Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Keuntungan Jadi Pegawai BUMN, Apa Saja?

by Achmad Fauzi on 28 Agustus, 2018

Menjadi pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memang jadi impian banyak orang. Karena, banyak keuntungan yang didapat jika menjadi karyawan perusahaan negara ini.

uu ketenagakerjaan _ CekAja.com

Apa saja sih keuntungan pasti jika bekerja di BUMN? Cek penjelasannya di bawah ini!

Gaji dan tunjangan yang tinggi

Permasalahan gaji tidak usah diragukan lagi saat jadi karyawan perusahaan milik negara. Pasalnya, gaji yang didapatkan sangat tinggi. Untuk pegawai yang baru masuk saja bisa mendapat gaji pokok sekitar Rp6 juta-Rp7 juta. Nilai tersebut masih belum final, karena masih adanya tambahan  berupa tunjangan.

Tunjangannya pun bermacam-macam, mulai dari tunjangan kemahalan (keperluan sehari-hari), insentif jabatan, asuransi diri dan keluarga, jaminan hari tua, hingga tunjangan dana pensiun. Jika ditotal, gaji karyawan BUMN bisa mencapai dua digit (Rp10 juta – Rp15 juta).

(Baca juga: Cek! Jumlah Utang Indonesia Terbaru Berdasarkan Laporan Bank Indonesia)

Bonus tahunan

Bonus juga akan didapat para pegawai setiap tahunnya. Pegawai biasanya mendapatkan bonus tahunan berupa dana insentif premium yang dihitung dari periode kerja. Selain itu, jika perusahaan untung, para pegawai BUMN juga akan mendapatkan bonus dari keuntungan tersebut.

Dengan ini, jika dikalkulasikan, karyawan BUMN bisa menerima gaji serta bonus sebanyak 16-17 kali setiap tahunnya. Menggiurkan bukan?

Dapat beasiswa karyawan

Pegawai juga sangat dimanjakan soal pendidikan. Pasalnya, perusahaan BUMN memberikan kesempatan bagi karyawannya yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi dengan dukungan berupa beasiswa. Artinya, biaya pendidikannya dijamin oleh perusahaan.

(Baca juga: Ini 3 Perusahaan Credit Scoring Terbesar di Dunia)

Selain itu, para pegawai BUMN juga dapat mengambil cuti sekolah. Artinya, para pegawai tetap akan digaji secara penuh meskipun sedang melanjutkan pendidikan.

Jenjang karier jelas

Jenjang karier di perusahaan BUMN juga begitu cepat. Karena, di perusahaan BUMN mengutamakan kinerja. Jika kinerja karyawan dinilai baik, maka bisa langsung naik jabatan. Kenaikan jabatan tentu akan mempengaruhi gaji dan tunjangan yang didapat. Otomatis, gaji dan tunjangan Anda naik apabila naik jabatan.

Lebih mudah raih fasilitas perbankan

Fasilitas perbankan seperti kredit dan pinjaman akan mudah diraih oleh para karyawan BUMN. Pasalnya, perbankan melihat gaji yang tinggi dari pegawai BUMN menjadi semacam jaminan atas kelancaran pembayaran.

(Baca juga: Cek! Bisnis Minuman yang Masih Hits Hingga Kini)

Apalagi, jika karyawan menggunakan fasilitas tersebut untuk membuka usaha, maka perbankan tidak berpikir panjang lagi untuk menyetujui pengajuan kredit atau pinjaman. Selain itu, biasanya perbankan juga memberikan program cicilan yang murah untuk para karyawan BUMN.

Itulah beberapa keuntungan sebagai karyawan BUMN, sangat fantastis bukan? Namun begitu, Anda harus waspada jika ada lowongan menjadi pegawai BUMN. Karena, sekarang ini banyak tawaran lowongan kerja fiktif yang beredar di internet.

Dan perlu diingat, untuk menjadi karyawan BUMN tidaklah mudah. Perlu seleksi yang panjang sebelum meraih pekerjaan di perusahaan BUMN. Selamat mencoba dan terus waspada.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami