Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Keuntungan Finansial Ketika Beli Mobil Bekas

by Rafly Aditia on 22 Februari, 2016

beli mobil - CekAja.com

Beli mobil bekas ternyata bisa lebih menguntungkan dibanding beli mobil baru. Sudah pasti, harga mobil murah bekas bisa lebih murah dan membuat keuangan lebih hemat.

Tidak sedikit orang yang masih bingung ketika ingin membeli mobil yang bisa mendukung aktivitas hariannya. Apalagi mobil ini adalah mobil perdana yang akan dibelinya. Pertanyaannya satu, lebih baik beli mobil baru atau bekas? Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Semua memang tergantung kondisi. Tetapi, kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan yang bisa didapatkan saat beli kendaraan bekas. Sebab, ternyata beli mobil second bisa lebih untung. Berikut ini adalah daftar keuntungan apa saja yang bisa didapatkan;

Harga mobil bekas relatif lebih murah

Hal pertama yang paling terasa ketika memutuskan untuk beli mobil bekas adalah harganya yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Yup, hal ini sudah pasti terjadi pada setiap barang bekas termasuk mobil. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah penyebab utama seseorang lebih memilih untuk beli yang bekas. Daripada menghabiskan uang ratusan juta untuk sebuah mobil, banyak yang berpikir lebih baik kredit mobil bekas layak pakai yang memiliki harga hanya puluhan juta rupiah.

Terkadang kualitas lebih baik

Kalau alasan yang satu ini sih sebenarnya tergantung mobil yang kamu pilih. Misalkan saat ini harga rata-rata mobil pabrikan Jepang termurah berada di kisaran 100 juta rupiah, maka hanya dengan setengah dari budget tersebut kamu sudah bisa memiliki mobil pabrikan Eropa yang layak pakai.

Secara kualitas, mobil pabrikan Eropa berada satu tingkat diatas mobil produksi Jepang. Tentunya, kalau kamu mau sedikit lebih rajin merawat mobil dan mengetahui seluk-beluk permasalahan kendaraan roda empat maka memiliki mobil dari pabrikan Eropa dengan kualitas tinggi seperti Mercy atau BMW bisa didapatkan. (Baca juga: Daftar Usaha Sampingan yang Bisa Hasilkan Banyak Uang

Biasanya ketika membeli mobil baru, kamu akan menjalani beberapa prosedur yang bisa dibilang cukup memakan waktu dan tidak jarang membuat pusing. Apalagi kalau pembelian dilakukan secara kredit, maka ada hal-hal sepele lain yang harus kamu urus. Sementara kalau membeli mobil bekas prosedurnya akan lebih mudah, kamu bayar sesuai kesepakatan dan mobil bisa langsung dibawa pulang. Paling akan sedikit ribet ketika ingin balik nama surat-surat kendaraan saja

Sisa uang bisa dipakai modifikasi

Bagi penggemar modifikasi, beli mobil merupakan pilihan yang sangat tepat dibanding beli mobil baru. Apabila saat ini kamu punya budget Rp 150 juta, dibandingkan membeli mobil baru produksi terkini dengan tampilan serta kemampuan mesin yang biasa-biasa saja lebih baik beli mobil dengan harga murah. (Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Prosedur tidak repot

Uang lebih yang tersisa setelah selesai membawa pulang mobil bekas bisa dipakai untuk modifikasi. Mulai dari modifikasi mesin, body, interior dan sebagainya bisa dilakukan sesuai keinginan dan dana yang dimiliki. Bahkan dengan mengeluarkan uang yang sama yaitu Rp 150 juta, kamu bisa memiliki mobil yang akan selalu dilihat orang-orang saat melintasi aspal jalanan nantinya.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami