Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Kesalahan Kesalahan yang Bikin Kamu Rugi Beli Asuransi

by Rafly Aditia on 10 Agustus, 2016

Asuransi adalah produk finansial yang menguntungkan untuk dimiliki. Dengan perlindungan asuransi, risiko yang bisa merugikan keuangan seseorang dan bisa membuat bangkrut bisa dicegah. Namun, salah memilih asuransi juga bisa mendatangkan kerugian.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli polis asuransi, sebaiknya teliti lebih dulu apa yang kamu butuhkan dari asuransi. Salah satu caranya dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat seseorang membeli asuransi.

Tidak membeli sesuai kebutuhan

Sebaiknya kamu memilih asuransi sesuai kebutuhan. Misalnya, kalau masih muda, punya gaya hidup sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit kronis, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sudah cukup. Tidak perlu menambahkan rider yang berlebihan seperti penggantian biaya inap dan kebutuhan keluarga inti penjaga pasien.

Sebab, premi tambahan juga sama artinya dengan tambahan biaya. Uang yang harus dikeluarkan tiap bulan pun bertambah besar. Padahal, masih banyak kebutuhan lain yang butuh perhatian, bukan? (Baca juga: Kendaraan Futuristik yang Dijamin Bikin Orang Indonesia Terbebas dari Macet)

Salah perhitungan

Sebelum memutuskan membeli polis asuransi, lakukan perhitungan keuangan terlebih dahulu secara saksama. Berapa gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya, berapa uang yang bisa ditabung dan lain sebagainya. Jangan sampai karena pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan, tagihan asuransi pun sulit dilunasi. Jadi, perhatikan kesehatan keuanganmu mulai dari sekarang.

Tidak cari tahu tata cara klaim

Banyak orang merasa dirugikan oleh perusahaan asuransi. Padahal, setelah ditelusuri lebih lanjut, banyak di antara keluhan berawal dari kesalahan sendiri. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana tata cara pengajuan klaim. Pilihlah asuransi yang memberikan akses mudah untuk proses klaim. Misalnya untuk produk asuransi kendaraan, sebaiknya pilih asuransi yang menawarkan klaim lewat call center, website resmi atau aplikasi khusus pada smartphone. (Baca juga: Tangkal Pencurian Data Secara Online Lewat 5 Jurus Ini)

Tidak membandingkan produk

Untuk nilai pertanggungan yang sama, fasilitas yang sama bahkan kualitas layanan yang sebanding harga sebuah polis asuransi bisa berbeda-beda antara perusahaan satu dan lainnya. Biasanya, banyak orang mendapatkan asuransi yang mahal karena lupa membandingkan produk terlebih dahulu.

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot mendatangi kantor atau menghubungi Customer Service atau Sales masing-masing perusahaan asuransi. Cukup kunjungi CekAja.com, kamu bakal mendapatkan perbandingan asuransi gratis secara online.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.