Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Keuntungan Menjalankan Jenis Usaha Rumahan Bagi Fresh Graduates

by lhmdi on 15 Juni, 2017

orang mendadak kaya saat lebaran _ investasi - CekAja.com

Mendengar istilah jenis usaha rumahan, biasanya hal ini dilakukan oleh sebagian masyarakat yang sudah bekerja atau para senior dalam masa pensiun.

Namun, pada dasarnya untuk menumpahkan ide usaha kreatif dengan menjalankan usaha rumahan ini bisa dilakukan siapa saja. Salah satunya adalah bagi mahasiswa atau mahasiswi yang baru saja lulus dari bangku kuliah atau sering juga dikenal dengan Fresh Graduate.

Secara umum, para Fresh Graduate ini biasanya akan berlomba-lomba mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan untuk memulai babak baru dalam kehidupan mereka, yaitu bekerja.

Sayangnya, tidak semua rencana ini bisa dilakukan dengan mudah bagi para Fresh Graduate. Persaingan untuk mencari hingga mendapatkan pekerjaan semakin berat, bahkan untuk perusahaan swasta sekalipun.

(Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD dalam Hitungan Detik)

Tidak jarang para mahasiswa atau mahasiswi yang baru lulus ini bahkan menganggur dalam jangka waktu yang cukup lama karena sulitnya mencari dan mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Nah! Daripada menganggur dalam jangka waktu yang lama, alangkah lebih baiknya untuk mulai menjalankan bisnis atau usaha sendiri. Apalagi saat ini banyak usaha rumahan yang sedang trend dan menjanjikan banyak keuntungan atau konsumen.

Selain itu, perkembangan teknologi yang begitu cepat dalam berinovasi akan mempermudah usaha rumahan dengan modal kecil dan menghasilkan untuk besar. Sebagai contoh sederhana saja saat ini tren Vlog sedang begitu pesat di masyarakat.

Vlog ini bisa dijalankan di rumah hanya bermodalkan perangkat ponsel pintar dan akun media sosial seperti YouTube. Jika terus dijalankan dengan tekun, bukan tidak mungkin Vlog akan memiliki keuntungan yang besar dan sudah menjadi bagian dari jenis usaha rumahan yang menjanjikan.

Bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang baru saja lulus atau fresh graduate menjalankan usaha rumahan sendiri memiliki keuntungan tersendiri. Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari menjalankan usaha rumah setelah lulus dari kuliah:

  1. Sudah punya penghasilan

tips karier_kartu kredit - CekAja.com

Meskipun kamu belum bekerja, namun dengan mengelola usaha yang dilakukan di rumah dapat membuat kamu memiliki penghasilan atau pendapatan sendiri. Di awal mungkin akan terasa berat, karena keuntungan yang diterima tidak sebesar keuntungan ketika teman-teman yang lain sudah bekerja.

Namun, jamu kamu bisa mengelola usaha rumahan yang dijalani, secara bertahap kamu akan memiliki penghasilan yang akan bertambah setiap bulannya. Jika kamu sudah mendapatkan pola ini maka bukan tidak mungkin pelanggan akan semakin banyak dan merk dagang yang kamu kenalkan akan semakin dikenal di masyarakat.

  1. Belajar memahami mengelola waktu dan pola kerja

investasi karyawan _ investasi - CekAja.com

Mengelola usaha sendiri di rumah sebenarnya tidak otomatis membuat kamu menjadi seorang bos. Apalagi masih banyak anggapan yang mengatakan bahwa menjalankan usaha sendiri akan membuat kamu menjadi seorang bos.

Anggapan ini sebenarnya tidaklah benar, karena kamu tetap harus menjalankan usaha tanpa harus bersantai-santai. Namun, meskipun menjalankan bisnis kamu tetap punya pengalaman yang luar biasa meskipun tidak menjadi seorang bos.

Salah satu keuntungan yang  dapat kamu gunakan adalah bagaimana mengelola waktu dan memahami pola kerja dengan tepat. Mengelola waktu serta pola kerja saat menjalankan usaha dengan bekerja di kantor sebenarnya tidak jauh beda. Kamu harus tepat mengatur pola untuk benar-benar bekerja, bersantai sejenak, beristirahat dan lain-lainnya.

Bahkan dengan mengenal cara ini akan membantu kamu untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan yang dijalankan. Cara ini nantinya akan membantu kamu jika akhirnya memilih untuk bekerja di kantor.

  1. Menambah pengalaman kerja

tips karier _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Dengan menjalankan usaha kamu berarti sudah memiliki pengalaman kerja. Artinya, ini bisa dimasukkan dalam daftar lampiran riwayat pekerjaan kamu. Setidaknya ini akan menjadi nilai positif bagi kamu ketika akan melamar sebuah pekerjaan diperusahaan.

(Baca juga: Bekerja di Startup vs Korporasi, Mana Lebih Menguntungkan?)

Melalui pengalaman ini nantinya sebuah perusahaan akan akan melihat bahwa kamu sudah siap bekerja dan mampu memberikan semangat serta perubahan positif pada perusahaan.

  1. Ikut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi

atur uang untuk pasangan menikah _ kartu kredit - CekAja.com

Bagi kamu yang menjalankan usaha dan menggunakan media teknologi melalui situs atau media sosial berarti kamu sudah siap untuk menyumbangkan ide-ide serta inovasi baru.

Teknologi yang tumbuh sangat pesat akan menjadi acuan di masa depan. Jika kamu serius dalam menjalankan usaha rumahan ini bukan tidak mungkin suatu saat nanti kamu berperan besar dalam mengenalkan teknologi baru.

Jika nantinya kamu bekerja di sebuah perusahaan, maka ini akan menjadi nilai tambahan karena kamu akan berperan besar tentang ide-ide baru serta teknologi yang akan dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Pilihan Jenis Usaha Rumahan Yang Sederhana

Setelah mengetahui keuntungan yang didapatkan dari menjalankan usaha rumah setelah lulus kuliah, sekarang saat memilih beberapa jenis usaha yang bisa kamu lakukan.

Bisnis atau usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, dan bahkan bisa kamu kerjakan dari rumah tanpa menyita waktu yang besar di luar rumah. Berikut beberapa bisnis rumahan yang bisa kamu lakukan sembari mengirimkan surat lamaran kerja atau menunggu panggilan kerja:

  1. Bisnis kreasi DIY

Ide-ide kreatif yang bertebaran sebaiknya dimaksimalkan sebaik mungkin. Begitu pula ketika akan menjalankan bisnis atau usaha. Salah satunya adalah dimulai dengan menjalankan usaha yang dibuat dengan cara Do it Yourself (DIY)

Biasanya, hasil-hasil DIY ini akan hadir dalam bentuk benda-benda yang sebenarnya sudah ada di pasaran, namun ditambahkan dengan kreasi-kreasi baru yang membuatnya tampak lebih cantik.

Bahkan tidak jarang pula pengrajin DIY menyiapkan sendiri produk-produk untuk membuat benda-benda ini sendiri untuk meminimalisir modal yang akan dikeluarkan.

Nah! Bagi kamu yang baru lulus dan masih mencari pekerjaan maka bisnis ini bisa dijalankan dan mudah.

  1. Pekerjaan yang mengandalkan layanan daring

Teknologi memang bisa diakses dengan mudah saat ini. Bahkan beberapa perusahaan pun mulai berpindah haluan menggunakan teknologi untuk menjadi jembatan kesuksesan bisnis mereka.

Ini adalah kesempatan bagi kamu yang ingin menjalankan usaha dari rumah dengan mudah. Mulai dari menulis, menjadi admin media sosial, mengelola sebuah situs adalah beberapa diantaranya.

Bermodalkan internet, komputer atau perangkat ponsel pintar kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan jika memiliki prestasi yang baik beberapa perusahaan atau klien biasanya akan mulai bermunculan.

Nilai plusnya ini bisa menjadi pengalaman tambahan bagi kamu yang nantinya akan mencari pekerjaan di beberapa perusahaan yang mengandalkan teknologi.

  1. Dropshipper

tidur berkualitas saat puasa _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Istilah dropshipper saat ini tengah populer bagi masyarakat yang menjalankan usaha rumahan. Namun, bagi mahasiswa atau mahasiswi yang baru lulus, bisnis ini pun bisa dicoba.

(Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal)

Bisnis ini menjalankan sistem pemasokkan barang dari reseller ke pembeli, dimana reseller tidak menyimpan stok barang yang dijual, melainkan menjadi penghubung dan dikirim langsung dari grosir ke pembeli.

  1. Menyewakan perlengkapan hobi

persiapan mudik _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Peluang bisnis sendiri bisa dilihat berdasarkan hobi. Apalagi, hobi tentunya tidak hanya dijalankan oleh satu orang saja, namun banyak dan bisa dilihat dari bermunculannya komunitas-komunitas karena memiliki hobi yang sama.

Sebagai contoh, fotografi adalah salah satunya. Mulai saat ini mulai banyak bermunculan jasa penyewaan lensa kamera, tripod dan berbagai macam peralatan lainnya bagi yang memang hobi fotografi.

Bagi yang hobi berwisata alam seperti naik gunung biasanya akan menyewakan peralatan seperti tenda, tas, kompor dan lain-lainnya. Nah! Bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan usaha rumahan maka bisnis ini laik untuk dicoba.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.