Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

KPR BTN Luncurkan Program DP 1%

by hanna on 5 Maret, 2015

Untuk menyiapkan uang muka KPR, Anda mungkin menabung selama beberapa tahun. Selama itu pula harga rumah terus naik dan uang muka pun makin tinggi hingga tabungan Anda tak pernah cukup. Namun, kendala ini sekarang bisa teratasi dengan program uang muka KPR sebesar 1% untuk pembelian rumah pertama.

Sejak 1 Maret lalu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama pemerintah meluncurkan program khusus Kredit Kepemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP) dengan uang muka 1%. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan 5% untuk uang muka tersebut.

Program ini merupakan bantuan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam menyediakan uang muka untuk membeli rumah melalui KPR. Selain itu, program ini diluncurkan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk membangun 1 juta unit rumah pada 2015, terutama pembangunan perumahan vertikal (rumah susun) di daerah perkotaan. Hal ini dilakukan untuk menghemat tanah, menghindari banjir, dan memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang layak.

(Baca juga: 5 Langkah Jitu Selalu Sukses Ajukan KPR)

Meski demikian, Anda bisa mendapatkan keringanan seperti dalam program ini jika hendak membeli rumah tapak. Seperti dikutip dalam sebuah pemberitaan di Kompas.com, Ketua Dewan Perwakilan Pusat (DPP) REI, Eddy Hussy menyatakan, uang muka rumah tapak bisa turun menjadi 5% atau 2%, hanya berbeda 1% dari uang muka untuk rumah susun.

Hitung Cicilan KPR Anda
Jumlah Pinjaman Rp.
Jumlah Angsuran
Bunga Efektif (per tahun) % per tahun
Estimasi Cicilan per Bulan Rp. per bulan
Estimasi Total Pinjaman Rp. per bulan
 Seperti tujuannya, target utama program ini adalah masyarat berpenghasilan rendah, yakni yang memiliki gaji di bawah Rp 4 juta/bulan. Tak hanya itu, pegawai negeri sipil (PNS), buruh, serta masyarakat berpenghasilan tidak tetap juga menjadi prioritas dalam program ini. Dengan demikian, Anda tak harus melampirkan slip gaji jika memiliki pekerjaan informal seperti pedagang, sopir, atau tukang ojek. Dalam program ini akan diterapkan skema akses kredit seperti dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR).

(Baca juga: Anda Karyawan? 3 Hal Ini Membuat Anda Lebih Mudah Ajukan KPR)

Dalam membayar uang muka KPR, pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 4 juta. Tak hanya uang muka, bunga KPR bagi MBR juga akan diturunkan, dari 7,5% menjadi 5%. Bunga KPR ini flat selama 15-20 tahun.

Tunggu apalagi? Bagi Anda yang sudah siapkan uang muka, segera bandingkan KPR yang paling tepat dan beli rumah idaman Anda di sini.

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami