18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap, Sudah Tahu?

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kesenian daerah yang beragam, tak terkecuali dengan Jawa Tengah. Berikut daftar kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang wajib kamu ketahui untuk memperkaya pengetahuan. Yuk, simak!

18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah

18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah

1. Ketoprak

Ketoprak - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang pertama adalah Ketoprak yang merupakan pentas sandiwara dari Kota Surakarta.

Sumber cerita Ketoprak didapat dari sejarah maupun cerita rakyat yang terkadang diselingi juga dengan komedi. Pemain yang tampil menggunakan baju adat dan diiringi dengan alunan instrumen alat musik khas Jawa Tengah.

2. Wayang Kulit

Wayang Kulit - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Siapa sih yang tak mengenal pertunjukan kesenian boneka khas Indonesia ini? Wayang Kulit dimainkan oleh seorang dalang yang tampil di balik tirai berbayang. Kesenian tradisional ini juga sudah dimainkan sejak dahulu hingga saat ini pun masih tetap dibuat pertunjukan nya sehingga tetap lestari keberadaan nya.

Tokoh-tokoh yang dilakoni Wayang Kulit adalah tokoh dari cerita sejarah agama Hindu, yang ceritanya berasal dari kitab Mahabharata dan Ramayana.

Sama seperti Kethoprak, pertunjukan Wayang Kulit juga diiringi alunan instrumen alat-alat musik Jawa Tengah yang dimainkan secara langsung.

3. Wayang Jemblung

Wayang Jemblung - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Wayang Jemblung dikenal sejak dulu sebagai ritual untuk memohon keselamatan atas kelahiran seorang bayi yang baru lahir. Kini, Wayang Jemblung dipertunjukkan sebagai kesenian tradisional Jawa Tengah untuk sarana hiburan yang terus dilestarikan.

Bedanya, pertunjukan Wayang Jemblung tidak diiringi alunan instrumen alat musik Jawa Tengah, melainkan dengan nyanyian langsung oleh seorang penembang.

4. Lengger Calung

Lengger Calung - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Lengger memiliki arti penari, dan Calung yang berarti gamelan bambu. Kesenian tradisional khas Jawa Tengah ini merupakan tarian dinamis yang gerakannya mengikuti suara gamelan bambu.

Penari Lengger Calung memakai kemben dan kain, lengkap dengan selendang yang ditaruh di bahunya. Setidaknya ada 7 pemain gamelan bambu yang mengiringi pertunjukan ini.

5. Begalan

Begalan - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Begalan adalah kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berasal dari daerah Banyumas. Pertunjukan Begalan dilakukan sebagai salah satu tradisi di prosesi pernikahan. Yakni saat pengantin pria datang ke rumah sang pengantin wanita atau di tempat digelarnya pernikahan tersebut.

Penampil Begalan biasanya merupakan pria paruh baya yang memikul beberapa peralatan dapur tradisional. Seperti tampah, kendi, kipas anyam, dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Daftar Kesenian Tradisional Khas Jawa Timur)

6. Angguk

Angguk - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Angguk bisa dibilang sebagai kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berbeda dari yang lain. Sebab, tarian ini dilakoni oleh 10 penari laki-laki dalam satu kelompok. Dahulu, Angguk digunakan sebagai sarana dakwah agama Islam oleh Kesultanan Mataram.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat juga mengenal Tari Angguk yang berasal dari Kulon Progo, DIY, yang ditampilkan oleh penari wanita dengan kostum yang berbeda.

7. Ebeg

Ebeg - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Selanjutnya, ada Ebeg sebagai salah satu kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Ebeg mirip dengan kesenian Kuda Lumping, yang menampilkan penari yang berlakon seperti prajurit dengan boneka kuda.

Kegagahan prajurit yang menunggangi boneka kuda itu ditampilkan sebagai ciri khas tarian Ebeg.

8. Tari Bondan Payung

Tari Bondan Payung - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Bukan sembarang tarian, Tari Bondan Payung tampil dengan cerita seorang ibu yang menyayangi anaknya. Penari yang menggunakan pakaian khas Jawa Tengah akan berlakon sambil membawa beberapa properti, seperti boneka bayi, payung, dan kendi.

Penari kemudian harus menaiki kendi yang dibawa, dan tidak boleh pecah. Unik, kan? Tari Bondan Payung dibagi menjadi tiga jenis, yakni Tari Bondan Cindongo, Tari Bondan, Mardisiwi, dan Tari Bondan Tani. Tarian ini pun hingga saat ini masih menjadi kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang tetap dilestarikan.

9. Tari Gambyong

Tari Gambyong - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Tari Gambyong merupakan salah satu kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Tarian ini ditampilkan dengan gerakan lemah lembut penari yang memiliki kelenturan tubuh. Dahulu, tarian ini dilakukan saat masa panen sebagai wujud rasa syukur petani atas hasil panen.

Tak heran jika warna yang mendominasi pada kostum tarian ini adalah kuning dan hijau, yang mana merupakan representasi dari warna padi sebagai produk tani yang utama.

10. Tari Serimpi

Tari Serimpi - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Kesenian tradisional khas Jawa Tengah sangat bervariasi, salah satunya Tari Serimpi. Tari klasik ini berasal dari Surakarta yang dibawa dari Kesultanan Mataram.

Gerakan lemah lembut menjadi ciri khas Tari Serimpi yang ditampilkan dengan iringan suara gamelan Jawa.

(Baca Juga: 34 Pakaian Adat dari Seluruh Indonesia)

11. Srandul

Srandul - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Tak banyak orang tahu, ternyata Srandul dikenal sebagai dramatari selain Kethoprak. Pelakon memerankan tokoh tertentu sambil sesekali menari dan bernyanyi. Mereka memakai baju adat khas Jawa Tengah, dan ada pula yang tampil memakai topeng.

Pertunjukan Srandul biasanya digelar malam hari, lengkap dengan iringan musik gamelan dan alat musik lainnya, serta tembang lagu Jawa Tengah.

12. Rengkong

Rengkong - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Ada lagi kesenian tradisional yang ditampilkan sebagai wujud rasa syukur setelah masa panen, yakni Rengkong. Kesenian ini dilakoni oleh masyarakat beramai-ramai sambil memikul ikatan padi sebagai hasil panen dengan pikulan bambu atau kayu.

Kemudian, pikulan tersebut digoyangkan hingga menimbulkan suara gesekan seperti suara kodok.

13. Macapat

Macapat - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Kesenian tradisional Jawa Tengah juga memiliki kesenian di bidang sastra. Macapat merupakan tembang atau puisi tradisional yang sudah ada sejak peralihan masa kerajaan Majapahit menuju dimulainya masa perjalanan Wali Songo.

Macapat terdiri dari baris kalimat yang disebut gatra. Setiap gatra ini memiliki beberapa suku kata, dan berakhir pada bunyi sajak akhir atau disebut sebagai guru lagu.

14. Dengklung

Dengklung - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Dengklung merupakan kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang berasal dari Kabupaten Batang. Kesenian religi agama Islam ini berbentuk lantunan salawat yang dinyanyikan sekelompok penyanyi wanita atau pria. Musik dari alat-alat khas Timur Tengah seperti rebana mengiringi pertunjukan Dengklung ini.

15. Tayuban

Tayuban - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Kesenian tradisional yang satu ini merupakan tarian yang mirip dengan Tari Jaipong dari Provinsi Jawa Barat. Penari wanita dan penari pria menari bersama dengan seutas selendang yang terjuntai di bagian bahu masing-masing.

Tayuban kini masih ditampilkan pada pesta pernikahan atau sunatan. Terutama saat penyambutan salah satu mempelai atau saat arak-arakan bocah setelah disunat.

16. Kuda Lumping atau Jathilan

Kuda Lumping atau Jathilan - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Rasanya, hampir semua orang sudah mengetahui salah satu kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang dikenal dengan nama Kuda Lumping. Tarian ini dilakoni oleh penari yang menaiki boneka kuda anyaman, sambil memegang pedang. Keterlibatan kekuatan magis juga kerap digunakan oleh penampil sakti nan handal.

Dahulu, Kuda Lumping digunakan sebagai ritual magis untuk upacara tertentu. Tapi kini, kesenian Kuda Lumping bisa ditampilkan sebagai pertunjukan hiburan semata.

17. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana - 18 Kesenian Tradisional Khas Jawa Tengah Terlengkap Sudah Tahu

Sesuai namanya, kisah Ramayana ditampilkan pada kesenian drama tanpa dialog ini. Diceritakan Ramayana berjuang keras untuk menyelamatkan sang istri, Shinta, yang diculik oleh Rahwana.

Pertunjukan Sendratari Ramayana, masih bisa kamu temui di area Candi Prambanan secara rutin sejak tahun 1961.

18. Tembang Dolanan

Kesenian tradisional khas Jawa Tengah yang terakhir adalah Tembang Dolanan. Lagu-lagu tradisional seperti Cublak-cublak Suweng, Jamuran, dan lainnya dinyanyikan oleh anak-anak.

Lagu-lagu ini biasanya dinyanyikan beramai-ramai sambil memainkan permainan tradisional atau sambil menari.

Itulah beberapa kesenian tradisional khas Jawa Tengah. Walau di rumah aja, selalu ingat untuk memperkaya pengetahuan dengan rajin membaca buku secara konvensional maupun buku online. Penuhi berbagai kebutuhan buku dan belanja lainnya dengan promo menarik dari kartu kredit ternama.

Yuk, miliki kartu kredit sesuai kebutuhanmu dengan mengajukannya secara mudah lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah