7 Keunggulan Mesin Hybrid Pada Mobil, Salah Satunya Eco Friendly!

Apa keunggulan mesin hybrid pada mobil? Umumnya, pertanyaan seperti ini seringkali keluar di dalam benak orang-orang yang memiliki niat untuk membeli mobil baru.

Keunggulan Mesin Hybrid pada Mobil

Sebab, sebelum membeli mobil baru, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis mobil apakah yang ingin kamu beli, mobil dengan mesin hybrid atau mobil dengan mesin non hybrid?

Maka dari itu, keunggulan mesin hybrid pada mobil jelas perlu kamu ketahui. Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang sekiranya perlu kamu ketahui tentang mesin hybrid pada mobil. Tanpa berpanjang lebar, yuk kita simak bersama-sama pembahasannya berikut ini!

Apa itu Mesin Hybrid Pada Mobil?

Sebelum kita membahas tentang keunggulan mesin hybrid pada mobil, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang definisi mesin hybrid pada mobil.

Dilansir dari situs nissan.co.id, mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaganya.

(Baca Juga: 6 Mobil Hybrid Terbaik di Indonesia)

Apabila mobil biasa pada umumnya hanya memiliki mesin bensin saja, nah mobil yang memiliki mesin hybrid justru memiliki satu sumber tenaga lainnya, yaitu baterai.

Akan tetapi, bensin tetap dijadikan sebagai sumber daya utama, sedangkan mesin baterai digunakan sebagai sumber energi cadangan yang dapat dimanfaatkan di situasi tertentu.

Keunggulan Mesin Hybrid pada Mobil

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut beberapa keunggulan mesin hybrid pada mobil yang mungkin perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Penggunaan Bahan Bakar Minyak yang Lebih Irit

Keunggulan mesin hybrid pada mobil yang pertama adalah, kamu bisa lebih irit dalam penggunaan bahan bakar minyak.

Hal tersebut dikarenakan, mesin mobil tidak akan hidup secara terus menerus, meskipun sedang kamu kendarai.

Ketika mesin mobil hybrid kamu hidupkan, maka bahan bakar minyak sama sekali tidak hidup. Sebaliknya, sistem kelistrikan mobil ini akan sepenuhnya ditenagai oleh baterai, mulai dari audio, AC, hingga power window.

Tak hanya itu, ketika mobil hybrid dikendarai dalam kecepatan rendah, maka tenaganya juga akan didukung oleh baterai yang terdapat di dalamnya.

Dengan cara kerja inilah, konsumsi bensin jelas menjadi jauh lebih irit dibandingkan mobil biasa yang tidak didukung oleh mesin hybrid.

2. Suara Mobil yang Lebih Halus

Keunggulan mesin hybrid pada mobil selanjutnya adalah suara mobil yang lebih halus serta minimnya getaran ketika sedang dikendarai.

Bagi sebagian orang, suara dan getaran mobil yang kasar mungkin akan terasa kurang nyaman, dan ini merupakan salah satu keunggulan dari mobil dengan mesin hybrid.

Ketika berada di kemacetan, mesin bensin yang terdapat di mobil tidak akan hidup. Sebaliknya, yang bekerja adalah motor listrik tenaga baterai. Sehingga, hal ini membuat mobil hybrid sangat minim getaran atau bahkan tanpa suara sama sekali.

Sedangkan ketika mesin ingin beralih menggunakan bensin, transisinya pun juga berjalan dengan begitu mulus.

3. Emisi Lebih Rendah

Emisi gas buang yang lebih rendah juga merupakan salah satu keunggulan mesin hybrid pada mobil, yang tentunya juga menjadi lebih ramah lingkungan, dibandingkan mobil biasa.

Dilansir dari situs tunastoyota.com, mobil hybrid dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengurangi zat beracun yang terkandung di dalam emisi gas buang.

Tak hanya itu, jenis mobil satu ini juga didukung oleh motor listrik yang dapat mengurangi beban pada mesin bensin ketika berkendara.

Dalam arti, ketika kendaraan sedang dalam mode EV (Electric Vehicle) atau mati, emisi yang dihasilkan akan berkurang lebih banyak.

4. Menggunakan Transmisi CVT

Di Indonesia itu sendiri, mobil yang menggunakan mesin hybrid baru mobil yang dikategorikan mewah seperti Toyota Prius dan Toyota All New Camry.

Tentunya, kedua mobil ini juga menggunakan sistem fuel injection dan minimal rasio kompresi mesin adalah 10,5, sehingga kinerjanya tidak akan efektif apabila menggunakan bahan bakar premium.

Nah, dilansir dari rentalmobilbali.net, mobil seperti Toyota All New Camry 2.5 Hybrid sudah menggunakan transmisi CVT (Continous Variable Transmission), yang membuat penumpang dan pengemudi hampir tidak merasakan perpindahan gigi. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan selama berkendara, bukan?

5. Performa Akselerasi dan Kecepatan yang Sangat Baik

Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa mobil yang irit bahan bakar cenderung memiliki performa yang tidak maksimal.

Namun dengan adanya mobil hybrid, anggapan tersebut bisa benar-benar ditepis. Sebaliknya, salah satu keunggulan mesin hybrid pada mobil adalah peforma dalam akselerasi yang begitu impresif, meskipun penggunaan bahan bakar yang hemat. Mengapa bisa demikian?

Hal tersebut dikarenakan mobil hybrid memiliki dua sumber tenaga yang ternyata bisa saling mendukung satu sama lain.

Adanya mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai ternyata mampu memberikan daya untuk menambah akselerasi dan kecepatan pada mobil.

Selain itu, mesin mobil yang tidak mudah panas juga merupakan salah satu keunggulan mesin hybrid pada mobil

6. Lebih Ramah Lingkungan

Keunggulan mesin hybrid pada mobil selanjutnya yang tak boleh ketinggalan adalah, jenis mobil ini jelas lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil non-hybrid pada umumnya.

Sebab, mobil ini didukung oleh motor listrik, sehingga penggunaan bahan bakar pun dapat diminimalisir.

Bahkan dilansir dari nissan.co.id, penggunaan mobil dengan mesin hybrid juga dapat mengurangi polusi hingga 90% lho.

7. Biaya Perawatan yang Lebih Hemat

Nah, keunggulan mesin hybrid pada mobil yang terakhir adalah, biaya perawatannya yang justru jauh lebih hemat dibandingkan mobil pada umumnya.

Mengapa? Walaupun harga baterai memang relatif mahal, akan tetapi masa usianya juga lebih lama. Selain itu, biasanya baterai juga memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup.

Mobil dengan mesin hybrid juga bisa dijadikan sebagai investasi karena harga jualnya yang tidak terlalu mengalami banyak perubahan.

Beberapa Mobil Hybrid yang Ada di Indonesia

Tertarik untuk membeli mobil dengan mesin hybrid? Sayangnya, mobil hybrid di Indonesia itu sendiri belum terlalu banyak.

Jikapun ada, biasanya harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan mobil non-hybrid pada umumnya.

Akan tetapi, harga mahal yang dimiliki oleh mobil hybrid jelas seakan sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Sebab, selain kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengisian bahan bakar, jenis mobil satu ini juga lebih irit dalam hal perawatan dan dapat dijadikan sebagai investasi pula, karena harganya yang tidak terlalu mengalami perubahan.

Nah, jika kamu ingin memiliki mobil hybrid, ada beberapa jenis mobil yang bisa kamu jadikan pilihan, diantaranya adalah:

  • Toyota Alphard Hybrid : Rp 1,42 miliyar
  • Toyota Camry Hybrid : Rp 848 juta
  • Toyota Corolla Altis Hybrid : Rp 591 juta
  • Toyota All New C-HR Hybrid : Rp 559 juta
  • Honda CRZ : Rp 475 juta
  • Nissan Kicks e-POWER : Rp 449 juta

Berikan Perlindungan Ekstra Untuk Mobil Kesayangan Kamu dengan Asuransi Kendaraan di CekAja!

Jadi, itulah beberapa keunggulan mesin hybrid pada mobil yang sepertinya perlu kamu ketahui. Tahukah kamu? Mobil apapun yang kamu miliki, memberikan perlindungan ekstra dengan asuransi kendaraan tetap sangat diperlukan lho.

Termasuk mobil hybrid, yang digadang memiliki biaya perawatan yang lebih hemat. Bukankah akan lebih baik untuk mencegah dibandingkan mengobati?

Kita tidak ada yang bisa memprediksi situasi seperti apa yang akan terjadi ketika berkendara. Berbagai kemungkinan bisa sajs terjadi tanpa kita sadari.

Dan dikarenakan hal itulah, memiliki asuransi kendaraan bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Saat ini, sudah banyak sekali produk-produk asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih. Saking banyaknya, terkadang justru membuat kamu bingung untuk memilih.

(Baca Juga: Tips Rawat Mobil Selama PPKM Darurat)

Melalui CekAja.com, kamu bisa memanfaatkan fitur perbandingan yang bisa digunakan untuk memilih jenis produk asuransi kendaraan apakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tak hanya itu, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa langsung melakukan pengajuan untuk produk asuransi yang sudah dipilih lho, yang mana seluruh proses dapat dilakukan secara online.

Tanpa perlu keluar rumah, kamu sudah bisa mendapatkan produk asuransi kendaraan yang diinginkan. Lumayan banget kan! Jadi tunggu apa lagi?

Yuk segera kunjungi CekAja.com dan berikan perlindungan ekstra untuk mobil kesayangan dengan asuransi kendaraan terbaik.