Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kota-Kota Besar di Indonesia Ini Bisa Memberikan Keuntungan Finansial di Tahun 2016

by Surtan Siahaan on 23 Januari, 2016

Meski didukung infrastruktur yang lengkap dan banyaknya lapangan pekerjaan, Jakarta rupanya bukan kota yang menguntungkan secara finansial lho.

Selain biaya hidup yang tinggi, penduduk warga kota metropolitan ini diintai oleh banyak risiko seperti keamanan dan kesehatan. Kota yang memberikan banyak keuntungan adalah kota yang unggul dalam hal pekerjaan, pendidikan dan memberikan rasa nyaman untuk ditinggali.

Mau tahu kota apa saja yang menguntungkan untuk ditinggali selain Jakarta? Berikut ini daftarnya

Balikpapan

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS), Kalimantan adalah salah satu wilayah yang indeks kebahagiaannya paling tinggi. Sedangkan salah satu kota yang paling menguntungkan untuk ditinggali di Kalimantan dalah Balikpapan.

Ada banyak faktor yang membuat kota minyak ini menguntungkan ditinggali. Salah satunya adalah lapangan pekerjaan dan tingginya pendapatan. Meski UMK Balikpapan hanya Rp 2,2 juta, namun penghasilan pekerja di kota ini berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 10 juta.

Balikpapan juga pernah terpilih sebagai kota paling nyaman dan layak huni di Indonesia. Penghargaan ini diberikan setelah Ikatan Ahli Perencana Indonesia mengeluarkan hasil survei Indonesia Most Livable City Index.

Selain banyaknya pekerjaan dan tingginya pendapatan, balikpapan juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi dan pendidikan. Alhasil, warga Balikpapan tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menyekolahkan anak dan rekreasi di luar daerah.

Selain itu, Balikpapan juga terkenal dengan kebersihannya yang membuat kota ini makin nyaman ditinggali.

(Baca juga: Bisnis Ramah Lingkungan Ini Untungnya Bisa Bikin Kamu Adem)

Solo

Dari segi pendapatan, Solo memang punya UMK yang rendah yakni hanya Rp 1,3 juta. Namun, biaya hidup di kota ini sangat murah. Menurut survei BPS yang dilakukan terhadap 82 kota di seluruh Indonesia, Solo menempati peringkat ke 72 dan hanya dikalahkan oleh kota seperti Cilacap, Tegal dan Kudus.

Keuntungan lainnya, Solo adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Mulai dari keraton, candi, museum, pasar barang antik hingga pasar batik ada di dalam kota. Artinya, kamu pun tidak perlu banyak keluar tambahan untuk biaya berlibur di dalam kota.

Solo yang juga dikenal dengan nama Surakarta punya kualitas udara bersih. Warga yang tinggal di kota ini juga relatif sehat dan karenannya berumur panjang. Alasannya karena industri berat tidak diperbolehkan berada di dalam kota solo.

Bandung

Selain terkenal sebagai kota tujuan wisata, Bandung rupanya sangat menguntungkan untuk ditinggali. Alasannya karena kota ini menggratiskan biaya pendidikan bagi warganya.

Seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com, Seluruh SMA dan SMK negeri di Kab. Bandung mulai tahun ajaran 2015/2016 menggratiskan biaya bulanan (SPP), namun belum bisa membebaskan dana sumbangan pendidikan (DSP).

Sementara di kota-kota lain warga masih harus mengeluarkan dana untuk membiayai pendidikan yang semakin bertambah mahal.

(Baca juga: Mau Jadi Pebisnis Handal? Ini Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia)

Makassar

Kota paling maju di kawasan Indonesia bagian tengah dan timur ini juga salah satu kota yang bikin penduduknya untung secara finansial. Pertumbuhan ekonomi kota ini juga yang paling tinggi di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2014 pertumbuhan ekonominya paling tinggi di Indonesia. Artinya, ketersediaan lapangan kerja dan kemudahan berusaha di kota ini lebih baik.

Bahkan, untuk urusan izin usaha, Makassar juga menggratiskan biaya izin untuk UKM. Salah satu program tersebut merupakan kerjasama antara Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Tentang Penulis