Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Apa Sih Keuntungan Kartu Debit Berlogo GPN?

by Achmad Fauzi on 7 Mei, 2018

tips anti bangkrut _ investasi - CekAja.com

Baru-baru ini Bank Indonesia bersama perbankan meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN sendiri merupakan sistem yang menyatukan berbagai sistem pembayaran atau transaksi perbankan agar saling terhubung.

Dalam artian luas, semua transaksi dengan kartu debit dari berbagai bank sudah terintegrasi dalam suatu sistem pembayaran dalam negeri.

Penerapan kartu berlogo GPN memang sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional. Logo GPN dalam kartu debit terdiri dari gambar Garuda yang sedang terbang berwarna merah dan huruf GPN berwarna biru yang merupakan singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional.

“GPN menjadi langkah terobosan dalam rangka menghilangkan fragmentasi layanan pembayaran retail sehingga masyarakat dapat mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas,” kata Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo dalam siaran pers.

Dengan hadirnya kartu debit berlogo GPN, pastinya Anda bertanya-tanya di dalam hati, apa sih bedanya kartu debit yang memiliki logo GPN dengan yang tidak? Kemudian, apa keuntungannya? Serta bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, mengenal lebih jauh kartu jenis ini!

Perbedaan Kartu Debit GPN dengan Kartu Debit Biasa

Sebenarnya, perbedaan kartu bebit berlogo GPN tidak terlalu signifikan dengan kartu debit biasa. Karena, seperti telah dijelaskan di atas, kartu debit berlogo GPN hanya menyatukan semua transaksi perbankan yang menggunakan kartu debit.

Kartu debit berlogo GPN telah menggunakan sistem pembayaran dari dalam negeri. Perlu Anda ketahui, dahulu sistem transaksi dalam kartu debit yang Anda gunakan adalah sistem asing seperti Visa, Mastercard, JCB, dan lainnya.

Merujuk data Bank Indonesia, saat ini perbankan sudah mencetak 400.000 kartu debit berlogo GPN. Selain itu, 98 perbankan juga sudah berkomitmen untuk mencetak dan mengedarkan kartu debit berlogo GPN.

(Baca juga: Yuk Mengenal Redenominasi! Uang Rp10.000 Jadi Rp10!)

Keuntungan Kartu Debit berlogo GPN

Banyak manfaat yang Anda dapatkan jika mengganti kartu Debit berlogo GPN. Tak sedikit diskon transaksi yang bisa Anda raih dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN. Namun, tidak hanya Anda yang mendapatkan manfaat, pelaku industri dan pedagang atau merchant juga mendapat banyak manfaat dengan hadirnya kartu debit berlogo GPN.

Keuntungan untuk Anda

Dengan hadirnya kartu debit berlogo GPN, Anda akan mendapatkan penurunan biaya administrasi kartu bulanan. Penurunan biayanya pun lumayan mulai dari Rp500 hingga Rp1.000 tergantung dari jenis golongan kartu debit dari bank yang mengeluarkan.

Misalnya, pada kartu debit berlogo GPN milik Bank Mandiri, Anda akan mendapatkan penurunan tarif administrasi pada kartu debit Platinum menjadi Rp7.500 atau turun Rp1.000, kartu debit Gold Rp4.500 atau turun Rp1.000, dan kartu debit Silver Rp2.000 atau turun Rp500.

Selain itu, karena adanya satu interkoneksi dalam sistem GPN, maka Anda bisa bertransaksi menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC) dari bank manapun.

Banyak pula promo yang dihadirkan pihak perbankan. Contohnya pada Bank BCA, jika Anda bertransaksi menggunakan kartu debit BCA GPN, akan mendapatkan potongan untuk pembelian makanan, tempat hiburan, dan belanja di minimarket. Untuk makanan, Anda akan mendapatkan potongan Rp20.000 jika bertransaksi di Bakmi GM, Anda juga akan mendapatkan diskon 20 persen jika bertransaksi di gerai minuman Hop Hop, dan banyak potongan harga lainnya.

Untuk tempat hiburan, Anda akan mendapatkan diskon 25 persen jika bertransaksi menggunakan kartu debit BCA berlogo GPN di KidZania Jakarta. Selain itu, Anda bisa mendapatkan diskon 20 persen di Jakarta Aquarium, dan jika bertransaksi di Waterbom Jakarta, Anda dapat menikmati 1 tiket untuk digunakan oleh 2 orang.

Tidak hanya itu, saat belanja di minimarket Anda juga akan mendapatkan tambahan diskon saat membayar belanjaan di Alfamart dan Indomaret dengan menggunakan kartu debit BCA berlogo GPN.

Keuntungan untuk Pedagang

Hadirnya GPN juga memberi keuntungan bagi para pedagang. Bagaimana tidak, dengan adanya transaksi menggunakan kartu debit berlogo GPN, para pedagang akan merasakan adanya penurunan Merchant Discount Rate (MDR).

MDR sendiri adalah potongan atau fee yang dibebankan kepada pihak merchant atau pemilik outlet terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan pada mesin EDC. Awalnya, MDR yang dibebankan kepada pedagang sebesar 2 persen-3 persen. Namun, kini dengan kartu debit berlogo GPN biaya MDR turun menjadi 1 persen.

Cara Mendapatkan Kartu Debit Berlogo GPN

Dengan banyak kentungan yang didapat, tentu Anda mulai berpikir untuk mengganti kartu debit berlogo GPN. Namun, pasti Anda bertanya-tanya bagaimanakah caranya mendapatkan kartu debit berlogo GPN?

Berdasarkan info berbagai website perbankan nasional, jika Anda ingin mengganti kartu debit berlogo GPN, maka Anda hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat dan menuju customer service untuk mengganti kartu debit dengan logo GPN. Perlu diingat pergantian kartu ini tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Wacana Kartu Kredit Berlogo GPN

Ke depan, tidak hanya kartu debit yang menggunakan sistem GPN, kartu kredit juga akan menggunakan sistem pembayaran milik Bank Indonesia tersebut. Bank Indonesia sendiri menargetkan penerbitan kartu kredit berlogo GPN pada 2019 nanti.

Seperti kartu debit, kartu kredit berlogo GPN juga akan berlimpah keuntungan dari promo-promo yang dihadirkan. Sehingga, Anda bisa puas berbelanja tanpa harus tanpa adanya rasa takut.

Tanpa adanya logo GPN, kartu kredit sekarang pun juga telah menghadirkan promo-promo. Oleh karena itu, jika Anda belum mempunyai kartu kredit, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk mengajukannya. Apalagi kini, mengajukan kartu kredit bisa melalui internet di layar komputer dan handphone Anda.

(Baca juga: Jakarta Peringkat ke-12 Kota Termacet di Dunia)

E-commerce finansial nomor satu CekAja.com memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengajukan kartu kredit. Anda bisa memilih berbagai pilihan jenis kartu kredit secara online. Yuk cek!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.