Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Harus Anda Hindari

by CekAja on 13 April, 2018

tips atur uang ibu rumah tangga _ kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit memang menjadi kemudahan tersendiri bagi para penggunanya. Apalagi di masa kini, orang-orang sudah jarang membawa uang tunai. Anda mungkin lebih sering mengandalkan kartu debit atau kartu kredit dalam berbagai transaksi.

Memiliki kartu kredit bisa dikatakan sebagai gaya hidup modern. Namun, banyak juga orang yang justru menjadi gelap mata dalam menggunakan kartu kredit, sehingga kerap menyekik keuangan Anda. Hal inilah yang justru membuat para pengguna kartu kredit bukannya mendapatkan keuntungan, malah jadi buntung karena harus terlilit dengan utang.

Kesadaran untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak ternyata belum diterapkan sepenuhnya oleh para pengguna. Nah, berikut ini 10 kesalahan finansial yang sering kali dilakukan para pengguna kartu kredit.

Memiliki terlalu banyak kartu kredit

Idealnya, seseorang hanya perlu memiliki 1-2 buah kartu kredit saja. Jika Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit, bukan tak mungkin terjadi masalah saat melakukan pembayaran. Besaran limit dari masing-masing kartu kredit, tanggal jatuh tempo, dan lain sebagainya bisa membuat Anda kebingungan dalam mengelolanya.

Menunda pembayaran tagihan hingga terkena denda

Jangan pernah menunda pembayaran tagihan kartu kredit Anda, apalagi sampai dikenakan denda. Bukan hanya tagihan yang semakin membengkak, keterlambatan pembayaran juga dapat membuat riwayat perbankan Anda dinilai buruk.

Hal ini akan membuat Anda menjadi kesulitan mendapatkan pinjaman atau bahkan saat ingin berganti kartu kredit. (Baca juga: Cek 5 Cara yang Paling Banyak Digunakan Miliarder untuk Menjadi Kaya Raya)

Tergoda dengan diskon yang akhirnya membuat Anda membeli barang yang tidak perlu

Kesalahan yang paling sering terjadi dan dilakukan oleh pengguna kartu kredit adalah tergoda untuk membeli barang diskon yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Sebelum memutuskan untuk membeli apa pun, ada baiknya Anda juga tahu betul apa saja yang menjadi kebutuhan dan apa saja yang diinginkan. Hal tersebut bisa membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran melalui kartu kredit.

Hanya membayar tagihan minimum saat tanggal jatuh tempo

Jika Anda beranggapan hanya perlu membayar tagihan minimum setiap bulannya, maka salah besar. Walau Anda tidak mendapatkan denda, suku bunga yang harus dibayarkan akan bertambah sehingga tanpa disadari total tagihan yang ditanggung akan semakin membengkak.

Menggunakan kartu kredit selayaknya kartu debit

Sejak memutuskan untuk membuat dan memiliki kartu kredit, tanamkan dalam diri Anda bahwa kartu kredit yang akan atau sudah Anda miliki bukanlah kartu debit, melainkan kartu utang.

Jika kartu debit bisa digunakan kalau ada saldo di dalamnya, sedangkan kartu kredit bisa digunakan meski tidak ada saldo di dalamnya. Biaya yang Anda keluarkan melalui kartu kredit nantinya akan menjadi utang yang harus Anda bayar pada tanggal jatuh tempo.

Kerap melampaui limit bahkan menambah limit

Guna limit kartu kredit adalah untuk mengingatkan nasabah akan batas penggunaan kartu kredit sesuai kemampuannya. Namun, terkadang banyaknya produk murah atau diskon yang ditawarkan di beberapa pusat perbelanjaan membuat Anda melakukan transaksi melebihi limit.

Mungkin awalnya sistem dari bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda akan menolak transaksi yang melebihi limit tersebut, namun hal itu justru akan membuat pihak bank menawarkan penambahan atau menaikan limit kartu kredit Anda.

Jika tergoda, tentu saja penggunaan kartu kredit nantinya akan semakin tidak terkontrol dan Anda akan terancam terlilit utang. (Bacac juga: 14 Anak Muda Indonesia Ini Masuk Daftar Pengubah Dunia di Bawah Umur 30 Tahun)

Lalai memeriksa tagihan tiap bulan

Monitoring rutin yang Anda lakukan terhadap tagihan kartu kredit akan sangat membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Rutinitas tersebut juga bisa menjadi alat deteksi dini apabila ada sejumlah tagihan kredit yang tidak sesuai.

Biasanya bank akan memberikan tenggat waktu selama 60 hari jika ingin melakukan gugatan atas tagihan kredit yang tidak sesuai.

Menutup atau membatalkan kartu kredit

Kesalahan penggunaan kartu kredit memang bisa membahayakan kondisi finansial Anda, namun bukan berarti Anda harus menutup dan tidak menggunakan kartu kredit sama sekali. Dengan penggunaan yang tepat, kartu kredit justru dapat menyelamatkan kondisi keuangan Anda.

Daripada Anda harus menutup kartu kredit yang Anda miliki, lebih baik Anda gunakan kartu kredit dengan bijak dan segera lunasi tagihan kredit Anda. Dengan begitu, catatan penggunaan kartu kredit Anda juga dinilai baik dan pemberi pinjaman kredit pun tidak akan menutup kartu kredit Anda.

Tidak paham betul kegunaan kartu kredit

Jika Anda ingin membuat kartu kredit, tentu hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memahami betul jenis kartu kredit yang akan Anda pilih. Pahami mulai dari biaya administrasi, biaya denda jika terlambat, kurs yang akan dikenakan saat menggunakan kartu kredit di luar negeri, dan lain sebagainya hingga benar-benar jelas.

Jangan sampai Anda justru salah memilih kartu kredit dan menyesal di kemudian hari karena baru mengetahui hal-hal penting tersebut belakangan. (Baca juga: Butuh Pinjaman Online? Ini Dia 6 KTA Pilihan CekAja 2018!)

Melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit

Anda mungkin saja bisa membayarnya sebelum jatuh tempo. Tapi, tahukah Anda jika penarikan tunai melalui kartu kredit memiliki tingkat suku bunga 6%-10% lebih tinggi dibandingkan transaksi langsung melalui kartu kredit? Jadi, jika Anda benar-benar membutuhkan uang tunai, gunakanlah kartu debit saja daripada kartu kredit.

Sekali lagi, kartu kredit yang Anda miliki merupakan kartu utang. Tugas Anda adalah disiplin dan berusaha semampu mungkin untuk mengontrol diri dalam melakukan berbagai transaksi melalui kartu kredit.

Selain itu, ajukan limit kartu kredit Anda sesuai kemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri, bijak dalam menggunakannya, belanja barang yang memang dibutuhkan, tidak menunda pembayaran, dan bayar lunas tagihan tepat waktu. Hal tersebut dapat membuat Anda terhindar dari kesalahan penggunaan kartu kredit yang sesali di kemudian hari.

Jika Anda belum memiliki kartu kredit dan berencana memilikinya dengan penggunaan yang terkontrol, silakan ajukan melalui CekAja.com. Anda bisa memilih dan mengajukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, dengan cepat, aman dan terpercaya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami