Keutamaan Puasa Ramadhan Beserta Hikmahnya yang Sangat Dirindukan

Siapa yang sangat rindu dengan bulan suci ramadhan? Jangan hanya rindu suasananya, kamu juga perlu ketahui keutamaan puasa ramadhan beserta hikmah, yang didapat. Pastinya, akan menambah setiap amalan baik, dan bisa bikin kamu semangat menjalaninya.

Keutamaan Puasa Ramadhan Beserta Hikmahnya yang Sangat Dirindukan

Meski pemerintah belum menetapkan jadwal puasa ramadhan 1442 H. Namun, suasana menjelang ramadhan sudah sangat terasa.

Menurut PP Muhammadiyah sendiri, awal puasa ramadhan tahun 2021, atau 1 Ramadhan 1442 H, akan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021.

Itu artinya, bulan ramadhan akan tiba lima hari lagi. Nah, untuk menyambut bulan suci ini, ada baiknya kita mempersiapkan segalanya, agar ibadah lebih khusyuk, termasuk mengetahui keutamaan puasa ramadhan.

Jangan sampai, kamu menjalankan puasa ramadhan tanpa mengetahui keutamaan dari puasa itu sendiri. Jadi, puasa kamu, tidak percuma hanya menahan haus dan lapar saja.

Yuk, mari ketahui keutamaan puasa ramadhan, yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini. Amalkan semua yang wajib dilakukan, agar pahala yang kamu dapatkan berlipat dan menjadi keberkahan untuk dirimu sendiri, bahkan untuk orang lain.

(Baca Juga: Tips Belanja Kebutuhan Puasa dengan Kartu Kredit BNI Lotte Mart Gold)

Keutamaan Puasa Ramadhan

1. Ramadhan, Bulan Penuh Keberkahan untuk Berpuasa

Keutamaan puasa ramadhan yang pertama adalah penuh dengan keberkahan. Seperti yang diketahui, puasa bisa dilakukan di beberapa waktu selain ramadhan. Namun, puasa di bulan ramadhan, memberikan banyak keberkahan, pahala, dan kenikmatan.

Jangannya bagi para yang wajib berpuasa, bagi yang tidak bisa menjalankan puasa saja, seperti ibu hamil, hingga lansia, bisa mendapatkan keberkahannya.

Pasalnya, bulan ini sering disebut dengan bulan syahrun mubarak. Dimana hal tersebut disebutkan berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti, sebagai berikut:

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Setiap puasa dan ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan ini juga akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Tidak hanya itu, di dalam bulan suci yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, juga bisa dilihat dari sisi ekonomi. Adapun, bulan ramadhan ini juga memberi keberkahan ekonomi, bagi para pedagang dan lainnya.

Sementara bagi fakir miskin, bulan ramadhan juga tak kalah membawa keberkahan. Karena, seorang muslim diwajibkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah kepada fakir miskin. Bahkan, untuk zakat yang satu ini, hukumnya wajib, yakni zakat fitrah.

2. Saat Puasa, Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Harum di Hadapan Allah daripada Bau Misik/Kasturi

Keutamaan puasa ramadhan yang kedua adalah bau mulut orang yang bepuasa, lebih harum di hadapan Allah daripada bau misik/kasturi. Jadi, jangan minder kalau kamu merasa bau mulut, karena di balik itu ada sisi positif yang bisa diambil. Nggak percaya? Yuk, simak dalil berikut ini:

“Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah, ’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Ramadhan, waktu saat penghapusan kesalahan diampuni dosa-dosa

Keutamaan puasa ramadhan yang berikutnya adalah bulan ramadhan ini, merupakan waktu yang baik, karena saat ramadhan adalah waktu penghapusan kesalahan, di mana akan diampuni dosa-dosa.

Selengkapnya bisa kamu lihat, dari Abu Hurairah yang berkata bahwa Nabi SAW. bersabda: “Shalat yang lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat di antara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi.”

Abu Sa’id al-Khudri ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya dan ia menjaga diri dari segala apa yang patut dijaga, dihapuskanlah dosanya yang sebelumnya.” (HR Ahmad dan Baihaqi).

Abu Hurairah berkata, “Telah bersabda Rasulullah SAT: ‘Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu’.” (HR Ahmad dan Ash-habus Sunan)

Dari dalil tersebut, bisa kita cerna bahwa orang-orang yang menjalankan puasa di bulan ramadhan, akan dimintakan ampunan oleh malaikat saat berbuka.

Adapun, di waktu inilah, waktu yang bisa dibilang keuntungan untuk menghapus dosa-dosa yang selama ini dilakukan.

4. Adanya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan puasa ramadhan yang tak kalah dinantikan umat muslim adalah hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan, yang jatuh di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yakni malam lailatul qadar.

Seperti yang diketahui, bahwa di bulan ramadhan terdapat suatu malam, yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan).

Nah, di malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan ramadhan, merupakan malam saat diturunkannya Alquranul Karim. Apa artinya? Artinya, di malam tersebut adalah waktu diibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka.

Tidak hanya itu, di malam tersebut juga setan-setan diikat. Dengan adanya malam Lailatul Qadar ini, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya, untuk masuk surga dengan cara beribadah dan beramal shalih, yang telah diperbuat pada bulan Ramadan.

5. Doa di Bulan Ramadhan Mustajabah

Meski malam Lailatul Qadar disebut menjadi waktu paling baik, namun bukan berarti doa-doamu di malam lain, tidak akan terkabul. Perlu dicatat, bahwa doa-doa di bulan ramadhan adalah mustajabah, dan hal tersebut menjadi salah satu keutamaan puasa ramadhan.

Adapun, setiap dia yang dipanjatkan pada saat bulan ramadhan, akan lebih mustajabah. Bahkan, hal tersebut ada pada hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Tidak hanya itu, hal tersebut juga dipertegas dalam hadis lain. Rasulullah SAW, bersabda yang artinya: “Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. at Tirmidzi).

Nah, itu dia beberapa keutamaan puasa ramadhan yang wajib kamu ketahui, dan bisa membuatmu lebih bersyukur, serta mengamalkan setiap ibadah, agar bisa mendapatkan keberkahan yang melimpah.

(Baca Juga: 7 Kartu Kredit Terbaik untuk Belanja Keperluan Ramadhan)

Mumpung masih lima hari lagi menuju ramadhan nih, kira-kira hal apa saja yang sudah kamu siapkan, untuk menyambut bulan puasa?

Yuk, penuhi semua kebutuhan saat ramadhan, seperti membeli bahan pokok atau sembako, membeli mukena baru, alquaran baru, baju lebaran dan lainnya.

Nah, agar lebih hemat, yuk beli semua kebutuhan ramadhan, menggunakan kartu kredit terbaik untuk belanja. Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga rewards.

Buat kamu yang belum punya kartu kredit khusus belanja, kamu bisa dapatkan kartu kredit terbaik untuk belanja tersebut, melalui CekAja.com.

Karena, kamu bisa menemukan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank penerbit ternama di Indonesia, yang pastinya aman dan terpercaya.

Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik khusus untuk belanja, baik di supermarket maupun di toko online, hanya di CekAja.com.