5 Keunikan Race MotoGP Mandalika 2022, Dari Pawang Hujan Hingga Cuaca Panas

Race MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia akhir-akhir ini menjadi perhatian fans MotoGP Indonesia dan dunia.

keunikan race motogp mandalika 2022

Sirkuit yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di daerah Kuta Mandalika ini memang menjadi salah satu daerah yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kawasan tersebut merupakan kawasan yang memang sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata super prioritas oleh pemerintah. Mandalika dijadikan destinasi wisata super prioritas karena dianggap memiliki potensi keindahan alam serta adat istiadat yang unik dibandingkan wilayah lain.

Keunikan tersebut kemudian juga menular pada balapan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Minggu (20/3) kemarin. Beberapa kejadian unik dan tak terduga terjadi di race tersebut.

Penasaran kejadian unik apa yang terjadi? Berikut CekAja.com sajikan 5 keunikan race MotoGP Mandalika.

1. Pawang Hujan

Keunikan pertama adalah disediakannya jasa pawang hujan untuk menangkal turunnya hujan selama race berlangsung. Pawang hujan yang bernama Rara Isti Wulandari ini melakukan ritual-ritual serta doa-doa untuk menjaga supaya cuaca di sekitar Sirkuit Mandalika tetap cerah.

Walaupun sudah melakukan segala berbagai ritual untuk mencegah hujan turun, nyatanya hujan deras tetap turun di tengah race. Namun begitu, Mbak Rara, sapaan akrabnya, langsung sigap untuk kembali melakukan ritual pencegahan turunnya hujan.

Aksi Mbak Rara juga mendapat sorotan para rider yang berlaga. Fabio Quartararo jadi salah satu rider yang melakukan gerakan seperti yang dilakukan oleh Mbak Rara saat race dihentikan karena hujan deras tersebut.

2. Hujan Disertai Petir yang Menyambar Aspal Mandalika

Saat hujan turun di tengah-tengah race, sambaran petir terekam kamera menyambar sisi pinggir aspal Mandalika. Sambaran petir tersebut diikuti letupan api. Karena hujan petir ini, race terpaksa ditunda selama 1 jam 15 menit.

Video sambaran petir dan letupan api ini diunggah pada akun Instagram dan Twitter resmi MotoGP, @motogp. Tertulis caption bahwa “Untungnya, kondisi cuaca membaik dan memungkinkan kami untuk balapan”.

3. Cuaca Panas yang Dirasakan Para Pembalap

Selain Sirkuit Mandalika yang harus ditaklukkan, panasnya cuaca Lombok juga harus dihadapi para pembalap dan kru MotoGP. Para pembalap menganggap suhu di Mandalika lebih tinggi daripada suhu di Sepang, Malaysia.

Saking panasnya, beberapa rider seperti Raul Fernandez dan Adrian Fernandez dari tim Tech3 Racing pun memilih untuk berendam untuk mengurangi suhu panas di Sirkuit Mandalika.

Keunikan race MotoGP Mandalika 2022 lainnya datang dari Leopard Racing Team. Mereka harus putar otak untuk membuat para rider tetap nyaman saat berlaga. Salah satunya adalah dengan memasukkan helm para rider ke kulkas untuk menjaganya tetap dingin.

4. Marc Marquez Absen Race MotoGP Mandalika

Pembalap tim Honda Repsol, Marc Marquez, dinyatakan tidak fit untuk mengikuti race Mandalika karena mengalami gegar otak. Hal ini terjadi setelah dirinya mengalami kecelakaam pada sesi pemanasan.

Total, pebalap asal Spanyol ini mengalami empat kali kecelakaan, yaitu satu kali pada sesi latihan bebas kedua, dua kali di sesi kualifikasi 1, dan satu kali di sesi pemanasan.

Marquez kemudian dilarikan ke rumah sakit di Mataram untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Usai balapan Moto2 selesai, pihak MotoGP membeberkan bahwa Marc Marquez tidak fit untuk mengikuti balapan.

5. Risman Taye, “Teman Baru” Miguel Oliveira

Peraih Juara Pertamina Grand Prix of Indonesia, Miguel Oliveira, mempersembahkan kemenangannya kepada sang anak dan Risman Taye. Namun, siapakah sosok Risman Taye?

Risman adalah staf hotel tempat Oliveira tinggal selama di Mandalika. Oliveira mengaku bahwa Risman adalah sosok yang membantunya ketika berada di Indonesia.

Risman pun sempat memprediksi Oliveira akan menjadi juara MotoGP. Hal ini terlihat dari unggahan akun Instagramnya yang bertuliskan “Candidate champion 2022”.

Itulah keunikan yang terjadi saat race MotoGP Mandalika 2022 berlangsung. Bagi kamu yang ingin menonton perhelatan MotoGP atau sekadar ingin berlibur ke Pulau Lombok, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapat berbagai keuntungan dan promo menarik. Jika belum mempunyai kartu kredit, kamu bisa ajukan kartu kredit terbaik melalui CekAja.com!

Tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit dan dapatkan promo-promo terbaiknya!