Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kiat Meraih Karir yang Sukses dengan Memaksimalkan Pikiran Optimis

by Rafly Aditia on 30 Maret, 2016

resign kerja untuk jadi pebisnis _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Untuk bisa meraih kesuksesan, orang harus optimis. Sebab, dengan menghilangkan hal-hal negatif, pikiran kamu bisa semakin jernih untuk berpikir tentang bisnis maupun karir. Pikiran optimistis juga membantu kamu dalam mengambil keputusan baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun bisnis.

Nah, agar menjadi pribadi yang optimis caranya juga tidak sulit kok. Kamu juga tidak perlu mengalokasikan uang banyak. Cukup dengan melakukan 5 hal ini, kamu bisa berubah dari pribadi uang pesimis menjadi optimis.

Cobalah untuk terus berpikir positif

Kalau kamu mau menjadi orang yang optimis, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berpikiran positif. Maksudnya di sini adalah selalu berpikiran positif terhadap apapun dan kapanpun.

Bahkan, walaupun kamu menghadapi kegagalan, cobalah untuk mengambil sisi positifnya. Ingatlah bahwa selalu ada hal baik dan manfaat yang bisa dipetik dari setiap kejadian bahkan yang buruk dan merugikan sekalipun.

(Baca juga: 7 Perangko yang Bisa Bikin Pemiliknya Jadi Jutawan)

Lihatlah dan manfaatkan kelebihanmu

Mulai sekarang berhentilah meratapi dan menyalahkan kekuranganmu sebagai penghambat merengkuh kesuksesan. Tetapi, cobalah melihat potensi dan kelebihan yang kamu miliki. Setelah kamu mengetahui apa kelebihan yang ada dalam dirimu, maka manfaatkanlah kelebihan tersebut untuk berkarya.

Misalnya, kelebihanmu ada di bidang programming, cobalah berkarir di sebuah perusahaan IT untuk terus belajar menggali pengetahuan sampai nantinya kamu bisa memulai sebuah perusahaan teknologi sendiri.

Gak usah takut kembali gagal

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah menghilangkan ketakutan. Memang, ketika sudah merasakan pahitnya kegagalan seseorang akan menjadi lebih kalem dan tidak seagresif seperti sebelumnya. Hal ini berlaku dalam bekerja atau berbisnis sekalipun. Tapi, jangan sampai ketakutan berlebihan justru membuatmu tidak berani kembali mencoba.

Mulailah untuk menanamkan keberanian dalam diri. Takusah takut kembali mengalami kegagalan di masa depan. Karena lewat kegagalan kamu bisa belajar dan justru meraih kesuksesan.

Setiap masalah pasti ada solusinya

The power of brain. Ketika kamu berpikir bahwa setiap tertimpa masalah kamu berada di akhir dunia, maka kamu justru semakin jatuh dalam keterpurukan. Sementara, apabila melihat masalah sebagai sesuatu yang menantang dan percaya bahwa ada solusi di setiap masalah, jalan untuk berkembang akan terbuka lebar.

Apabila kamu terus berkembang dan kenyang pengalaman, maka kesuksesan akan lebih mudah untuk diraih.

(Baca juga: Kenapa Orang Kaya Sering Tidak Sadar Kalau Mereka Kaya?)

Relaksasi tidak boleh dilewatkan dalam hidup

Bekerja tanpa henti layaknya sebuah mesin tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali sakit.  Sebab, manusia bukanlah mesin yang dapat bekerja tanpa henti. Tentu orang memerlukan relaksasi agar kembali menyegarkan mental, pikiran, dan fisik. Maka dari itu, luangkanlah waktu setidaknya tiga bulan sekali untuk pergi liburan demi menyegarkan pikiran.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.