Keuntungan Menjadi Relawan atau Volunteer Bagi Generasi Milenial

Selain ikhlas dan tak mengharapkan imbalan, keuntungan menjadi relawan atau volunteer juga bisa membuat diri seseorang, menjadi lebih mudah bersyukur.

Terlebih, saat ini terdapat banyak yayasan non-profit, yang sangat memerlukan bantuan tenaga relawan, khususnya para anak muda, atau generasi milenial.

Nah, dalam menyambut Hari Relawan Internasional yang jatuh setiap tanggal 5 Desember, yuk kita ketahui berbagai keuntungan menjadi relawan atau volunteer, bagi hidup seseorang.

Pasalnya, kegiatan sosial atau kemanusiaan ini, bisa memberikan korelasi positif, terhadap kesehatan mental seseorang.

Jadi, buat kamu para generasi milenial, yang membutuhkan kegiatan positif, menambah wawasan, hingga menjaring pertemanan, bisa ikut di berbagai program relawan.

Atau jika kamu sulit mendapatkan informasi terkait program relawan atau volunteer, kamu juga bisa masuk ke dalam komunitas relawan, terlebih dahulu.

Nah, di komunitas tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak informasi, terkait kegiatan sosial, yang sedang membutuhkan banyak tenaga relawan muda.

Bagaimana sudah siap terjun menjadi relawan? Buat kamu yang masih ragu, yuk intip deretan keuntungan menjadi relawan atau volunteer, khususnya bagi para generasi milenial!

(Baca Juga: 6 Daftar Komunitas Peduli Lingkungan)

Keuntungan Menjadi Relawan atau Volunteer

1. Mendapatkan pengalaman baru

Keuntungan menjadi relawan atau volunteer yang pertama adalah bisa mendapat pengalaman baru.

Bahkan, di masa muda sepertinya, kamu memang harus banyak-banyak berkegiatan. Bukan kegiatan abal-abal, menjadi relawan merupakan salah satu pengalaman yang tak ternilai.

Pasalnya, di kegiatan tersebut, kamu bisa bertemu dengan banyak orang, yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kamu.

Di situlah kemampuan sosialmu diasah, dan belajar untuk bisa berinteraksi dengan orang baru.

2. Meningkatkan skill di bidang sosial

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, keuntungan menjadi relawan atau volunteer, bisa mengasah kemampuan sosial untuk dapat berinteraksi dengan baik.

Nah, di sini kamu juga bisa ambil pelajaran sambil meningkatkan skill, terutama di bidang sosial.

Sehingga, kamu jadi lebih mudah berinteraksi, belajar publik speaking yang baik, berani berbicara atau menyampaikan gagasan, belajar memecahkan masalah, dan lain sebagainya.

3. Bisa menambah teman, relasi, dan bertemu banyak orang baru

Ketika menjadi relawan, jangan takut akan merasa sendirian. keuntungan menjadi relawan atau volunteer, justru akan membuat kamu memiliki banyak teman.

Di berbagai program dan kegiatan, pasti kamu akan bertemu dengan orang baru. Dengan begitu, kamu bisa menambah relasi pertemanan, yang suatu saat bisa saling membantu.

4. Bisa mengajarkan makna hidup

Keuntungan menjadi relawan atau volunteer yang tak kalah baik untuk kehidupanmu, adalah bisa mengajarkanmu makna kehidupan.

Pasalnya, selama menjadi relawan, kamu tidak hanya bertemu dengan teman sesama relawan, tapi juga bertemu dengan orang-orang yang kamu bantu.

Dengan bertemu dengan orang-orang, yang nasibnya mungkin kurang baik dari kamu, akan membuatmu sadar dan menjadi lebih bersyukur.

Selain bersyukur, kamu juga jadi lebih peka untuk membantu satu sama lain.

5. Bantu mengatasi stres yang berpengaruh baik untuk kesehatan mental

Jika setiap hari kamu melakukan kegiatan yang monoton, sehingga membuatmu stres, keuntungan menjadi relawan atau volunteer, justru bisa membuatmu lebih bahagia.

Pertama, kamu jadi bisa bertemu banyak teman (selain teman sekolah, kampus, dan kantor), senang karena bisa membantu sesama, berbagi cerita ke orang-orang yang kamu bantu, hingga melakukan kegiatan kesukaanmu bersama orang-orang, yang juga menyukai kegiatan tersebut.

Nah, hal-hal tersebut tanpa disadari bisa berpengaruh, pada kondisi psikologis kamu. Sehingga, kamu jadi gak gampang stres.

Ide Komunitas atau Program Relawan

Ada banyak komunitas dan program relawan, dengan berbagai bidang. Nah, kamu sendiri juga bisa memilih kegiatan sosial yang disesuaikan dengan bidang yang kamu sukai.

Berikut beberapa ide komunitas atau program relawan dari berbagai bidang:

  • Program relawan dari yayasan anak berkebutuhan khusus atau panti asuhan
  • Program relawan dari yayasan panti jompo
  • Program relawan dari organisasi yang bergerak untuk lingkungan
  • Program relawan dari organisasi yang peduli hewan dan satwa
  • Program relawan dari organisasi kesehatan atau yayasan peduli kanker, HIV dan penyakit lainnya.

(Baca Juga: Ragam Aksi Sosial Relawan Corona di Indonesia yang Inspiratif)

Dari banyaknya pilihan dari berbagai yayasan dan organisasi, kamu juga harus bisa mempertimbangkan.

Mulai dari bidang apa yang kamu suka, lebih suka berhadapan dengan anak-anak, orang dewasa, atau lansia, hingga makhluk hidup lainnya seperti hewan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan waktu yang kamu miliki. Apakah kamu memiliki waktu luang untuk mengikuti program relawan.

Pasalnya, jangan sampai kegiatan ini malah jadi mengganggu kegiatan utamamu, seperti kuliah, atau bekerja.

Jadi, pastikan semuanya seimbang dan kamu bisa mengambil keuntungan menjadi relawan atau volunteer, tanpa mengganggu kegiatan lain.

Belajar Berbagai dengan Sesama

Bukannya menerima imbalan, justru di sini kamu bisa memberikan sesuatu, yang kamu miliki.

Seperti ilmu pengetahuan, jasa, hingga bantuan finansial. Meski masih muda dan belum berpenghasilan, kamu tetap bisa memberi hal-hal yang bermanfaat bagi mereka.

Caranya, bisa dilakukan dengan menabung. Nantinya, tabungan tidak hanya menghasilkan dana, yang bisa digunakan untuk kebutuhanmu, tapi bisa digunakan untuk membantu orang lain, yang lebih membutuhkan.

Ada banyak jenis tabungan, yang bisa kamu pilih, sesuai dengan kebutuhanmu dan profilmu.

Di mana kamu bisa mendapatkan produk tabungan terbaik? Jawabannya, hanya di CekAja.com!

Di CekAja.com, menyediakan produk tabungan, yang bisa kamu pilih dan ajukan secara online.

Tidak hanya tabungan, CekAja.com juga menyediakan produk finansial lainnya, seperti asuransi, kartu kredit, pinjaman online, hingga KTA.

Yuk, menabung sejak dini, agar hasilnya bisa kamu nikmati. Pilih tabungan terbaik, hanya di CekAja.com!