Ketawa Ternyata Menyehatkan dan Bisa Menangkal Corona, Ini Faktanya

4 min. membaca Oleh CekAja on

Sudahkah kamu ketawa hari ini? Kamu perlu untuk sering-sering ketawa. Sebab, hal ini memiliki peran dalam menjaga kesehatanmu. Namun, jangan sampai ketawa tanpa sebab ya.

tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak

Ketawa atau tertawa bisa dibilang sebagai salah satu anugerah terbaik dalam kehidupan. Ungkapan rasa gembira ini tanpa disadari memiliki banyak manfaat.

Lewat ketawa, hubungan antara manusia dapat terjalin dengan kuat. Keadaan tertawa juga menggambarkan adanya kehangatan dalam suatu hubungan atau kelompok.

Tidak hanya itu, hormon endorfin yang dilepaskan saat tertawa dapat membuat seseorang merasa dirinya lebih baik. Hal itu pun berdampak pada pengembalian semangat dalam melakukan aktivitas.

Tidak berhenti sampai di situ, ketawa ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat ketawa yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Ketawa bisa menjadi obat yang mujarab serta praktis bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa tertawa dapat menyebabkan pembuluh darah jadi melebar.

Itu artinya dengan tertawa seseorang telah berhasil menurunkan tekanan darahnya. Kontribusi ketawa dalam menurunkan tekanan darah ini tentu dapat mengurangi risiko seseorang terserang stroke.

Dengan begitu, daripada kamu memikirkan hal-hal yang tidak menenangkan, ada baiknya kamu lebih sering mencari dan menemukan sisi lucu dari hal-hal yang ada di sekitarmu. Jika hal itu berhasil memancing tawamu, berarti kamu sudah menekan angka risiko penyakit berbahaya yang satu ini.

2. Menyehatkan Jantung

Pembuluh darah yang melebar akibat ketawa tentu bakal membuat aliran darah menjadi lancar. Kondisi ini memberikan manfaat positif lainnya yang tak kalah penting, yaitu berdampak pada kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa tertawa bisa menyehatkan jantung. Ketika mengekspresi ungkapan rasa bahagia tersebut, tubuh akan meresponsnya dengan berkurangnya peradangan pada arteri. Selain itu, ketawa juga dinilai dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Ketika seseorang tertawa, peningkatan aliran oksigen di dalam peredaran darah pun terjadi. Respons-respons tubuh semacam ini tentu berdampak baik terhadap kesehatan jantung.

Dalam hal meningkatkan fungsi jantung, ketawa juga dinilai sebagai latihan kardio yang mumpuni. Jadi, jika kamu tidak sanggup untuk melakukan aktivitas fisik, gantilah dengan sering tertawa. Sebab, hal ini akan membantu jantungmu untuk memompa dan membakar kalori dalam jumlah yang hampir sama dengan saat kamu berjalan.

3. Mengurangi Stres

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, tidak tertutup kemungkinan kamu mengalami stres terhadap apa yang kamu hadapi. Tapi tahukah kamu bahwa tingkat stres itu bisa ditekan dengan cara yang murah, praktis, dan alami, yaitu tertawa?

(Baca juga: Tetap Tenang! Ini 13 Tips Bebas Corona di Transportasi Umum)

Ya, dengan tertawa, tubuh akan merespons hal itu dengan menurunkan tingkat stres. Ketika ketawa, seseorang akan mengalami perasaan yang lega, lupa akan beban pikiran yang mungkin sebelumnya memberatkan.

Secara ilmiah, pada saat ketawa akan terjadi pengurangan produksi hormon-hormon yang menjadi penyebab terjadinya stres, seperti kortisol, epinefrin, dan dopamine.

Dalam proses itu, hormon tersebut akan digantikan dengan peningkatan produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang menekan rasa sakit atau yang dikenal dengan hormon bahagia.

Jadi, ketika hari-harimu terasa berat, carilah hal-hal yang bisa menghiburmu sehingga bisa memancingmu untuk tertawa. Niscaya beban pikiranmu akan berkurang.

4. Menurunkan Kecemasan

Selain mampu mengurangi tingkat stres, ketawa juga diyakini dapat menekan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan pada seseorang.

Dengan tertawa, emosi-emosi negatif yang menjadi pemicu depresi dan gangguan kecemasan tersebut akan dinetralkan oleh ungkapan rasa bahagia ini.

Mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi tertawa adalah cara yang efektif untuk membuat seseorang rileks sehingga mampu meredakan gangguan kecemasan dan depresi.

Hal itu tentu sangat bermanfaat di tengah merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 saat ini. Pada masa pandemi ini, tidak tertutup kemungkinan hari-harimu akan dihantui oleh rasa takut terhadap virus Corona.

Tiap kali menyalakan televisi atau membaca berita, berseliweran kabar-kabar yang “menakutkan” seputar Corona, seperti angka temuan kasus yang terus meningkat, jumlah kematian, serta ancaman terhadap ekonomi.

Ketika kecemasan mulai menghampirimu, tertawalah. Tertawa akan membantu otakmu untuk rileks. Bersamaan dengan itu, tubuhmu akan memberi respons dengan mengeluarkan hormon yang menenangkan dan memancing rasa bahagia. Dengan begitu, kecemasan yang dirasakan pun akan menurun.

5. Meningkatkan Imunitas

Imunitas atau sistem kekebalan sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menangkal serangan virus yang menjadi penyebab penyakit. Begitupun di tengah pandemi virus Corona saat ini. Kita sangat dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkit virus.

Namun, siapa sangka bahwa ternyata sistem kekebalan tubuh ini salah satunya bisa ditingkatkan dengan mudah, yaitu hanya dengan ketawa. Daya tahan tubuh seseorang juga dipengaruhi oleh suasana hati dan pikiran orang tersebut.

(Baca juga: 21 Cara Hidup Sehat yang Sederhana Mulai dari Sarapan hingga Tertawa)

Oleh karena itu, jangan heran apabila kamu gampang jatuh sakit ketika sedang banyak beban pikiran, stres, dan depresi. Sebab, pada saat itu, kekebalan tubuhmu pun ikut menurun.

Sebelum hal itu semakin berlarut-larut, balikkan keadaan. Carilah hal-hal yang lucu dan menyenangkan di sekitarmu. Ketika hal itu bisa membuatmu tertawa, imunitas tubuhmu akan kembali meningkat.

Tertawa akan menurunkan hormon yang menjadi penyebab stres, meningkatkan antibodi penangkal infeksi, menghalau depresi, serta memperkuat daya tahan tubuhmu.

Itu dia beberapa manfaat ketawa yang bisa kamu rasakan demi kesehatan. Daripada membiarkan dirimu terjangkit penyakit, lebih baik menangkalnya dengan cara yang mudah dan praktis ini. Temukan kekonyolan di sekitarmu dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatanmu!

Namun, kalau kamu ingin memberikan perlindungan terbaik buat keluarga dari paparan virus Corona, sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan yang meng-cover biaya pengobatan yang disebabkan oleh virus tersebut.

Salah satu produk asuransi terbaik yang menyediakan perlindungan dari virus Corona adalah Citra Proteksi Kesehatan Aktif dari Ciputra Life.

Dengan memiliki Citra Proteksi Kesehatan Aktif, kamu bisa mengajukan klaim biaya rawat inap rumah sakit hingga sembuh total dari Covid-19 yang semuanya akan diganti oleh Ciputra Life. Bahkan nilai premi yang kamu bayar pun bisa kembali 110 persen.

Tidak hanya membiayai pengobatan pasien, Ciputra Life juga akan mengembalikan 100 persen nilai premi yang telah dibayarkan kepada pihak keluarga, apabila nyawa pemegang polis tidak tertolong dan meninggal dunia.

Sementara buat para karyawan yang sudah diberi jaminan asuransi oleh kantor,asuransi Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa digunakan sekaligus selama masa penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang akan melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko paparan virus Corona lewat CekAja.com, sekarang juga!

Tentang kami

CekAja

CekAja