Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kredit Motor Bekas Itu Menguntungkan, Ini Alasannya

by lhmdi on 3 Agustus, 2017

motor klasik - CekAja.com

Cara termudah untuk mendapatkan transportasi pribadi dengan harga murah adalah dengan kredit motor bekas. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat.

Selain karena kondisinya yang sudah pernah digunakan oleh pihak pertama, motor pada umumnya lebih “leluasa” berada di jalanan. Bodinya ramping, sehingga mampu mencari celah diantara kemacetan jalanan yang mulai padat.

Jika dibandingkan dengan mobil pun motor jauh lebih efisien digunakan sebagai alat transportasi untuk kebutuhan pribadi. Hal ini masih ditambah dengan semakin banyaknya pihak dealer atau lembaga keuangna yang menawarkan kredit motor bekas dengan Down payment (uang muka) yang sangat terjangkau.

Bahkan salah satu lembaga keuangan khusus pembelian motor FIF mengungkapkan pada bulan Januari hingga april 2017, pembelian kredit untuk motor bekas meningkat dengan nilai sekitar 26% dibandingkan dengan pembelian motor bekas di tahun 2016 dalam periode waktu yang lama.

Tren ini biasanya berlanjut ketika menjelang lebaran tiba, dimana masyarakat mulai mengeluarkan uang yang besar dan salah satunya adalah untuk membeli kendaraan bermotor bekas.

Bahkan setelah lebaran usai biasanya pihak dealer akan memberikan semakin banyak kemudahan bagi masyarakat dalam mengajukan kredit pembelian motor bekas. Hal ini terjadi karena biasanya motor baru akan segera dijual dan pihak delaer tentunya menginginkan motor-motor bekaS yang mereka mmiliki laku terjual.

(Baca Juga: Cari Kredit Motor Yamaha R15? Cek Detilnya di Sini)

Beberapa faktor pun ikut mendukung kenapa kredit motor bekas menjadi pilihan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Motor bekas harganya lebih murah

Meski dalam kondisi yang masih terlihat bagu sekalipun harga motor bekas pastinya mengalami penurunan dibandingkan ketika dibeli pertama kali. Mulai dari pnjual individu hingga dealer biasanya akan menurunkan harga motor di angka yang cukup terjangkau ketimbang membeli motor baru.

Faktor harga pun masih menjadi pertimbangan banyak masyarakat dalam membeli motor. Misalnya saja untuk satu motor Yamaha Sport R15, harga barunya adalah Rp 34.000.000. Sementara itu jika dibeli dalam kondisi bekas, maka harganya bisa berada di kisaran Rp 30.000.000.

  1. Mengurus persyaratan tidak rumit

Membeli motor bekas sangat mudah dilakukan. Jika memiliki uang tunai, kamu bisa langsung memberikannya kepada pemilik motor lama atau pihak dealer, dan kemudian motor pun dapat dibawa pulang.

Jika dibeli secara kredit, motor bekas pun persyaratannya pun mudah. Selain memeriksa kondisi motor secara detil, kamu bisa melanjutkannya dengan melihat lebih detil lagi STNK dan BPKB motor.

Bahkan tidak jarang pihak dealer langsung menyediakan layanan untuk mengurus administrasi seperti balik nama motor tanpa harus melibatkan pembelinya. Jadinya, kamu hanya perlu mengunggu semua syarat administrasi, dan motor pun bisa dibawa pulang.

Menggali Untung dari Kredit Motor Bekas di Jakarta

motor matic - CekAja.com

Selain faktor-faktor yang menguntungkan tadi kredit motor bekas sebanarnya bisa memberikan keuntungan lebih. Di kota besar seperti Jakarta misalnya, kredit motor bekas bisa memberikan banyak keuntungan bagi calon pembeli.

Misalnya saja dealer-dealer pasti akan berlomba-lomba membuat penawaran menarik agar motor bekas mereka laku. Mulai dari harga yang murah, bunga rendah, hingga down payment yang nyaris rendah.

Namun, dibalik itu, masih terdapat beberapa keuntungan lain yang bisa diperoleh oleh calon pembeli. mau ahu apa saja keuntungan membeli motor bekas secara kredit , khususnya di kota Jakarta? Ini dia jawabannya

  1. Kredit jadi mudah dan menguntungkan

Selain pihak delaer, sebenarnya beberapa layanan transportasi online khususnya yang sering disebut ojek selalu menyediakan kredit motor bekas yang murah kepada calon mitra pengemudi yang akan bergabung dengan layanan mereka.

Go-jek dan Grab selalu bekerjasama dengan pihak dealer bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra pengemudi layanan ojek online. Keuntungan ini beberapa diantaranya bahkan diawarkan dengan DP yang nyaris nol rupiah.

Keuntungan lainnya, selain kredit murah adalah para pengemudi ojek online nantinya akan mendapatkan penghasilan setelah bergabung dengan layanan ini.

  1. Mampu menghemat DP motor

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, Down Payment atau uang muka yang murah bahkan nyaris nol rupiah ditawarkan oleh pihak dealer. Nah, Disinilah bagian menguntungkannya.

Jika kamu mendapatkan pihak dealer yang memang menawarkan DP murah, artinya dana yang digunakan untuk uang muka bisa dilihkan untuk kebutuhan lain. Misalnya, kamu ingin menjalankan usaha atau mencoba untuk berinvestasi melalui deposito.

  1. Jadikan tambahan penghasilan

Ketika motor bekas sudah kamu dapatkan, menggunakannya hanya untuk kebutuhan pribadi seperti terasa sia-sia. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menambah penghasilan.

Mulai dari layanan ojek online seperti Grab yang membuka peluang untuk menjadi mitra melalui fitur ride sharing-nya. Di sini kamu bisa bergabung dan menjadi pengemudi bagi yang ingin berbagi kendaraan untuk aktifitasnya.

Sebagai contooh saat akan berangkat bekerja di pagi hari kamu bisa memberikan tumpangan kepada masyarakat lainnya yang mencari “tebengan” dengan arah yang sama.

Selain bisa mencapai tempat aktifitas, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan kan? Selain itu, menjadi kurir untuk kebutuhan logistik juga bisa kamu lakukan. Bahkan terdapat satu layanan pengiriman barang yang tetap beratifitas di akhir pekan, nah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menggunakan motor bekas yang baru saja dibeli.

  1. Nilai pajak Lebih Ringan

Membeli kendaraan bekas bukan berarti kamu bisa bebas dari pajak. setelah selesai mengurus balik nama motor maka kegiatan rutin berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah taat membayar pajak.

Hanya saja nilai pajaknya tidak sebesar saat membeli motor baru. Sisi untungnya adalah dana untuk pajak motor tidak besar dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti dana darurat misalnya.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami