Kota Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Bisa Hasilkan Ratusan Ribu Barrel per Hari

Selain banyak mengandung mineral logam, tanah Indonesia juga banyak mengandung minyak bumi. Adapun, kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia ini, menjadi kota yang sering dijuluki kota minyak. Kira-kira di mana saja lokasinya? Yuk, intip informasi berikut ini.

Indonesia Kaya akan Sumber Daya Alam

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, terutama minyak bumi. Sehingga, hal tersebut masih menjadi stigma di pikiran banyak penduduk Indonesia.

Pasalnya, dengan kekayaaan sumber alam yang dimiliki, membuat pengeksplorasian sering terjadi, begitu juga soal investasi.

Bahkan, Indonesia pernah masuk ke dalam jajaran negara-negara pengekspor minyak atau oil exporting country, sehingga Indonesia juga masuk dalam daftar OPEC.

Indonesia sendiri, dikenal dengan cadangan minyaknya yang berlimpah, sehingga hal tersebut juga menjadikan Indonesia sebagai 15 negara terbesar penghasil minyak.

(Baca Juga: Kota Penghasil Emas Terbesar di Indonesia)

Meski tidak semua tanahnya memiliki kandungan minyak, namun beberapa daerah ini ternyata kaya akan kandungan minyaknya, yang berlimpah. Dengan kekayaan alam minyak buminya, membuat Indonesia berhasil mengantarkan beberapa wilayahnya, menjadi kota minyak.

Kota minyak di sini adalah istilah yang diberikan, kepada daerah-daerah atau kota-kota yang memiliki kilang/tambang minyak terbesar di Indonesia.

Bagaimana? Apakah kamu penasaran dengan lokasi kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia? Yuk, langsung saja intip informasinya seperti yang dilansir dari autobild.co.id berikut ini.

Kota Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

1. Provinsi Riau

Kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang pertama adalah Riau. Bahkan, Riau menjadi provinsi terbesar penghasil minyak bumi di Indonesia, yang memiliki jumlah minyak mentah diperkirakan sekitar 365.827 barrel/hari.

Dengan jumlah tersebut, Riau bisa dibilang telah menyumbang sepertiga, dari seluruh produksi minyak bumi harian di Indonesia.

Dari total jumlah minyak yang dihasilkan Riau per harinya, 359.777 barrel berupa minyak mentah dan sisanya merupakan kondensat, yakni sebesar 6.050 barrel.

Adapun, minyak bumi yang dihasilkan Riau ini, memiliki keistimewaan yakni minyak mentah viskositas, yang dimiliki sangat bagus, untuk ukuran hidrokarbon.

Jadi, bisa disimpulkan, bahwa minyak mentah tersebut menjadi golongan minyak paling baik di Indonesia.

Perlu kamu tahu juga, bahwa Riau tidak hanya menghasilkan sumber daya alam berupa minyak. Karena seperti yang diketahui, bahwa minyak dan gas merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Sehingga, hampir sebagian besar daerah yang memiliki sumber minyak bumi, maka di situ pula terdapat cadangan gas. Nah, jika di Riau memiliki cadangan minyak bumi yang berlimpah, maka cadangan gasnya juga tak kalah berlimpah.

2. Kalimantan Timur

Kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang selanjutnya ada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Balikpapan, Kalimantan Timur. Meski tidak sebanyak di Riau, cadangan minyak bumi di lokasi ini cukup baik, hingga daerah ini disebut sebagai kota minyak.

Adapun, kota minyak ini memiliki beberapa titik pengeboran seperti di Mamburungun, blok Mahakam, Sanga-Sanga dan Kutai.

Bahkan, di Kalimantan ini terdapat beberapa perusahaan besar yang turut mengelola, hasil minyak bumi seperti Total, Medco, Vico, dan Chevron.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan besar ini mampu menghasilkan minyak hingga 134.626 barrel per hari, dengan kandungan minyak mentah 60.331 barrel, dan sisanya sebanyak 74.925 barrel adalah kondensat.

Kalimantan Timur, memang dikenal sebagai surganya minyak, bahkan tanahnya juga mengandung gas alam. Jadi, tidak hanya ada pengolahan minyak, tapi juga sekaligus pengolahan gas alam.

3. Laut Jawa

Tidak hanya indah, laut Jawa juga termasuk dalam lokasi atau kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Pasalnya, di laut Jawa yakni mulai dari ujung Sumatera Selatan hingga Jawa Barat, disebut terdapat sumber gas alam dan minyak bumi.

Gas dan minyak bumi yang ada di laut Jawa ini, termasuk kategori terbesar di Indonesia. Namun, sumur minyak offshore di laut Jawa ini bersifat netral, maksudnya adalah tidak ada provinsi yang mengklaim.

Kira-kira berapa jumlah hasil minyak bumi di Laut Jawa per harinya? Nah, jika produk pada sumur-sumur yang ada di laut Jawa digabung, setiap harinya lokasi ini bisa hasilnya sebanyak 65.154 barell minyak bumi.

Dari jumlah tersebut, minyak mentah yang terkandung adalah sebanyak 62.130 barrel dan sisanya adalah kondensat sebanyak 3,024 barrel.

4. Kepulauan Riau

Berbeda dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau mempunyai lautan sebesar 95% dari luas daratan, dan menjadi kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang selanjutnya.

Namanya juga kepulauan, maka tak heran daerah ini hanya memiliki sebagian kecil daratan. Akan tetapi, jangan sepelekan untuk urusan kekayaan alamnya, karena kandungan minyak bumi di daerah ini sangat melimpah.

Sama seperti daerah lainnya yang memiliki banyak cadangan minyak bumi, di Kepulauan Riau ini juga memiliki cadangan gas alam yang sangat banyak jumlahnya juga.

Karena daratannya sedikit, maka sebagian besar minyak bumi di lokasi ini, terdapat di laut. Adapun, Block offshore di Kepulauan Riau ini terbagi menjadi tiga lokasi, yaitu Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B, dan South Natuna Sea Block A.

Untuk jumlah hasil minyak bumi dri Kepulauan Riau ini adalah 59.210 barrel per hari, jumlah tersebut belum ditambah kondensat yakni sebanyak 2.365 barrel.

Di lokasi ini, ternyata juga banyak perusahaan asing besar yang ikut andil dalam mengelola sumber daya alamnya, berupa minyak bumi. Perusahan asing tersebut adalah seperti Cocono Philips, Star Energy, dan Premier Oil.

5. Jawa Timur

Kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang terakhir adalah di daerah Jawa Timur. Tidak hanya memiliki banyak sektor, mulai dari wisata hingga kuliner, jawa Timur juga unggul di sektor pertambangannya.

Sektor pertambangan yang cukup populer di Jawa Timur ini adalah blok brantas dan blok cepu.

Untuk kamu yang belum tahu, Blok brantas ini merupakan area penambangan perusahaan milik Bakrie, yang kini menjadi lumpur lapindo, di Sidoarjo.

Namun, ladang minyak di Jawa Timur ini jika ditotalkan, hasilnya cukup banyak. Adapun, total minyak per hari, bisa diperkirakan sebanyak 52.616 barrel.

Dari total minyak bumi tersebut, 326 barrel diantaranya adalah kondensat dan sisanya sebanyak 52.290 barrel adalah minyak mentah.

Melimpahnya tambah minyak dan gas di daerah ini, tentunya tidak lepas dari peran perusahaan-perusahan dalam, maupun luar negeri yang mengelolanya.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait daerah atau kota penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki banyak sumber daya alam, patutnya kita memiliki kewajiban untuk selalu menjaganya, agar sumber daya tersebut bisa bermanfaat hingga di masa yang akan datang.

(Baca Juga: Berburu Promo BBM dari Kartu Kredit)

Pasalnya, minyak bumi menjadi salah satu sumber daya, yang sangat berperan untuk kehidupan, seperti sebagai bahan bakar kendaraan, bidang konstruksi, pakaian, hingga perabotan rumah tangga.

Bisa kamu bayangkan, bagaimana sulitnya kendaraan jika bahan bakar yang dibutuhkan, tiba-tiba pasokannya menipis. Bisa jadi, harga bahan bakar sangat mahal, kendaraan berbahan bakar minyak jadi tidak laku dan lain sebagainya.

Kalau di negara sendiri saja minyak bumi berlimpah, itu artinya Indonesia berada di lokasi yang sangat strategis. Terlebih kini, harga bahan bakar minyak juga masih dalam harga yang terjangkau. Apalagi jika membelinya menggunakan promo kartu kredit BBM.

Pastinya akan lebih murah, hemat dan praktis! Masa sih, beli BBM pakai kartu kredit bisa lebih hemat? Ya, dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo beli BBM, mulai dari diskon hingga cashback loh.

Belum lagi, promo di area SPBU, seperti di minimarketnya, hingga store aksesoris kendaraan. Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik, yang punya promo BBM sekarang juga, melalui CekAja.com.

CekAja.com sendiri menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai perusahaan perbankan ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan dapatkan beragam promo menariknya!