Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kiat Jitu Dapatkan Pinjaman Instan Untuk Pegawai Non Tetap

by Sindhi Aderianti on 1 Oktober, 2018

Butuh dana dalam jumlah banyak secara tiba-tiba? Sebagai karyawan baru yang belum mendapatkan status tetap, mungkin Anda akan menemukan beberapa kendala yang tidak memungkinkan Anda memperoleh proses pinjaman instan dengan cepat.

modal tambahan bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Karena jika masih menjadi pegawai kontrak, pemasukan Anda diragukan bisa terus mengalir dalam jangka panjang. Beberapa jenis kredit seperti KPR bahkan sudah mewajibkan debiturnya untuk sudah menjadi karyawan tetap agar bisa menerima pinjaman.

Tapi jangan khawatir, saat ini ada banyak cara agar proses pinjaman dana cepat dimudahkan. Sekalipun Anda masih berstatus karyawan non tetap.

Untuk memulai proses pinjaman instan ini, fintech bisa menjadi salah satu solusi yang sangat tepat. Melalui pinjaman online yang ditawarkan berbagai perusahaan fintech, salah satunya CekAja.com, Anda bisa meminjam uang tanpa syarat dan langsung cair dengan fasilitas produk KTA.

(Baca juga: Cek Daftar Kebiasaan yang Membuat Anda Mudah Dapat Pinjaman)
Bagaimana proses pinjaman instan dengan KTA tersebut? Lakukan cara-cara mudah di bawah ini untuk segera mencairkannya:
1. Tentukan jumlah pinjaman

Untuk memulai proses pinjaman instan, pertama tentukan jumlah dana yang akan Anda pinjam. Hindari meminjam dengan nominal yang terlalu besar tanpa ada tujuan yang pasti. Sesuaikan pula dengan pendapatan Anda di tiap bulannya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa terbebani dengan angsuran dari pinjaman yang diajukan.

2. Siapkan Berkas dan Dokumen Persyaratan

Walaupun syaratnya tidak sebanyak yang diberikan bank, pada proses pinjaman instan dengan Kredit Tanpa Agunan tetap ada berkas dan dokumen yang harus dipersiapkan. Bedanya lebih sederhana saja, seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, dan NPWP.

Jika sudah menikah, melampirkan surat nikah juga diperlukan. Sebagai karyawan, Anda pun harus mengumpulkan berkas tambahan seperti slip gaji.

Dokumen-dokumen itu sebenarnya diminta hanya untuk memastikan bahwa Anda terbukti WNI dan dinilai sanggup untuk melunasi angsuran per bulan tepat pada waktunya tanpa tunggakan.

(Baca juga: Kiat Bagi Karyawan Baru Dapatkan Pinjaman KTA)
3. Lakukan simulasi pinjaman

Setelah  itu, coba lakukan simulasi pinjaman dana tunai. Simulasi peminjaman penting untuk dilakukan dalam proses pinjaman instan agar Anda bisa mendapat gambaran umum mengenai jangka angsurannya.

Contoh: Anda mengajukan KTA sebesar Rp 24 juta dengan bunga 10% per tahun, berapa angsuran selama dua tahun yang harus dibayar?

Cicilan pokok

Rp 12 juta : 24 bulan = Rp 500 ribu

Bunga per bulan

Rp 12 juta x 10% : 12 = Rp 100 ribu

Angsuran per bulan

Cicilan pokok + bunga per bulan = Rp 600 ribu

Dengan begitu, Anda pun jadi tahu harus menyisihkan uang berapa setiap bulannya untuk memenuhi angsuran pinjaman tersebut.

4. Pastikan ada atau tidaknya biaya admin

Dalam proses pinjaman selanjutnya, pastikan kembali ada atau tidaknya biaya administrasi. Terkadang ada situs pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat yang menetapkan adanya biaya administrasi tiap kali Anda mengajukan pinjaman.

Jangan sampai biaya administrasi yang ditetapkan justru malah memberatkan dan membuatmu semakin bingung dalam mengatur keuangan.

(Baca juga: Cek Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Meski Skor Kredit Baik)
5. Registrasi online di CekAja.com

Jika semua sudah Anda siapkan untuk memulai proses pinjaman instan, langkah terakhir hanya tinggal registrasi online melalui situs. Masukkan email Anda, kemudian dari sistem akan otomatis mengirimkan form yang harus Anda isi sesuai dengan data yang valid sebagai syarat pendaftaran yang sah.

Apabila cara ini masih cukup menyulitkan, maka dapat juga dilakukan dengan cara menghubungi langsung contact call center yang disediakan oleh CekAja.com.

Ketika proses pinjaman instan sudah berjalan, rata-rata bank melalui CekAja.com membutuhkan waktu verifikasi data hingga pencairan minimal 3 sampai 5 hari kerja dan maksimal 14 sampai 21 hari kerja.

Lebih cepat dibandingkan ke bank langsung, bukan? Sementara untuk pelunasan atau tenor, umumnya jangka waktu yang ditawarkan yakni selama 3 hingga 5 tahun.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami