Kota Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia, Paling Banyak di Sumatera

Sumber daya alam yang ada di Indonesia, dikenal sangat melimpah. Adapun dari banyaknya sumber daya alam yang melimpah ini, salah satunya adalah batu bara. Bahkan, kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia, ini bisa hasilkan jutaan ton.

Sumber daya alam sendiri merupakan sesuatu, yang bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia, agar terus bisa menjalani kehidupan, yang lebih sejahtera.

Tidak hanya di darat, sumber daya alam yang bisa ditemukan di berbagai daerah Indonesia ini, juga bisa ditemukan di dalam tanah, air, laut, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya.

Batu bara sendiri termasuk sumber daya alam barang tambang, sama seperti minyak bumi, gas, mineral, logam dan lainnya.

Jenis sumber daya alam lainnya, juga bisa berupa sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.

Apa Itu Batu Bara?

Karena saat ini kita akan membaha kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia, sebaiknya kita kenalan dulu dengan barang tambang yang satu ini.

Jadi, batu bara ini adalah salah satu bahan bakar fosil, berbentuk batuan sedimen yang dapat terbakar. Batu bara terbentuk dari endapan organik, sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

(Baca Juga: Kota Penghasil Emas Terbesar di Indonesia)

Bukan batu biasa atau arang, batu bara memiliki unsur-unsur utama, yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.

Selain itu, batu bara juga bisa disebut sebagai batuan organik, yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks, yang bisa ditemui dalam berbagai bentuk. Jadi tidak hanya bulat, kotak, atau bentuk lainnya.

Manfaat Batu Bara dalam Kehidupan Sehari-hari

Batu bara sendiri, bisa digunakan secara langsung dan tak langsung. Namun, secara umum, penggunaan batu bara tak langsung lebih banyak digunakan oleh beberapa sektor. Berikut manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap
  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas
  • Metalurgi (Industri Baja)
  • Keperluan Rumah Tangga (pengganti minyak tanah, untuk memasak)
  • Transportasi
  • Industri Kimia

Kota Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia

1. Sawahlunto, Sumatera Barat

Kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang pertama adalah daerah atau kota Sawahlunto, yang terletak di Sumatera Barat.

Lokasi batu bara tersebut bernama Ombilin, adapun daerah Sawahlunto memang dikenal sebagai situs tambang batu bara, tertua di Asia Tenggara.

Namun, saat ini ombilin sudah tidak produktif memproduksi. Akan tetapi, di lokasi masih ada masyarakat sekitar, yang mencari batubara yang tersisa.

Mengapa sudah tidak produktif? Hal tersebut dikarenakan saat UNESCO menobatkan kawasan tersebut, sebagai warisan budaya dunia, dan akhirnya petambangan berhenti.

2. Meulaboh, Aceh Barat

Kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang selanjutnya ada Meulaboh, yang terletak di Aceh Barat. Bahkan, daerah ini sudah lama, menjadi salah satu lokasi pertambangan, serta pemasok batubara dunia, dengan kualitas terbaik loh.

Namun, lagi-lagi ada kabar bahwa kawasan pertambangan ini akan ditutup. Padahal, kandungan batu bara di tanah Aceh ini sangat melimpah.

Di tanah Aceh Barat yang menjadi lokasi tambang batu bara ini, terdapat 15 lapisan dengan kedalaman mencapai 100 meter.

Selain itu, lapisan tanahnya juga memiliki ketebalan sekitar 0,5 hingga 9,5 meter. Sehingga, cadangan batu bara yang ada di dalamnya, bisa mencapai jumlah 500 juta ton, jika dihitung dengan kedalaman 80 meter.

3. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Masih di Pulau Sumatera, kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang tak kalah banyak menghasilkan batu bara adalah daerah Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Tambang batu bara yang dikelola perusahaan PT Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk ini merupakan salah satu perusahaan milik negara Indonesia atau (BUMN), yang telah didirikan pada 1950.

Perlu kamu tahu juga, bahwa dalam satu jam menambangan, perusahaan ini bisa menghasilkan batu bara mencapai 1.500 sampai 1.700 ton.

Nah, jika akumulasi dalam satu hari, perusahaan ini bisa menghasilkan sampai 40.000-an ton. Namun, dibalik proses pertambangannya, juga karena adanya dukungan fasilitas yang memadai.

Sebut saja fasilitas seperti kereta loader, yang mampu menampung batu bara 2.000 hingga 2.800 kubik per jamnya. Coba kamu bayangkan, jika prosesnya dilakukan secara manual, bisa lama sekali.

Tidak hanya itu, cadangan batu bara di Tanjung Enim, setidaknya masih ada sebesar 6,36 miliar ton lagi.

Untuk hasil penambangan yang telah berhasil dilakukan, yakni sebanyak 1,59 miliar ton. Jika diakumulasi berdasarkan tingkat produksinya dalam satu tahun, lokasi pertambangan ini, telah mampu menghasilkan 20 juta ton.

4. Lahat, Sumatera Selatan

Kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia yang juga berada di Pulau Sumatera adalah Lahat. Terletak di Sumatera Selatan, lokasi pertambangan batu bara di Lahat ini, juga terdapat banyak perusahaan, yang beroperasi.

Jika dijumlahkan, total perusahaan batu bara yang melakukan pertambangan di Lahat, adalah sekitar 36 perusahaan, dengan total area konsesi 31.454,4 hektar.

5. Pulau Laut, Kalimantan Selatan

Selanjutnya kita beralih ke Pulau Kalimantan. Di sini terdapat kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia, yang terletak di daerah Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Namun, ada yang menarik dari pertambanga batu bara di Kalimantan ini, karena hasil tambang batubara yang ada di daerah Pulau Laut ini, banyak diekspor ke luar negeri.

Sebut saja seperti ke China, Jepang, bahkan hingga Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan tambang batu bara di Pulau Laut ini, memiliki kualitas yang bagus.

6. Samarinda, Kalimantan Timur

Masih di Pulau Kalimantan, Samarinda menjadi kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia selanjutnya. Lokasi pertambangan batu bara ini, tepatnya di sepanjang Sungai Berau, Samarinda, Kalimantan Timur.

Bukan lokasi pertambangan baru, pertambangan batu bara di Kalimantan Timur ini, bahkan sudah dimulai dari masa penjajahan Belanda.

Namun, jika dilihat dalam catatan sejarah pertambangan, kawasan pertama pertambangan batubara di Kalimantan Timur adalah di daerah batu panggal.

7. Sorong, Papua

Berikutnya kita beralih ke daerah Timur Indonesia, yakni Sorong, Papua. Adapun, Sorong menjadi kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia.

Seperti yang diketahui, bahwa di Papua, terkenal dengan lokasi tambang emas yang berlimpah. Namun, tidak hanya tambang emas, tapi di sini juga terdapat tambang batu bara yang tak kalah melimpah, tambang marmer hingga minyak bumi.

Untuk proses tambangnya sendiri, di Sorong menggunakan teknik, yang berkualitas dan terbaik yakni teknik blending. Sehingga, batu bara yang dihasilkan di daerah ini, berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Tidak hanya itu, hasil batu bara di Sorong juga dikenal sangat istimewa, karena memiliki kualitas yang sangat populer, di tanah air dan juga di penjuru dunia.

Maka tak heran, jika permintaan batu bara yang ada di Sorong, sangat tinggi dari negara-negara lain.

(Baca Juga: 4 Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau)

Nah, itu dia beberapa informasi tentang kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa Indonesia memiliki banyak daerah, yang mempunyai cadangan sumber daya alam berupa batu bara, yang cukup besar.

Meski cadangannya besar dan banyak, namun batu bara merupakan salah satu hasil contoh sumber daya alam, yang tidak dapat diperbaharui.

Sehingga, kita sebagai penduduk tanah Indonesia, harus benar-benar menjaga alam kita sendiri, dan pintar-pintar dalam mengolahnya.

Di sini, kita butuh para pekerja tambang yang cerdas dalam memproduksi dan mengolah batu bara, di Indonesia.

Jangan salah, meski pekerjaannya berat dan kotor, penghasilan pekerja tambang sangat besar loh. Kamu sendiri, apakah tertarik bekerja di perusahaan pertambangan?

Jika iya, kamu bisa ambil beberapa jurusan di universitas swasta maupun negeri. Kamu bisa ambil Jurusan Fisika Dasar, Geologi Dasar, Teknik Gas Bumi, Eksplorasi Tambang, Metalurgi, dan masih banyak lagi.

Beberapa jurusan tersebut, memang menjadi incaran, karena memiliki prospek kerja tinggi. Maka tak heran, jika biaya kuliahnya cukup mahal.

Namun tak perlu khawatir, jika kamu memiliki masalah keterbatasan biaya, tapi kamu yakin dengan jurusan tersebut, kamu bisa melakukan pinjaman dana untuk pendidikan. Di mana kamu bisa dapatkan pinjaman dana tersebut?

Nah, untuk masalah modal pendidikan untuk kuliah di jurusan impian, kamu bisa ajukan pinjaman dana untuk pendidikan, di CekAja.com.

CekAja.com, kamu menyediakan banyak produk pinjaman dana pendidikan, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Yuk, segera ajukan pinjaman dana untuk pendidikan, dan raih mimpimu untuk kuliah di jurusan favorit, dan bekerja di perusahaan pertambangan raksasa, di Indonesia.