Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kesalahan Karier Terbesar yang Sering Dilakukan di Usia 20-an

by Ariesta on 12 Januari, 2016

kesalahan karier _ kartu kredit - CekAja.com

Usia 20-an merupakan waktu paling menarik dalam perjalanan karie seseorang. Saat usia inilah seseorang mulai membangun karier. Relatif memang untuk mendapatkan gaji besar di usia ini, tapi di masa inilah seseorang akan mendulang pengalaman.

Keputusan yang kamu buat di usia 20-an akan memberikan efek pada perjalanan kariermu di masa depan. Gajimu yang sekarang akan mempengaruhi gajimu di masa mendatang karena penawaran biasanya didasarkan pada angka sebelumnya.

Sangat penting untuk mengontrol kariermu bahkan di saat kamu masih mencoba untuk mencari tahu apa yang ingin dilakukan. Oleh karenanya, kamu harus menghindari lima kesalahan karier ini saat berusia 20 tahun.

Bekerja tanpa tujuan yang jelas

Sangat penting untuk menciptakan tujuan karier untuk mencapai pekerjaan impianmu. Kalau kamu ingin bekerja di level manajemen atau membuka bisnis sendiri, kamu membutuhkan rencana konkret yang bisa membawamu meraih tujuan tersebut. Semakin rinci rencanamu, semakin mudah untuk mencapai tujuan. Ingin menjadi apa kamu lima tahun ke depan? Apa saja yang ingin kamu miliki dalam lima tahun ke depan? Tujuan ini membuatmu tetap fokus dan tidak mengeluh dalam bekerja. (Baca juga: Kalau Masih Melakukan Ini, Tandanya Kamu Susah Naik Jabatan di 2016)

Gagal mengikuti perubahan pasar kerja

Karier akan terus berkembang seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi. Sebagai contoh, 10 tahun lalu posisi social media specialist belum ada di perusahaan-perusahaan. Tapi seiring dengan meluasnya penggunaan media sosial di kehiupan sehari-hari, posisi ini hampir dimiliki semua perusahaan apalagi yang bergera di bidang digital. Ke depannya akan selalu ada posisi pekerjaan baru. Kalau keterampilanmu tidak sesuai dengan kemajuan zaman, kamu harus rela kariermu di posisi itu-itu saja. (Baca juga: 7 Tanda Kalau Gajimu Tidak Bisa Tutupi Kebutuhan Sehari-hari)

Betah jadi bawahan

Kebanyakan fresh graduate bertahan di sebuah pekerjaan dengan gaji kecil demi mendapatkan pengalaman. Tidak apa-apa mengambil pekerjaan semacam ini sebagai awalan, namun jangan terlalu lama. Setelah  satu tahun, kamu harus mencari pekerjaan yang lebih baik terutama pekerjaan yang benar-benar jadi impianmu.

Bertahan di pekerjaan yang tidak menjanjikan masa depan

Pekerjaan pertamamu mungkin memberikan gaji cukup dan keuntungan lumayan. Tapi kalau pekerjaanmu saat ini tidak menjanjikan karier dan kesempatan untuk berkembang, kamu harus berpikir ulang. Selain kemampuanmu yang sebenarnya jadi tidak termaksimalkan dengan baik, kamu juga membuang-buang waktu di saat mungkin ada perusahaan lain yang lebih bisa menghargai bakatmu. (Baca juga: Hanya Karena 3 Hal Ini Mungkin Kamu Masih Miskin Hingga Sekarang)

Gagal membangun identitas

Meskipun kamu masih tidak yakin pekerjaan apa yang cocok, kamu masih bisa tetap membangun identitas positif di awal kariermu. Tak masalah kalau awalnya kamu berpindah-pindah pekerjaan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan di berbagai bidang. Ketika kamu sudah menemukan pekerjaan yang kamu cintai, kamu sudah membekali dirimu dengan berbagai keahlian. Orang yang gagal adalah orang berpindah-pindah kerja, tapi tidak belajar keahlian yang menjadi pekerjaannya sehingga kariernya jadi sia-sia.

 

Tentang Penulis