepas

Di siini yang dibutuhkan adalah keahlian dalam menulis yang baik dan menarik. Kenapa kedua hal ini penting? Karena hampir semua orang bisa menulis dengan baik tapi belum tentu menarik untuk dibaca. Jika kamu mengantongi keahlian ini maka kamu berpotensi untuk menjadi penulis lepas sebagai profesi kerja sambilan.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Coba saja kamu ajukan jasa kamu di perusahaan media cetak seperti majalah dan koran. Atau bisa juga ke media-media online. Lampirkan contoh tulisan kamu agar bisa menjadi bahan pertimbangan mereka. Alangkah baiknya lagi jika kamu mempunyai blog sendiri sehingga memudahkan penilaian dengan menyantumkan link tautan blog kamu.

Admin Social Media

Tentu kamu sudah terbiasa dengan dunia social media. Hampir semua orang setidaknya mempunyai akun di Facebook, Twitter, dan Instagram. Maraknya social media juga menarik perhatian brand-brand dan perusahaan untuk terjun ke dalamnya demi merangkul dan menjaring cotumer mereka. Tapi tidak semua brand atau perusahaan tersebut bisa mengelola akun mereka dengan baik. Dan ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan .

Dulu profesi ini tidak diketahui orang banyak dan tidak mendapat perhatian. Padahal pekerjaan ini malah bisa menjadi profesi tetap dan jenjang meniti karir. Terlebih bayaran Admin Social Media ini terbilang cukup besar.

Penerjemah

Job ini mempunyai cakupan yang luas. Kamu bisa saja menerjemahkan buku, novel, atau komik luar negeri yang masuk ke Indonesia. Atau bisa menjadi penerjemah untuk tamu/pengunjung asing yang datang ke Indonesia atau pemandu wisata.

Kamu tinggal pilih pekerjaan mana yang sesuai dengan waktumu. Jika kamu mempunyai pekerjaan tetap yang waktu bekerjanya tetap, maka menjadi penerjemah buku, novel, atau komik bisa menjadi pilihan yang pas. Karena kamu hanya mengerjakannya dari rumah selepas pulang dari kantor. Untuk mendapat kerja dari rumah yang boleh dipercayai, cari tahu dulu kerja part time data entry. Sebab, inilah kerja part time di rumah tanpa modal.

Desain Grafis

Minat akan jasa desainer grafis terbilang cukup tinggi. Cakupan pekerjaannya pun sangat luas. Baik itu membuat brosur, sampul, logo, sampai website. Bahkan bisa juga kamu mendapatkan pekerjaan membuat desain kaos. (Baca juga: Pelajaran Karier Yang Bisa Dipetik Dari Warkop DKI)

Fotografer

Jika sebelumnya fotografi adalah hobi, maka kini kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari hobi tersebut. Pihak yang selalu membutuhkan fotografer adalah Event Organizer. Jika ada acara keberadaan fotografer sangat dibutuhkan. Atau kamu juga bisa menerima tawaran penggarapan foto pre wedding dan acara pernikahan. Dan masih banyak lini lain yang membutuhkan jasa fotografer. Banyak orang bertanya mengenai kerja part time gaji hari. Sebenarnya tidak jauh beda dengan kerja sambilan. Bicara soal kerja sambilan 2016, ada kerja sambilan di rumah pasang barang, kerja sambilan di rumah sebagai juru taip dan kerja sambilan malam

Copywriter

Selain kemampuan menulis, seorang copywriter juga wajib mempunyai pengetahuan di bidang marketing. Hal ini untuk mendukung agar karya yang diciptakan bisa gampang menempel di ingatan masyarakat.

Salah satu tugas copywriter adalah membuat slogan sebuah perusahaan atau brand. Tentu kamu ingat banyak slogan produk yang selalu mengiang di telinga dan jika disebut slogan tersebut maka kamu akan langsung tahu produk apakah itu. Nah itu adalah salah satu karya para copywriter.

Setelah mengetahui profesi apa saja yang bisa kamu jadikan kerja sambilan, sekarang tinggal komitmen kamu untuk menjalaninya.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.