Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word, Gampang Banget!

by Ayunindya Annistri on 27 Desember, 2019

Sering dibutuhkan saat akan membuat makalah atau bahkan skripsi, kegunaan daftar isi untuk memudahkan dalam mencari bagian yang ingin dibaca, membuat sebagian orang turut mencari cara membuat daftar isi otomatis khusus pengguna Ms Word.

Tak bisa dipungkiri, daftar isi menjadi salah satu elemen terpenting dalam pembuatan makalah, skripsi, atau proposal. Hal ini mengacu pada kegunaannya sendiri untuk memudahkan pembaca dalam mencari halaman yang diinginkan, yang mana umumnya daftar isi mencakup judul, sub judul, serta halaman yang ada di dalam dokumen tersebut.

Biasanya daftar isi bisa dibuat dengan berbagai cara, mulai dari manual hingga otomatis. Namun sayangnya kebanyakan dari kita masih memilih cara manual karena ketidaktahuan akan cara membuat daftar isi otomatis.

Padahal dilhat dari segi pengerjaan, daftar isi manual menjadi kurang efektif sebab hanya memperlamban waktu. Misalkan saat adanya perubahan format tulisan atau wording, dimana kamu harus merubah sendiri satu per satu konteks di dalam daftar isi yang jelas saja merepotkan kamu sebagai penulis.

Sebenarnya di Ms Word versi baru seperti 2007, 2010, 2013, maupun 2016 sudah disediakan fitur pembuatan daftar isi otomatis untuk memudahkan penggunanya. Namun fitur tersebut sering diabaikan lantaran sebagian dari kita masih gagap teknologi.

Nah, sebelum memberikan tutorial cara membuat daftar isi otomatis, sebaiknya kamu simak dulu deh beberapa hal penting yang akan dibahas oleh CekAja dibawah ini agar nantinya daftar isi yang kamu buat terlihat bagus dan rapi.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Membuat daftar isi otomatis sebetulnya tergolong mudah dan praktis, kamu hanya perlu menyiapkan dokumen yang telah selesai dibuat termasuk didalamnya judul, sub judul, dan nomor halaman. Selain itu, penempatan heading untuk tiap halaman juga harus diperhatikan bila ingin menerapkan daftar isi otomatis yang benar.

Keseluruhan pengaturan tersebut bertujuan agar sistem Ms Word mampu mengenali judul dan sub judul yang tercantum di setiap halaman. Berikut tahapan cara membuat daftar isi otomatis melalui Ms Word:

1. Gunakan fungsi heading

Sudah menjadi ketetapannya bila ingin membuat daftar isi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan fungsi heading untuk tiap judul dan sub judul.

Bila di layar komputer atau laptopmu tidak terdapat menu heading dan subheading, sebaiknya aktifkan terlebih dahulu fungsi tersebut dengan memblok bagian judul maupun sub judul. Kemudian klik Heading 1 untuk judul dan Heading 2 untuk bagian sub judul yang terdapat pada menu Home di Ms Word.

Setelah diubah menjadi format heading, kamu bisa menyesuaikan kembali jenis, ukuran, dan warna font untuk bagian judul dan sub judul sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Kedua hal inilah yang nantinya bakal tercantum dalam daftar isi otomatis.

Sebagai tambahan informasi, untuk memudahkanmu dalam melihat apakah fungsi heading sudah berhasil diaktifkan, kamu bisa melihatnya langsung melalui fitur Navigation Pane yang terdapat pada menu View. Klik fitur tersebut dan lihat apakah rincian Heading 1 dan 2 sudah sesuai dengan yang ingin ditampilkan pada daftar isi otomatis.

2. Buat halaman kosong sebagai daftar isi

Langkah selanjutnya dalam cara membuat daftar isi otomatis adalah menempatkan rincian daftar isi pada bagian halaman baru. Caranya cukup mudah, pertama-tama kamu perlu mengeklik fungsi References dan pilih menu Table of Contents.

Di menu tersebut sudah tersedia automatic table yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Baik automatic table 1 maupun 2 masih bisa kita ubah formatnya, mulai dari jenis font hingga ukuran.

Bila sewaktu-waktu kamu ingin mengedit nomor halaman ataupun judul dan sub judul, gunakan fungsi Update Field dengan cara klik kanan pada salah satu titik di kolom daftar isi otomatis lalu pilih menu Update Page Number Only hanya untuk nomor halaman yang berubah atau Update Entire Table bila keseluruhan isi dokumen berubah termasuk pula judul dan sub judul.

(Baca juga: Emulator Android Ringan dan Cepat!)

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Versi Terbaru Ms Word

Nah, kalau sudah mengetahui secara umum pembuatan daftar isi otomatis, sekarang saatnya kita membahas lebih dalam lagi mengenai cara membuat daftar isi otomatis pada Ms Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Langkah-langkah pembuatan daftar isi otomatis pada versi terbaru Ms Word tersebut sebetulnya hampir serupa dan tidak terlalu mengalami perubahan dengan versi sebelumnya.

Pertama-tama, selesaikan dokumen yang kamu buat termasuk pula judul dan sub judul menggunakan heading maupun subheading. Kemudian pilih halaman baru pada Ms Word dan ketik Daftar Isi di halaman tersebut.

Klik fungsi References lalu pilih menu Table of Contents, dimana pada menu tersebut kamu bisa memilih mode yang diinginkan, entah itu Automatic Table 1 ataupun Automatic Table 2. Setelah itu, daftar isi akan secara otomatis dibuat dengan bentuk yang terstruktur dan sesuai dengan keinginan.

Khusus untuk Ms Word 2010, sebelum kamu mengeklik fungsi References, terlebih dulu pilih fungsi Home dan klik menu Save Selection as a New Quick Style. Jika sudah, klik Save lalu pilih fungsi References dan klik menu Add Text, pilih opsi Heading 1 untuk bagian judul. Ulangi kembali cara ini untuk membuat sub judul berubah format menjadi Heading 2 dan seterusnya.

Setelah berhasil mengubah format heading, buat halaman baru untuk daftar isi dengan klik fungsi References dan pilih menu Insert Table of Content. Ketika format daftar isi otomatis yang dibuat telah selesai, maka kamu sudah bisa menggunakannya.

Nah, itulah cara membuat daftar isi otomatis yang pastinya enggak akan lagi merepotkanmu dalam membuat suatu dokumen. Yuk, tinggalkan cara manual dan ubah sistem kerjamu dengan menggunakan cara yang lebih modern dan praktis.

(Baca juga: Harimau Tank, Alat Tempur Andalan Buatan Pindad)

Jika kamu ingin memiliki kartu kredit yang memberikan banyak diskon dan juga mendukung kegiatan kamu untuk membeli perangkat lunak secara online, segera ajukan sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau