Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kiat dan Cara Mendapatkan Investor untuk Bisnis Startup

by lhmdi on 4 Maret, 2016

traveling bisnis_asuransi perjalanan - CekAja.com

Bagi seseorang yang ingin menjalankan bisnis dengan skala besar pastinya membutuhkan  cara mendapatkan investor.

Mendapatkan investor pun tujuannya adalah untuk berbagai macam cara. Mulai dari untuk mendapatkan modal awal, hingga untuk meningkat performa perusahaan dalam berbagai kegiatan operasional dan marketingnya.

Namun, secara umum tujuannya adalah sederhana adalah mendapatkan dana segar berupa modal. Apalagi saat ini semakin banyak bisnis-bisnis yang menggunakan teknologi atau dikenal juga dengan startup yang “getol” mencari investor untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka.

Bagi kamu yang tertarik mengembangkan sebuah bisnis dan sedang mencari cara bagaimana mendapatkan investor yang tepat, persiapkan rencana-rencana berikut ini: 

  1. Kenalkan ide dan solusi yang aplikatif

Seorang investor pastinya akan mendengar ide-ide baru setiap harinya. Tentunya pula investor pastinya akan berpikir tentang ide-ide tersebut. Nah! Bagi kamu yang sedang mencari investor pastinya menyampaikan sebuah ide adalah awal permulaan. Namun, seorang investor tidak hanya menginginkan sebuah ide, namun memberikan solusi serta keuntungan apa yang nantinya akan mereka dapatkan.

Jadi, setelah menyampaikan ide dari sebuah presentasi bisnis yang kamu lakukan, jangan lupa untuk memberikan solusi dari bisnis yang akan dijalankan. Solusi ini nantinya akan memberikan keuntungan kepada konsumen. Semakin banyak permasalahan konsumen yang terselesaikan melalui bisnis yang akan kamu lakukan, tentunya akan menjadi kabar gembira bagi para investor.

  1. Menampilkan hasil penelitian

Agar ide serta solusi dari bisnis yang kamu sampaikan dapat diterima oleh para investor, jangan lupa untuk membuat sebuah penelitian. Data-data dari hasil penelitian yang kamu buat dapat membantu untuk meyakinkan seorang investor menanamkan modalnya di usaha yang akan kamu jalankan.

Selain itu, data ini tentunya berasal dari perilaku sekelompok konsumen. Oleh karena itu, data ini akan sangat berguna untuk membuat langkah-langkah strategis dari bisnis yang kamu jalankan nantinya.

  1. Menyiapkan strategi berjenjang

Strategi bisnis yang akan kamu jalankan pun setidaknya dapat digambarkan kepada investor. Cara ini penting karena dapat membantu meyakinkan seorang investor tentang rencana bisnis yang akan dijalankan. Oleh karena itu persiapkan gambaran strategi bisnis yang akan dikembangkan.

Perhitungkan juga waktunya, apakah akan dilakukan secara triwulan atau kwartal. Selain itu, jangan lupa pula untuk memaparkan strategi-strategi kondisional, agar seorang investor mendapatkan gambaran bisnis kamu secara utuh. Bila butuh dana investor, cara mendapatkan investor sangat mudah. Pertama, mencari investor asing agar mencari pemodal untuk usaha dan dapat tempat cari investor.

Cara mendapatkan investor, khususnya bagi para pemain startup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika kamu belum mampu meyakinkan seorang investor, maka cara mendapatkan investor berikut ini juga laik untuk dicoba: 

  1. Mengikuti kompetisi startup

Saat ini berbagai macam perusahaan mulai tertarik menjadi sponsor untuk kompetisi startup. Mulai dari perusahaan telekomunikasi, bank hingga yang diinisiasi oleh perusahaan jenis venture capital berlomba-lomba menyiapkan bibit baru startup melalui kompetisi.

Manfaatkan acara ini untuk mengenalkan bisnis startup yang akan kamu jalankan. Kenalkan bisnis kamu kepada setiap peserta atau bahkan mengembangkan startup baru dan mengikuti kompetisi yang dijalankan.

  1. Angel network

Tidak hanya perusahaan besar, namun beberapa individu kini mulai tertarik mengembangkan jaringan angel investor untuk membantu mengembangkan bisnis sebuah startup. Nah! Jangan sampai kesempatan untuk melewatkan momen mencari investor melalui jaringan Angel Investor Network Indonesia (Angin) yang bersiap memberikan investasi kepada startup baru dengan potensi yang diperkirakan besar.

Oleh karena itu, jalin terus komunikasi dengan para angel investor yang kamu temui untuk menuangkan ide-ide, solusi serta strategi-strategi sebuah startup.

Sudah siap memilih cara mendapatkan investor yang kamu rencanakan?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.