Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Ketahui Dulu 4 Hal Ini Sebelum Beli Mitsubishi MX

by lhmdi on 2 Juli, 2017

mobil untuk mudik_kredit kendaraan - CekAja.com

Mobil low multi purpose vehicle  atau MPV Mitsubishi MX memang sudah dikenalkan pada tahun 2016 yang lalu dan pada saat itu hadir dalam bentuk concept.

Namun, baru pada tahun 2017 mobil ini diperkenalkan langsung di Indonesia saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada bulan Fruari 2017 yang lalu.

Bahkan, Mmitsubishi, membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Mobil dari Mitsubishi ini memang tampil menawan pertama kali dikenalkan.

Hal ini dikarenakan mobil ini tampil dalam bentuk concept, yang artinya, belum sempurna namun sudah mengenalkan fitur-fitur yang nantinya diterapkan saat mobil ini dijual untuk konsumen.

Akan tetapi, meski hadir dalam tampilan yang masih “concept” Mitsubishi  mengklaim bahwa mobilnya mamu bersaing dengan mobil-mobil MPV yang sudah lebih dahulu hadir di Indonesia, seperti Toyota Avanza hingga Suzuki Ertiga.

(Baca Juga: Mengapa Mitsubishi XM Concept Layak Menjadi Incaran?)

Bahkan, pada Februari yang lalu, Mitsubishi dikabarkan akan melepas mobil ini dengan harga yang berkisar di angka Rp 180.000.000 hingga Rp 275.000.000 yang artinya tidak berbeda jauh dengan harga-harga mobil MPV lainnya.

Lalu, apa yang membuat mobil terbaru Mitsubishi ini terlihat istimewa?

Eksterior dan Interior Mitsubishi MX Concept Jadi Andalan

liburan mobil pribadi - CekAja.com

Hampir sebanding dengan mobil-mobil jenis MPV terbaru yang hadir di Indonesia, Mitsubishi XM concept memuat mesin dengan kapasitas 1.5 liter, plus pilihan transmisi 4Speed otomatis dan 5-Speed manual.

Namun, yang selalu menarik perhatian dari sebuah mobil concept tentu saja tampilan eksterior dan interiornya. Saat mengenalkan Mitsubishi XM concept tampilannya menyerupai gaya SUV dengan fungsi utamanya tetap sebagai mobil MPV.

Berikutnya, tampilan ekstrior mobil juga sangat dinamis namun tetap bergaya sporty. Hingga pada bagian lampu. Mitsubishi akan menampilkan lampu di kap mesin yang membuat mobil tampil lebih elegan.

Belum cukup, Mitsubishi juga menampilkan spion kecil dengan menghadirkan gari-sgaris yang bekrsan futuristik, tanpa mengenyampingkan fungsi kaca spion untuk keamanan dan kenyamanan.

Sementara itu, untuk tampilan ground clearance, pada mobil concept ini Mitsubishi membuatnya lebih tinggi dibandingkan mobil MPV lainnya, sehingga dapat berjalan lancar di medan yang sangat sulit.

Bahan pada bagian atap, mobil ini memiliki fitur Full Sun Roof. Namun, tentunya jika dilihat di kondisi alam Indonesia, Mitsubishi sepertinya akan meniadakan fitur ini pada bagian atap mobilnya.

Selain eksterior yang gagah, Mitsubishi MX juga memiliki tampilan interior yang yang tak kalah menarik. Apalagi jika mobil ini termasuk daam kelas MPV, maka dipasikan mampu menampung penumpang hingga tujuh orang.

Tidak hanya itu, desain ruang kemudi dibuat sangat futuristik sehingga diklaim mamu menambah kenyamanan pengemudi saat mengendarai mobil ini. Tidak mau ketinggalan, kabin penumpang pun diubah dengan tampilan yang lebih sporty.

Meskipun begitu, Mitsubishi sendiri nantinya berencana untuk membuat jarak antara bangku penumpang lebih longgar sehingga terasa nyaman ditempati oleh anggota keluarga yang akan bepergian.

Gambaran mobil concept dari Mitsubishi ini memang menarik. Apalagi bagi masyarakat yang sudah melihat langsung mobil ini pada Februari 2017 yang lalu di ajang IIMS. Namun, yang namanya mobil concept, belum tentu akan tampil serupa dengan mobil yang akan dijual di pasaran nanti.

Expander, Versi Final dari Mitsubishi MX Concept?

tips beli mobil - CekAja.com

Pada gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 baru-baru ini, Mitsubishi mengenalkan satu mobil MPV mereka yang diberi nama Mitsubishi Expander.

Mobil ini terlihat hampir sama dengan mobil Mitsubishi MX concept yang sudah dikenalkan pada bulan Februari 2017 yang lalu. Setelah selesai dengan mobil concept-nya, Mitsubishi memberi nama mobil ini dengan Expander dan menghadirkan enam tipe mobil yang diberi nama GLX M/T dengan harga off the road untuk kawasan Jabodetabek seharga Rp 189.050 000.

Selanjutnya, masih ada seri Xpander lainnya GLS M/T Rp 208.550.000,  EXCEED M/T Rp 214.550.000, EXCEED A/T Rp 224.950.000, SPORT A/T Rp 237.150. 000, ULTIMATE A/T Rp 245.350.000.

Secara umum, mobil Expander ini tidak terlihat jauh berbeda dengan mobil Mitsubishi yang diberi nama MX. Desain modern dan bodi yang terlihat kokoh masih terlihat sama.

Sementara itu, terdapat tambahan terbaru dengan kehadiran lampu belakang LED yang lebih gaya dan modern. Hal yang sama juga berlaku pada bagian interiornya. Mobil ini mampu menampung tujuh penumpang seperti halnya mobil jenis MPV Lainnya.

Pada bagian interior, ditambahkan fitur baru yang lebih lengkap daripada mobil concept-nya. Mitsubishi Xpander membuat sebuah fitur khusus yaitu, ruang penyimpanan multifungsi hampir di setiap sisi mobil.

Selain dashboard dan kantong di bagian kursi, terdapat satu tempat penyimpanan di bawah jok pada kursi bagian tengah.

Belum cukup sampai disana, terdapat tiga kursi di bagian belakang yang dapat dilipat sehingga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan jumlah penumpang yang akan menggunakan mobil ini.

Sebagai tambahan, Mitsubishi Expander sendiri akhirnya dilengkapi dengan mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve. Begitu pula pada fitur keamanan, Mitsubishi menambahkan beberapa standar kemanan pada mobil seperti DUAL SRS Airbag, Anti-Lock Braking System, hingga Emergency Stop Signal.

Penggemar otomotif, khususnya mobil MPV sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum berkeinginan membeli Mitsubishi MX atau kini dikenal dengan nama Expander ini:

  1. Faktor bahan bakar

Secanggih apa pun mobil dengan jenis MPV di Indonesia, masyarakat Indonesia pastinya mempertimbangkan bahan bakar. Oleh karena itu sebelum berencana membeli Mitsubishi Expander, perhatikan dan tanyakan tentang bahan bakar yang akan digunakan oleh mobil ini.

Lalu, apakah bahan bakar yang digunakan nantinya ramah lingkungan, seperti mobil-mobil murah yang sempat direncanakan pemerintah beberapa waktu yang lalu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan bakar sebelum membeli mobil dari Mitsubishi yang satu ini.

  1. Apakah sesuai dengan kebutuhan

Mobil Mitsubishi Expander sudah dikenalkan sebagai mobil dengan jenis MPV, atau lebih tepatnya mobil untuk kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, jika hanya ingin membeli mobil untuk memenuhi kebutuhan pribadi, sebaiknya tunda dulu untuk membeli mobil ini.

Namun, jika ingin merasakan suasana baru berkendara dengan mobil yang termasuk dalam kategori MPV, Mitsubishi Expander memang layak untuk dicoba.

  1. Sesuaikan dengan kondisi geografis

Salah satu fungsi dari yang ditawarkan mobil dengan kategori MPV adalah kenyamanan dan keamanan. Nah, jika ingin membeli mobil Mitsubshi Expander pertimbangkan juga faktor geografis.

Sebagai contoh, jika kamu tinggal di kota besar, maka infrastruktur jalan tentu saja bukan halangan. Namun, jika tinggal di kota yang tidak terlalu padat maka mobil MPV dari Mitsubishi ini akan terasa sia-sia, karena jalur jalan di wilayah pedesaan masih belum berjalan sempurna.

  1. Modifikasi mobil lama

Meskipun Mitsubishi Expander dijual dengan harga yang bersaing, tetap saja harganya tidak pas di kantong. Apalagi jika dilihat dari kebiasaan masyarakat di Indonesia pastinya membeli dengan cara mencicil melalui fasilitas kredit kendaraan bermotor.

Nah! Jika kamu berada dalam situasi ini, tersedia satu solusi lain yaitu mengubah mobil yang sekarang kamu miliki dan memodifikasinya sendiri, sehingga mobil lama kamu jadi terlihat baru dan tidak kalah dari mobil terbaru keluaran Mitsubishi.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.