Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

by Estrin Vanadianti Lestari on 8 Januari, 2020

Jika di Indonesia, liga basket yang paling terkenal adalah Indonesia Basketball League (IBL), dimana IBL memiliki beberapa klub seperti Pacific Caesar, Louvre, Satria Muda, Pelita Jaya, dan masih banyak lagi. Namun, jika bicara tentang kekayaan klub bola basket di dunia, Indonesia tentunya masih kalah dengan klub bola basket luar negeri, seperti Liga National Basketball Association (NBA), yang memiliki banyak klub bola basket terkaya di dunia.

Terlebih, bola basket menjadi salah satu cabang olahraga, yang hingga saat ini masih memiliki banyak penggemar setia. Maka tak heran jika, banyak klub bola basket dunia, yang telah dikenal jutaan orang di seluruh penjuru dunia. Belum lagi saat ini banyak pula atlet-atlet bola basket berbakat yang baru, dimana mereka akhirnya berhasil masuk ke klub terbaik di liga bergensi seperti NBA, hingga menjadi klub bola basket terkaya di dunia.

Tidak hanya itu, pasalnya NBA juga sangat menyeleksi para atlet bola basket dari suatu klub yang dinaunginya. Dimana atlet-atlet tersebut juga tentunya tidak akan lepas dari peran penting di dalam klubnya, sehingga mereka bisa mengembangkan bakat dan mengasah kemampuan mereka. Maka tak heran jika NBA selalu mampu lahirkan atlet-atlet bertalenta.

Klub Bola Basket Terkaya di Dunia

Dari kualitas atlet, popularitas sebuah klub juga akan meningkat. Tidak hanya popularitasnya, pendapatan hingga kekayaannya pun juga ikut meningkat. Penasaran dengan klub bola basket terkaya di dunia? Yuk intip daftarnya berikut ini:

1. New York Knicks – US$4 Miliar

New York Knicks - Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

Klub bola basket terkaya di dunia yang pertama adalah New York Knicks. Dimana kekayaan klub asal Amerika ini adalah mencapai USD 4 miliar. Atlet-atlet basket di dalam klub yang didirikan pada tahun 1946 ini juga sangat berkualitas dan bertalenta, sehingga tak heran jika klub ini selalu menjadi yang terdepan.

Tidak hanya itu, selama melakukan kompetisi di liga NBA, klub ini mampu mengumpulkan gelar NBA sebagai dua kali. Untuk pendapatannya sendiri, New York Knick adalah sekitar USD 376 juta dollar.

2. Los Angeles Lakers – US$3,7 Miliar

Los Angeles Lakers - Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

Klub bola basket terkaya di dunia berikutnya adalah Los Angeles Lakers. Dimana klub yang juga didirakan pada tahun 1946 ini selalu menjadi pesaing kuat dengan Golden State Warriors. Pasalnya mereka tidak hanya ingin bersaing terkait besarnya poin, tetapi juga kekayaan. Memang berapa kekayaan yang dimiliki klub ini?

Saat ini, Los Angeles Lakers setidaknya memiliki kekayaan mencapai USD 3,7 miliar. Padahal, jika pengelola klub ini tidak banyak drama, bisa saja kekayaannya naik. Pasalnya, klub ini dikenal banyak drama, sehingga asetnya menurun.

3. Golden State Warriors – US$3,5 Miliar

Golden State Warriors - Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

Klub bola basket terkaya di dunia selanjutnya adalah Golden State Warriors. Dimana klub bola basket ini selalu membawa piala setiap kali ada pertandingan. Tidak hanya itu, kekayaan yang dimiliki klub ini mencapai USD 3,5 miliar.

Dari mana pendapatannya berasal? Golden State Warriors menjadi klub bola basket terkaya di dunia, dimana kekayaannya tersebut didapat dari penjualan tiket pertandingan, jersey, dan kontak sponsor. Bagaimana tidak, klub yang dikelola oleh Joe Lacob dan Peter Guber ini memiliki pendaparan USD 401 juta per tahunnya.

4. Chicago Bulls – US$2,5 Miliar

Chicago Bulls - Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

Berada di peringkat ke empat, Chicago Bulls juga menjadi salah satu klub bola basket terkata di dunia. Didirikan pada tahun 1966, klub ini mampu meraih gelar juara NBA sebagai 6 kali. Tidak hanya itu, klub ini juga pernah diperkuat olehsatu pemain basket terhebat sepanjang masa, yakni Michael Jordan.

Untuk kekayaannya sendiri, klub Chocago Bulls memiliki nilai (current value) sebesar US 2,5 miliar, dengan pendapatan sekitar USD 232 juta.

5. Buston Celtics – US$2,2 Miliar

Buston Celtics - Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA

Didirikan pada tahun 1946, Boston Celtics masuk ke dalam daftar klub bola basket terkaya di dunia. Bahkan, jika dilihat dari prestasi, klub ini mampu meraih gelar juara NBA setidaknya sebanyak 17 kali, sekaligus menjadi klub pemegang gelar juara NBA terbanyak, hingga saat ini.

Maka tak heran juga, jika klub ini bisa memiliki kekayaan mencapat USD 2,2 miliar, dengan nilai pendapatan sekiytar USD 200 juta.

Besarnya Pendapatan Atlet NBA dari Endorsemen Sepatu Basket

Tidak mendapatkan pendapatan dan kekayaan dari klubnya, beberapa atlet bola basket terkenal di dunia ini juga mendapatkan pendapatan dari endorsemen sepatu basket pemain NBA. Pasalnya, sepatu basket kini sudah menjadi kultur fashion, dimana siapa pun yang memakainya, memiliki kebanggaan tersendiri.

Selain itu, produsen sepatu olahraga terkenal juga rela berinvestasi besar ke para atlet bola basket NBA, sebagai alat pemasaran yang bagus. Sebut saja seperti produsen sepatu Nike yang berkolaborasi dengan Michael Jordan. Dimana Nike dan Jordan telah menguasai bidang pemasaran ini.

Micahel Jordan yang berasal dari klub Legenda Chicago Bulls dan UNC ini, setidaknya mendapatkan kekayaan hingga AS$130 juta atau sekitar Rp1,8 triliun, meskipun ia sudah tidak aktif lagi. Pasalnya, sepatu Jordan dianggap sebagai trend fashion khususnya sneakerhead paling keren di dunia.

Meski sudah pensiun, kepopuleran sepatu Nike Air Jordan sepertinya tidak akan hilang, justru akan terus berlanjut. Terlebih, Nike terus melakukan inovasi dan terus berinvestasi untuk melakukan pengambangan produknya di bidang ini.

Daftar Kekayaan Atlet NBA dari Endorsemen Sepatu

Saat ini banyak tersedia sepatu basket terbaik dengan menampilkan nama-nama pemain bola basket terkenal yang bermain di NBA. Kamu bisa mendapatkan sepatu idaman kamu dengan kartu kredit terbaik yang memberikan banyak diskon dengan melakukan pengajuan kartu kredit hanya di situs CekAja!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk