Kota Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Salah Satunya di Papua

Jadi salah satu jenis logam yang memiliki nilai tinggi, emas banyak diburu para penambang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perlu diketahui juga, bahwa di tanah Indonesia sendiri, juga terdapat banyak kandungan logam emas. Apa kamu sendiri sudah tahu, di mana saja kota penghasil emas terbesar di Indonesia? Yuk intip di sini!

Emas di Indonesia, jadi Penggerak Ekonomi Negara

Sebelum membahas kota penghasil emas terbesar di Indonesia, yuk kenalan dengan logam yang sangat bernilai ini, sampai diincar banyak orang.

Jadi, emas sendiri merupakan salah satu sumber mineral alam, yang pertambangannya dilakukan pada beberapa titik di Indonesia.

Nah, devisa yang dihasilkan emas, bisa dimanfaatkan dalam proses penggerakan ekonomi dalam negeri.

Di sini, kita patut bangga karena Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi penghasil tambang emas, terbesar di dunia. Mengapa?

(Baca Juga: Beli Emas Perhiasan atau Batangan)

Hal tersebut dikarenakan, tingginya lonjakan jumlah produksi, yang terjadi di setiap tahunnya.

Hal ini juga berdampak, ke pemasukan ekonomi negara, di mana akhirnya banyak investor dari luar negeri, yang berusaha menjalin kerja sama dengan Indonesia.

Gunung Emas di Kongo Viral

Namun, baru-baru ini viral sebuah berita, yang menginformasikan bahwa ada sebuah gunung emas baru, telah ditemukan di provinsi Kivu Selatan, Kongo.

Meski bukan di Indonesia, gunung emas ini tentu langsung membuat penasaran warga sekitar, dan memancing ribuan orang untuk datang, hingga berbondong-bondong ke lokasi tersebut, dengan tujuan tidak lain untuk menambang emas.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Menteri Pertambangan Kivu Selatan, Venant Burume pun mengatakan, bahwa beredarnya informasi terkait penemuan biji berkandungan emas, pertama kali ditemukan pada akhir Februari lalu.

Setelah itu, barulah banyak orang termasuk angkatan bersenjata Kongo (FARDC), datang ke lokasi, untuk membuktikannya.

Serbuan warga yang datang ke lokasi tersebut pun, membuat kerumunan yang sangat padat, hingga akhirnya video kerumunan tersebut viral di media sosial.

Di video tersebut, terlihat banyak warga Kongo, menggali tanah dengan sekop, bahkan dengan tangan kosong, dan menampung tanah tersebut ke dalam wadah.

Tidak hanya itu, ada cuplikan video tersebut pun, terlihat bahwa mereka memperoleh banyak emas, ketika memisahkan tanah dengan air.

Adapun, nantinya hasil tambang emas tersebut, bisa membuat mereka untung, karena emas bisa dijual dengan nilai yang sangat tinggi.

Nah, kira-kira seberharga itu lah emas jika sumbernya bisa dengan mudah didapatkan, dan tahu bagaimana cara mengolahnya.

Bagaimana dengan kota penghasil emas terbesar di Indonesia? Apakah, bisa sampai bisa membuat banyak orang berbondong-bondong juga seperti di Kongo?

Tentu tidak, beberapa titik penambangan emas di beberapa kota di Indonesia ini, sudah menjadi lokasi penambangan resmi milik perusahaan.

Nah, kira-kira di mana saja ya, daerah atau kota penghasil emas terbesar di Indonesia? Itu artinya di kota-kota tersebut, tanahnya mengandung banyak kandungan logam emas, yuk intip di sini!

Kota Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

1. Papua – Tambang Grasberg

Kota penghasil emas terbesar di dunia yang pertama adalah ada di daerah Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika. Adapun, di daerah ini juga merupakan penghasil tambang emas terbesar, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Tidak hanya emas, di tanah Papua, di setiap tahunnya, mampu memproduksi 3 juta konsentrat, di bawah pengelolaan Freeport. Adapun konsentrat ini, merupakan pasir olahan dari ore, atau batuan tambang di mana di dalamnya, terkandung emas, tembaga, dan juga perak.

Dari beberapa daerah penghasil emas di Indonesia, daerah Papua menjadi kota penghasil emas terbesar di Indonesia, sampai saat ini. Pasalnya, perusahaan ini bisa menghasilkan 240 kilogram emas murni, setiap hari nya.

Selain itu, PT. Freeport ini disebut juga mengembangkan penambangan bawah tanah, untuk emas dan tembaga paling besar di dunia.

Bahkan, sejak 21 Desember 2018, PT. Freeport Indonesia atau PFI, telah berhasil mengakuisisi sebesar 51%, saham tambang Grasberg di Papua.

2. Sumbawa – Batu Hijau, NTB

Selanjutnya, kota penghasil emas terbesar di Indonesia ada di Pulau Sumbawa, tepatnya di penambangan Batu Hijau, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan penambangan mineral yang dimulai dari tahun 2000 dan merupakan kegiatan kembangan terlama di indonesia.

Perlu kamu tahu juga, bahwa di lokasi ini, telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga.

Namun, menurut informasi yang dilansir dari statmat.id, menyebutkan bahwa sampai saat ini pengelolaan Batu Hijau masih di bawah pihak asing. Hak kepemilikan tambang ini akan beralih sepenuhnya ke Indonesia pada tahun 2025.

3. Gosowong, Halmahera, Sulawesi Utara

Kota penghasil emas terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Gosowong, yang terletak di Halmahera, Sulawesi Utara. Adapun, Gosowong ini merupakan lokasi tambang emas terbesar ketiga di Indonesia.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa daerah tersebut dikelola oleh salah satu perusahan BUMN yakni PT. Aneka Tambang. Adapun perusahaan ini telah ada, sejak 20 tahun yang lalu dan bekerja sama dengan perusahaan Newcrest.

Bagaimana dengan jumlah emas yang dihasilkan di kota ini? Selama melakukan proses penambangan bijih emas, setidaknya sudah ada 20 juta ons, yang telah ditambang dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon, Kalimantan Tengah

Selanjutnya kita beralih ke Pulau Kalimantan, yang menjadi lokasi salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia, tepatnya di Pujon, Kalimantan Tengah.

Dari dulu, tanah Kalimantan memang telah lama menyandang gelar primadona dunia, untuk urusan kekayaan alamnya yang tersimpan, salah satunya kandungan emas yang melimpah, di dalam tanahnya.

Tanah yang mengandung logam emas ini, terletak di desa Pujon, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Adapun, lokasinya sangat terpelosok dan jauh dari pemukiman warga.

Bahkan, karena saking banyaknya memiliki bijih emas, maka desa Pujon tersebut sering mendapat julukan sebagai Desa Emas. Selain itu, dengan situasi dan kondisi seperti ini, tentu sangat berpengaruh terhadap profesi mayoritas warganya, yakni menjadi penambang emas.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa cadangan emas di tambang Pujon ini, bahkan telah diperhitungkan tidak akan habis digunakan, hingga beberapa puluh tahun mendatang. Wow, berarti sangat banyak ya!

5. Tujuh Bukit, Banyuwangi

Tidak hanya banyak gunung, di Pulau Jawa juga terdapat kota penghasil emas terbesar di Indonesia, yakni di Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tempat penambanga emas tersebut, bahkan kini, lebih populer jika disebut dengan nama Tumpang Pitu.

Meski terletak di tanah yang sebagian besar sudah menjadi pemukiman padat penduduk, namun jangan salah, karena daerah ini menjadi daerah terbesar penghasil emas nomor dua, di negeri ini.

Bayangkan saja, bahwa di lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Nah, dari total miliaran ton mineral tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.

Lokasi penambangan mineral dan emas di sini, dikelolanya oleh PT. BSI (Bumi Suksesindo). Adapun perusahaan tersebut, telah beroperasi sejak 2016 silam.

Perlu diketahui juga, bahwa PT BSI merupakan anak dari PT. Merdeka Copper Gold Tbk.

Dalam sejarah penambangannya, perusahaan ini telah memproduksi emas sebanyak 142.468 oz, pada 2017.

Adapun, jumlah tersebut juga telah mengalami peningkatan pada 2018, dengan total produksi 155.000 hingga 170.000 oz emas.

6. Gunung Pongkor, Pulau Jawa

Satu lagi kota penghasil emas terbesar di Indonesia yang terakhir adalah di daerah Gunung Pongkor, Jawa Barat. Adapun, tambang emas ini, mulai beroperasi sejak 1994.

Bagaimana? Setelah melihat daftar daerah atau kota penghasil emas terbesar di Indonesia di atas, apakah kamu tambah bangga dengan negeri ini?

Tentu saja harus bangga, karena negara lain belum tentu memiliki kekayaan alam berupa mineral berharga seperti di Indonesia.

Maka tak heran, jika banyak perusahaan asing, yang ingin ikut kerja sama dengan Indonesia, di bidang pertambangan.

Nah, di sini tugas kita hanya cukup menjaga dan mengelolanya dengan baik, agar kelak manfaatnya bisa dirasakan dari generasi ke generasi.

Tidak perlu sombong apalagi membiarkan kekayaan alam kita dikuasai negara lain, karena yang diharapkan kedepannya dari bangsa ini adalah, mampu mengelola sendiri semua sumber daya alam yang ada.

Kamu sendiri, jika tahu bahwa harga emas murni sangat tinggi, apa yang akan kamu lakukan, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil bumi ini?

(Baca Juga: Cara Beli Emas Antam di Pegadaian)

Kebanyakan orang, umumnya menjadikan emas, sebagai ladang bisnis hingga investasi. Karena, nilainya sangat stabil dan sangat cocok untuk investasi masa depan.

Contoh saja, jika kamu membeli emas murni di tahun ini, bisa jadi di lima tahun ke depan, harga emas yang kamu beli, harganya bisa naik berkali-kali lipat.

Sangat menguntungkan bukan, investasi emas murni. Jika kamu tertarik dengan investasi emas murni atau perhiasan emas, kamu bisa beli emas murni di beberapa tempat seperti di PT. Antam atau di Pegadaian.

Kamu bisa membeli berbagai ukuran emas murni 99,99 persen, mulai dari 0,5 gram, bahkan hingga 1000 gram.

Untuk pemula, kamu bisa beli emas ukuran 0,5 gram hingga 2 gram, untuk keperluan investasi. Untuk membelinya, kamu juga bisa menggunakan sistem cash maupun cicil.

Jika dana untuk membeli emas kurang, kamu bisa gunakan tambahan modal beli emas murni, dengan pinjaman online terpercaya yang tersedia di CekAja.com.

Ada banyak pilihan pinjaman online terbaik, yang bisa kamu pilih, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Yuk, segera ajukan pinjaman online terbaik pilihanmu, dan beli emas murni untuk investasi, dan rasakan keuntungannya di masa depan.