Deretan Koleksi Motor Valentino Rossi dari Musim ke Musim

Sebagai fans Valentino Rossi, apakah kamu sudah tahu seluruh koleksi motor Valentino Rossi dari musim ke musim? Kalau belum, mending cari tahu informasinya lewat ulasan CekAja di bawah ini.

Deretan Koleksi Motor Valentino Rossi dari Musim ke Musim

Nama Valentino Rossi kini tengah hangat diperbincangkan netizen. Pasalnya, pebalap legendaris itu baru saja merilis rencana pensiun pada akhir musim MotoGP 2021.

Namun kabar terbaru yang didapat, pada gelaran MotoGP Styria kemarin, Minggu (8/8/2021), pers kembali dikejutkan dengan kabar bahwa rencana pensiun Rossi bisa saja batal, jika ia memegang posisi satu pada gelaran MotoGP 2021.

Nah, sembari menunggu hasil akhir mengenai kabar pensiun dirinya, pebalap nomor satu dunia yang dijuluki The Doctor ini, sudah memiliki banyak sekali koleksi motor selama masa karirnya di MotoGP.

Buat kamu yang penasaran mengenai koleksi motor Valentino Rossi, terutama dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, yuk langsung simak informasi yang telah CekAja rangkum dari banyak sumber, berikut ini.

(Baca Juga: 7 Jenis Moge Polisi Indonesia, Gahar dan Mahal)

Deretan Koleksi Motor Valentino Rossi

1. Aprilia RS 125 R

Aprilia RS 125 R - Koleksi Motor Valentino Rossi

Koleksi motor Valentino Rossi yang pertama dan mungkin paling lawas sepanjang karirnya dalam dunia MotorGP adalah Aprilia RS 125 R

Motor keluaran pabrikan asal Italia ini, jadi salah satu yang paling berserajah. Karena, berkat Aprilia RS 125 R lah, Rossi berhasil menyabet gelar juara dunia dengan perolehan 11 podium untuk kelas 125cc pada tahun 1997 silam.

2. Aprilia RS 250 SP

Aprilia RS 250 SP - Koleksi Motor Valentino Rossi

Beralih dari seri RS 125 R, Rossi kembali dengan mengendarai Aprilia RS 250 SP. Ini adalah salah satu koleksi motor Valentino Rossi yang tak kalah berserajah.

Tergabung dalam tim Aprilia Grand Prix Racing, Rossi menggeber motor tersebut selama kompetisi MotoGP pada musim 1996 hingga 1999.

Seperti pendahulunya, Aprilia RS 250 SP ini pun mampu menghantarkan Valentino Rossi menjadi juara dunia selama tiga musim, tepatnya pada kategori GP 125 dan GP 250.

Selain Rossi, rupanya motor tersebut juga sempat digunakan oleh pebalap legendaris lainnya lho. Seperti Jorge Lorenzo, Marco Simoncelli, hingga Max Biaggi.

3. Honda NSR500

Honda NSR500 - Koleksi Motor Valentino Rossi

Koleksi motor Valentino Rossi yang selanjutnya adalah Honda NSR500. Motor ini pertama kali digunakan Rossi saat ajang MotoGP pada tahun 2000 silam.

Kala itu, ia masih berusia 21 tahun dan menjadi satu-satunya pebalap yang menggunakan Honda NSR500 di musim debutnya untuk kelas premier.

Rossi menunggangi Honda NSR500 selama dua musim, dimana saat itu ia tergabung dalam tim satelit Nastro Azzuro Honda.

Pada musim pertama, Rossi keluar sebagai runner-up setelah dikalahkan oleh Kenny Roberts Jr dari tim Suzuki. Namun di musim berikutnya, Rossi berhasil menyabet juara dunia menggunakan motor Honda NSR500 tersebut.

Motor Honda NSR500 sendiri diketahui memiliki konfigurasi V4 bertenaga maksimal 182 dk, dengan kecepatan maksimal mencapai 200 kilometer per jam.

4. Honda RC211V

Honda RC211V - Koleksi Motor Valentino Rossi

Beranjak dari tim satelit Nastro Azzuro Honda, Valentino Rossi memilih bergabung ke tim Repsol Honda. Hal ini diketahui setelah terjadi evolusi besar dalam gelaran MotoGP pada tahun 2002.

Ya, di tahun tersebut, pihak penyelenggara membolehkan motor bermesin 4-tak untuk berlaga. Tak tanggung-tanggung, pihak Honda pun langsung meluncurkan RCV211V yang dikendarai oleh Rossi.

Salah satu koleksi motor Valentino Rossi di ajang MotoGP ini menjadi unggulan di era 4-tak, dengan spesifikasi mesin 990 cc berkonfigurasi V dan besaran tenaga yang dihasilkan mencapai 250 dk.

Motor ini digunakan Rossi kurang lebih setahun, terhitung dari musim 2002-2003, dengan perolehan dua gelar juara dunia yang berhasil ia persembahkan kepada tim pabrikan Repsol Honda.

(Baca Juga: 10 Daftar Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia)

5. Ducati Desmosedici GP11

Ducati Desmosedici GP11 - Koleksi Motor Valentino Rossi

Koleksi motor Valentino Rossi yang lainnya selama berada dalam ajang MotoGP adalah Ducati Desmosedici GP11.

Gebrakan Rossi ke Ducati ini mulanya diharapkan dapat menjadi sesuatu yang besar dan menggemparkan dunia balap motor. Namun sayangnya, itu cuma ekspektasi belaka.

Sebab, kala Rossi berlaga dengan Ducati Desmosedici GP11 di musim 2011, ia justru terlihat kurang lihai dalam menaklukan mesin motor tersebut.

Hal itu juga kian terlihat di sepanjang musim 2011, yang mana karir Valentino Rossi stuck di 1 podium saja, yakni posisi 3 di arena GP Perancis.

Malahan, saat musim 2012 tiba, Rossi juga tak mampu bersaing. Sehingga ia memutuskan untuk kembali ke tim Yamaha, dan meninggalkan pihak Ducati di tahun yang sama meski masih tersisa 8 laga lagi.

Meski menjadi tahun kemerosotan bagi Rossi, namun Ducati Desmosedici GP11 yang pernah ditungganginya itu justru laku di pelelangan pada Mei 2012, dengan harga jual mencapai €245,700 atau setara Rp4,1 miliar.

Berbicara mengenai spesifikasinya, Ducati Desmosedici GP11 ini bisa dibilang punya kecepatan yang sangat luarbiasa, puncak maksimalnya diangka 310 km/jam, dengan mesin 799 cc.

6. Yamaha YZR-M1

Yamaha YZR-M1 - Koleksi Motor Valentino Rossi

Yamaha YZR-M1 merupakan satu koleksi motor Valentino Rossi yang paling lama digunakan oleh pebalap asal Italia itu sepanjang karirnya di MotoGP.

Rossi diketahui pertama kali menunggangi YZR-M1 setelah bergabung ke Yamaha pada 2004 silam.
Di tahun tersebut, Rossi berhasil mencetak banyak sejarah dalam karirnya.

Dua musim pertama bersama Yamaha, The Doctor, julukannya, sukses menyabet juara dunia di musim 2004 dan 2005.

Tidak berhenti disitu saja, Rossi juga sempat meraih posisi satu dalam gelaran MotoGP pada musim 2008 dan 2009 di kategori mesin 800 cc.

Selang dua tahun dari event tersebut, Rossi sempat memutuskan hengkang dari Yamaha dan bergabung ke Ducati dari tahun 2011 hingga 2012. Sayangnya, nasib ia di tim Ducati tidak berjalan mulus.

Kemudian di 2013, Rossi kembali bergabung dengan tim Yamaha Factory Racing. Disinilah, kita bisa melihat titik balik kesuksesan dari sosok Valentina Rossi. Ia berhasil mencapai garis finis dengan perolehan posisi keempat pada klasemen akhir.

Di musim-musim selanjutnya pun, yakni 2014, 2015, hingga 2016, Rossi berhasil meraih posisi Runner-up secara berturut dalam gelaran MotoGP tiga musim itu.

FYI, secara spesifikasi, Yamaha mengandalkan mesin 1000 cc inline four untuk seri YZR-M1 ini. Semburan tenaganya cukup menjanjikan, hingga 239,2 daya kuda.

Koleksi Motor Mahal Lebih Aman dengan Double Proteksi

Itu dia informasi mengenai beberapa koleksi motor Valentino Rossi dari musim ke musim di ajang MotoGP.

Kamu yang kepengin mengoleksi motor mahal atau pelelangan dari motor bekas yang digunakan selama ajang MotoGP, boleh saja lho walaupun memang harganya cukup menguras kantong.

Maka dari itu, dibutuhkan double proteksi berupa asuransi kendaraan untuk meminimalisir segala risiko kecelakaan, kehilangan, sampai urusan perbaikan di bengkel resmi.

Produk asuransi kendaraan ini bisa kamu dapatkan dengan mudahnya di CekAja.com. Seluruh proses pengajuan di CekAja dilakukan secara online, jadi sudah pasti cepat dan aman.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segara ajukan asuransi kendaraan di CekAja.com dan nikmati perlindungannya untuk motor maupun mobil kesayanganmu.