Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kiat Atur Keuangan Agar Liburan Jadi Hemat

by Achmad Fauzi on 9 July, 2018

Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Berlibur mampu melepas stres setelah lelah dengan rutinitas kerja. Anda bisa berlibur di pantai, gunung, hingga ke tempat bersejarah. Namun, terkadang berlibur bakal membuat kantong kita cekak. Lalu bagaimana kiat agar berlibur lebih hemat? Simak di sini!

liburan akhir tahun - CekAja.com

Nah, sebelum berlibur Anda perlu merencanakan dengan baik agar bisa liburan sesuai bujet. Jangan sampai, setelah liburan, Anda kembali stres karena ternyata harus mengeluarkan uang yang lebih banyak dari perkiraan. Nah berikut tip yang bisa Anda lakukan dalam merencanakan keuangan untuk liburan.

Memperkirakan jumlah pengeluaran

Setelah Anda menentukan tujuan liburan, Anda perlu untuk memperkirakan jumlah pengeluaran saat liburan nanti. Anda harus menghitung secara rinci mulai dari biaya transportasi, biaya makan, biaya penginapan sampai dengan biaya oleh-oleh. Dengan begitu, Anda bisa dapatkan perkiraan pengeluaran selama Anda berlibur.

Selain itu, dengan menghitung terlebih dahulu, Anda juga bisa memilih biaya transportasi dan biaya penginapan sesuai dengan bujet. Dengan begitu, keuangan Anda tidak terganggu meski digunakan untuk berlibur.

(Baca juga: Cek 6 Promo Kartu Kredit Paling Hot Juli 2018!)

Persiapkan keuangan untuk liburan jauh-jauh hari

Sebelum berlibur, Anda juga perlu mempersiapkan keuangan pada jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar keuangan Anda sehari-hari tidak terganggu. Anda bisa mempersiapkan dana untuk liburan pada tiga bulan sebelum jalan. Dengan rentang waktu tersebut, Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk digunakan sebagai dana berlibur.

Cari waktu yang tepat untuk berlibur

Anda bisa menjadwalkan kapan Anda berlibur. Manfaatkan waktu low season untuk berlibur. Karena pada saat low season, semua biaya tiket transportasi dan penginapan dipatok dengan harga murah. Dengan begitu, Anda bisa hemat saat Anda berlibur. Bia‎sanya low season dimulai dari pertengahan Januari sampai akhir Mei dan awal September sampai pertengahan Desember.

Selain itu, jika berlibur pada saat low season, tempat wisata yang Anda kunjungi juga tidak terlalu ramai. Sehingga, Anda bisa mengeskplor lebih jauh lagi tempat wisata yang Anda kunjungi tanpa harus berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

Manfaatkan paket wisata

Anda bisa memanfaatkan paket wisata saat berlibur. Dengan paket wisata, Anda bisa berlibur beberapa tempat wisata hanya tanpa harus membayar berkali-kali. Biasanya, agen perjalanan menawarkan berbagai promo menarik yang bisa membuat Anda irit saat berlibur.

‎Selain itu, dengan mengikuti paket wisata, Anda tidak harus untuk mencari dan memesan tiket transportasi dan hotel. Dengan begitu, Anda tidak dipusingkan dengan transportasi dan hotel, karena semua hal itu sudah dipesan langsung oleh agen perjalanan.

Manfaatkan kartu kredit

Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membuat liburan semakin hemat. Mengapa? Karena banyak promo yang ditawarkan saat Anda menggunakan kartu kredit saat berlibur. Selain itu, dengan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan fasilitas cicilan yang tentunya akan meringankan Anda.

Namun, jika Anda belum memiliki kartu kredit, maka tak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan kartu kredit secara cepat dan mudah di CekAja.com.

(Baca juga: Cek Perhitungan Biaya Pendidikan untuk Anak)

E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com‎.

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami