Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kiat Sukses Bisnis Franchise Makanan untuk Pemula, Modal Tidak Sampai 10 Juta

by Kyla Damasha on 27 November, 2019

Memulai bisnis memang tidak semudah yang di bayangkan. Kamu harus memiliki jiwa juang yang tinggi, karena tak jarang ada hal yang harus dikorbankan juga demi jalannya bisnis kamu. Tidak ada satupun hal di dunia ini yang dapat diraih secara instan, termasuk sukses dalam berbisnis, seperti contohnya yaitu bisnis franchise makanan.

Founder Apple Inc, Steve Jobs juga memulai bisnisnya dari sebuah garasi mobil hingga akhirnya memiliki Apple Park di wilayah California.

Senada, founder raksasa teknologi asal China, Jack Ma juga banyak mengalami jatuh bangun hingga akhirnya berhasil mendirikan Alibaba Group. Bahkan saat ini keduanya sukses masuk dalam jajaran pengusaha paling sukses di dunia.

Membangun bisnis memang mengasikkan. Kamu bisa berkreasi dan berinovasi secara bebas mengembangkan ide secara liar dan terarah. Namun jangan lupa, sekecil  apapun langkah yang dilakukan pasti memiliki risiko.

Saking asiknya, banyak pemula yang berlomba untuk mencari peluang terbaik dalam membangun usaha. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh para pemula adalah menangkap peluang dari bisnis franchise makanan.

Tingginya minat masyarakat terhadap makanan, membuat bisnis ini semakin menjamur. Ditambah, modal yang diperlukan untuk memulainya tergolong tidak mahal dan memiliki sistem operasional yang mudah.

Kamu juga bisa menjadikan jenis bisnis ini sebagai ladang usaha untuk investasi jangka panjang, mengingat makanan merupakan salah satu basic needs atau kebutuhan dasar yang menjanjikan.

Oleh karena itu tak aneh jika bisnis franchise makanan sering  dijadikan sebagai langkah awal bagi siapapun yang baru terjun ke dunia wirausaha. Nah, bagi kamu yang tengah mencari peluang untuk melangkah, bisnis franchise makanan bisa dicoba.

Bahkan kamu bisa memulainya dengan modal tidak lebih dari Rp10 juta. Asik bukan? Kamu tertarik menjajalnya? Yuk kepoin langkah sukses untuk membangun bisnis franchise makanan dibawah ini.

Langkah Sukses Membangun Bisnis Franchise Makanan
1. Memilih Mitra

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam bisnis franchise makanan adalah memilih mitra yang tepat. Meskipun saat ini sudah mulai banyak bisnis kuliner yang menerima franchise, namun ada baiknya untuk memilih brand atau merk yang memang sudah besar dan cukup dikenal di kalangan masyarakat luas, ataupun yang memiliki reputasi baik.

Dengan brand besar, keuntungan bisa lebih cepat datang karena calon konsumen kamu sudah mengetahui jenis dan kualitas makanan yang disajikan.

Selain itu, brand besar pastinya juga sudah memiliki pangsa pasar tersendiri. Sehingga akan lebih mudah untuk konsumen untuk mencarinya.

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya kamu melakukan survei dan observasi terhadap brand-brand makanan apa saja yang memiliki peminat paling banyak.

Tidak hanya itu, perihal reputasi juga harus masuk dalam salah satu indikator mitra pilihan kamu. Karena hal tersebut juga akan berhubungan dengan keberhasilan bisnis franchise makanan milikmu kedepannya.

(Baca juga: Mau Bisnis Ayam Geprek? Cek Daftar Franchise Paling Hits!)
2. Pahami Syarat dan Ketentuan

Jangan cepat-cepat menentukan, meskipun brand tersebut menawarkan modal murah untuk bisnis franchise makanan. Bacalah ketentuan dan syarat yang mereka berikan.

Apakah harga yang tertera sudah mencakup semuanya atau justru kamu harus mengeluarkan biaya tambahan lainnya? Selain itu, jangan juga lupa untuk mempelajari hal penting seperti fasilitas paket yang diberikan, pembagian royalti atau komisi yang dikenakan, hingga ikatan kerja yang berlaku.

Memahami syarat dan ketentuan sangatlah penting guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk kedepannya.

Bisnis Franchise Makanan dibawah 10 Juta

Meskipun memilih mitra besar akan memberikanmu keuntungan yang lebih dalam membangun bisnis franchise makanan, namun biasanya brand-brand besar tersebut cenderung mematok harga yang cukup besar pula.

Nah, sebagai permulaan, tak ada salahnya untuk memulai segalanya dari kecil terlebih dahulu, seperti dengan beberapa bisnis franchise makanan berikut ini:

1. Pisang Nugget Kece

Dengan modal awal hanya Rp5,8 juta, kamu sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas dari bisnis franchise makanan satu ini. Mulai dari seragam, peralatan masak, perlengkapan jualan, hingga buku panduan resep dan tips sukses berbisnis.

Cukup dengan estimasi penjualan sebanyak 120 pak dalam dua jam, para mitra bisnis franchise makanan Pisang Nugget Kece diperkirakan sudah akan balik modal dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan saja.

Salah satu keuntungan bermitra dengan bisnis franchise makanan Pisang Nugget Kece, penghasilan bisa kamu dapatkan penuh 100% tanpa ada royalti ataupun pembagian hasil. Lumayan banget, kan!

2. Popchick Chicken

Popchick Chicken merupakan salah satu bisnis franchise makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan ataupun lauk tambahan untuk dikonsumsi bersamaan dengan nasi.

Meskipun baru dua tahun berdiri, Popchick Chicken ternyata sudah memiliki lebih dari 500 mitra yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Bagi pengusaha yang ingin bermitra bisnis franchise makanan, Popchick Chicken menawarkan program franchise dengan modal awal sebesar Rp7,9 juta, lengkap dengan alat masak dan kompor gasnya.

Satu porsi Popchick Chicken dijual dengan harga Rp10 ribu dengan margin keuntungan sekitar Rp3000-an per porsinya.

(Baca juga: 5 Bisnis Franchise Minuman Hits yang Keuntungannya Menggiurkan)
3. Candy Crepes

Renyahnya adonan crepes yang ditaburi dengan aneka ragam topping manis bisa membangkitkan selera makan kamu tentunya. Apalagi untuk anak-anak, cemilan manis ini bisa jadi merupakan jajanan favorit untuk mereka.

Itulah yang membuat Candy Crepes menjadi salah satu peluang bisnis franchise makanan yang menjanjikan. Terdapat tiga jenis paket franchise yang bisa kamu pilih.

Mulai dari modal awal yang sebesar Rp6,7 juta hingga Rp9,8 juta, kamu sudah bisa mendapatkan perlengkapan hingga siap jualan tanpa dikenakan biaya royalti sepeser pun. 100 persen hasil penjualan akan sepenuhnya menjadi milikmu.

Bagi yang baru akan mulai bergelut di dunia wirausaha, tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis franchise makanan memang merupakan salah satu langkah awal yang tepat.

Dengan tingkat risiko yang rendah dan modal yang terjangkau, siapapun bisa memulai atau menjalankan bisnis ini tanpa perlu mengkhawatirkan akan berbagai hal.

Nah, apakah kamu termasuk salah satu yang ingin memulai bisnis franchise tetapi tidak memiliki modal yang cukup? Jangan khawatir! Ajukan saja pinjamanmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda