Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kredit Mobil Baru, Bagaimana Pilih Asuransinya?

by JTO on 1 Oktober, 2014

Ketika melakukan pembelian kredit mobil baru, tentu banyak tawaran asuransi yang akan ditawarkan kepada Anda. Bagaimana cara Anda memilih asuransi yang ditawarkan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan?

Mobil bukanlah barang yang murah, bahkan memiliki banyak arti bagi sebagian orang. Bahkan, ada yang memandangnya sebagi lambang status sosial. Namun, lebih dari sekadar lambang dan status, banyak yang juga menggunakan mobil sebagi sarana pendukung bisnis maupun pekerjaan sehari-hari.

Melihat manfaat penting dari sebuah kendaraan, tentu wajar jika sebagai pemilik Anda berusaha menjaga mobil dari segala risiko kerusakan maupun kehilangan. Apalagi mobil Anda adalah mobil baru. Bahkan, bila mobil baru dibeli secara kredit, Anda juga harus membayar sejumlah uang di depan sebagai premi asuransi. Jangan sembarang bayar, sebab kini banyak yang harus ketahui ketika bandingkan asuransi kendaraan.

Pilih yang Punya Layanan Plus

Seiring dengan peningkatan jumlah populasi mobil setiap tahunnya, jumlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kendaraan pun terus bertambah. Selain membidik calon nasabah perorangan yang memiliki kendaraan secara langsung, perusahaan asuransi juga menggunakan jalur perusahaan pembiayaan (multifinance) dan bank untuk menjajakan produk asuransinya.

Karena persaingannya, variasi produk dan layanan asuransi kendaraan pun semakin beragam. Dengan diaturnya regulasi penetapan tariff premi oleh Otoritas Jasa Keuangan, para penyedia asuransi akhirnya berlomba-lomba memberikan keuntungan bagi calon nasabahnya melalui kemudahan yang ditawarkan. Mulai dari kemudahan pendaftaran sampai kecepatan proses klaim, sampai adanya layanan plus, seperti derek gratis dan mobil pengganti saat proses perbaikan mobil.

Kesimpulan: Dari benefit tambahan inilah Anda bisa membandingkan dan memilih asuransi yang sesuai dan memberikan perlindungan kepada mobil baru yang Anda miliki.

 

Jangan Mau Tarif Premi Murah

Seperti telah disinggung pada poin sebelumnya, dengan berlakunya regulasi penetapan tariff asuransi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka saat ini tidak ada yang namanya asuransi tarif premi murah. Dalam tujuannya, dikeluarkannya aturan ini untuk mendukung terciptanya persaingan usaha asuransi yang sehat dan tidak merugikan pemegang polis. Persaingan harga juga dapat dihindari dan faktor pelayanan terhadap pemegang polis lebih diutamakan.

Kesimpulan: Jadi, kami harap Anda tidak langsung terima mentah-mentah bila di iming-imingi oleh sebuah penyedia asuransi kendaraan dengan tarif murah, diskon, dan potongan harga. Saat ini, yang ada hanyalah premi tetap dengan benefit perlindungan tambahan.

 

Pertanggungan dan Jaminan Sesuai

Ada dua jenis pertanggungan yang dikenal pada asuransi kendaraan, yaitu asuransi gabungan (all risk) dan asuransi kerugian total (total loss only). Mana yang harus Anda pilih dari dua jenis pertanggungan itu?

Pada pengertiannya; asuransi gabungan (all risk insurance) adalah tipe asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan besar, kecelakaan kecil, kehilangan perlengkapan tambahan dengan perusakan, dan kendaraan hilang. Sedangkan, asuransi kerugian total (total loss only/TLO) merupakan tipe asuransi  yang menjamin kerugian akibat kecelakaan dengan kerusakan minimal 75% dari harga pertanggungan dan jika kendaraan hilang.

Asuransi mobil juga menyediakan perluasan pertanggungan asuransi, misalnya tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, huru-hara, bencana alam, dan lainnya.

Kesimpulan: Bila tarif sudah tetap, maka yang bisa Anda bandingkan adalah benefit tambahan yang ditawarkan. Bila Anda menambah perluasan jaminan seperti risiko atas kejadian akibat huru-hara, bencana alam, atau kecelakaan diri bagi pengemudi maupun penumpang, maka akan ada tambahan biaya pada premi yang dibayarkan. Biasanya, beberapa perusahaan asuransi memberikan jaminan tersebut dalam bentuk paket, tapi ada juga yang memberlakukannya secara terpisah. Namun, menurut regulasi OJK, penjualan paket asuransi harus menampilkan secara detail tarif premi yang dibebankan kepada tertanggung berdasarkan benefit tambahan yang didapatkan.

 

Cari Tahu Bengkel

CekAja.com Kartu Kredit

Asuransi kendaraan kini hemat waktu dan uang

Dapatkan asuransi dengan premi tetap sesuai regulasi dan tarif terbaru

Saat ini, rata-rata perusahaan asuransi kendaraan selalu memiliki bengkel rekanan atau bengkel yang sudah bekerjasama yang nantinya digunakan untuk proses klaim perbaikan oleh nasabahnya. Bengkel rekanan ini menjadi pilihan ideal, sebab bengkel yang sudah bekerjasama tentunya sudah memiliki standar penilaian dari pihak asuransi, menjalin kerjasama secara administrasi, memiliki standar kualitas kerja, lama pengerjaan serta besar ongkos perbaikan yang sudah baku. Dengan banyaknya persaingan, banyak bengkel rekanan yang menambah layanannya selain perbaikan. Salah satunya adalah layanan antar-jemput.

Kesimpulan: Sebelum memasukkan kendaraan ke sebuah bengkel rekanan, cobalah cari tahu atau lihat sendiri tentang bagaimana cara mereka bekerja serta kualitas pengerjaannya. Dengan demikian, setelah mobil ditinggal di sana untuk diperbaiki, Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Ayo bandingkan berbagai benefit tambahan dari puluhan asuransi kendaraan di Indonesia di sini.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami